1192. HUKUM BERMAKMUM PADA IMAM YANG DIBENCI MAKMUM

sumber gambar: risalahislam.com


Pertanyaan:
assalamualaikum warohmatullohiwabarokatuh mau tanya nih orang solat berjamaah kalo ma mum sama imam ngga cocok alias ngga suka hukumnya gimana
[Akhmad Maulana]

Jawaban:
Wa'alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh


Secara umum bermakmum pada imam yang makmum itu tidak suka dengan Imam itu (dibenci) tidak diperbolehkan berdasarkan hadits:

«ثَلَاثَةٌ لَا يَقْبَلُ اللَّهُ مِنْهُمْ صَلَاةً: مَنْ تَقَدَّمَ قَوْمًا وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ، وَرَجُلٌ أَتَى الصَّلَاةَ دِبَارًا - وَالدِّبَارُ أَنْ يَأْتِيَهَا بَعْدَ أَنْ تَفُوتَهُ - وَرَجُلٌ اعْتَبَدَ مُحَرَّرَهُ
"Tiga orang yang shalat mereka tidak diterima Allah yaitu : Suatu kaum menjadikan seorang imam yang imam itu mereka membencinya, Seorang laki-laki mendatangi shalat sesudah terlewat waktunya dan seorang laki-laki yang disibukkan oleh pelayannya". (HR. Abu Dawud dan Ibn Majah dengan sanad yang dho'if)

ثَلَاثَةٌ لَا تُجَاوِزُ صَلَاتُهُمْ آذَانَهُمْ: الْعَبْدُ الْآبِقُ حَتَّى يَرْجِعَ، وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ، وَإِمَامُ قَوْمٍ وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ» ". رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ وَقَالَ: هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ
"Tiga orang yang shalat mereka tidak diterima yaitu: Hamba sahaya yang melarikan diri sampai kembali, wanita yang terjaga dimalam hari sedangkan suaminya marah kepadanya dan seorang yang menjadi Imam yang orang itu mereka membencinya". (HR. Tirmidzi dan ia berkata Hadits Hasan Ghorib)


Atas dasar hadits tersebut tidak boleh bermakmum pada imam yang imam itu dibenci makmumnya, apakah haram atau Makruh? Terjadi perselisihan pendapat dikalangan Ulama, sebagian mengatakan haram dan sebagian yang lain mengatakan makruh, pendapat yang dipilih Imam Syaukani beliau mengunggulkan pendapat yang mengatakan haram dengan Alasan seorang Imam yang dibenci makmum itu tidak diterima shalatnya bahkan ia dilaknat, hanya saja para Ulama Fiqih empat Madzhab tidak sampai mengharamkan tapi hanya memakruhkan dengan rincian:
✡️ Madzhab Hanafi ✡
Kalangan Hanafiyyah menyebutkan bahwa bila imam yang dibenci makmum itu ia berhak menjadi imam maka tidak makruh seperti ia orang yang Qori, Faqih dan lain sebagainya dan jika ia tidak berhak jadi imam makruh Tahrim hukumnya.

✡️ Madzhab Maliki ✡
Kalangan Malikiyyah menyebutkan pula bahwa bila yang membenci sedikit makruh kalau banyak atau seluruhnya haram keimanannya.

✡ Madzhab Syafi'i ✡
Kalangan Syafi'iyah memakruhkan keimaman orang yang dibenci makmum kalau yang membencinya banyak atau seluruhnya bila sedikit atau seorang maka tidak makruh, yang dinilai makruh kalau yang dibenci itu perkara agama seperti Fasiq, sombong dan lain sebagainya, sedangkan bila bukan perkara agama yaitu perkara dunia maka tidak makruh.

✡ Madzhab Hambali ✡
Kalangan Hanabilah sama seperti kalangan Syafi'iyah yaitu makruh keimaman orang yang dibenci makmum kalau yang dibenci dari urusan agama dan yang membencinya banyak tapi kalau lebih sedikit atau seorang tidak makruh; Itulah nas Imam Ahmad.

Jadi, secara umum Ulama fiqih berpandangan makruh keimaman orang yang dibenci makmum kecuali menurut Madzhab Maliki yang mengharamkannya kalau yang membencinya banyak atau seluruhnya.


Hanya saja menurut kalangan Syafi'iyah dan Ulama yang sependapat dengan mereka bahwa kemakruhan yang disebutkan itu mutlak hanya bagi diri imam sedangkan makmum yang membencinya sama sekali tidak makruh shalat bermakmum dengan imam tersebut. Dirincian Madzhab empat diatas sedikit disebutkan bahwa yang makruh itu kalau yang membencinya lebih banyak dari yang suka, sedangkan bila kalau yang suka lebih banyak dari yang membencinya maka tidak dimakruhkan, inilah pendapat Kebanyakan Ulama Fiqih dan hadits.

Kesimpulan:
Makruh imam yang imam itu dibenci makmum dengan catatan:
• Yang membencinya lebih banyak dari yang suka
• Yang dinilai makruh kalau yang makmum benci hanya dalam urusan agama sedangkan dalam urusan dunia seperti ada masalah keluarga dan lain sebagainya tidak makruh.

Kemakruhan yang disebutkan dari diri imam sendiri sedangkan makmum yang membencinya tidak dimakruhkan shalat dibelakang imam tersebut.

Catatan:
Kedua hadits yang disebutkan memang berstatus dho'if hanya saja hadits itu memiliki banyak penyokongnya jadi bisa dijadikan sandaran hukum, terlebih ada hadits yang bersumber dari Ibn Abbas yang sanadnya Hasan yaitu:

ثَلَاثَةٌ لَا تَرْتَفِعُ صَلَاتُهُمْ فَوْقَ رُءُوسِهِمْ شِبْرًا: رَجُلٌ أَمَّ قَوْمًا وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ، وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ، وَأَخَوَانِ مُتَصَارِمَانِ» رواه ابن ماجه قَالَ الْعِرَاقِيُّ: وَإِسْنَاده حَسَن.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Referensi:
الموسوعة الفقهية الكويتية ج ٣٤ ص ٢٣١-٢٣٢
أَثَرُ الْكُرْهِ فِي الإِْمَامَةِ فِي الصَّلاَةِ:
7 - ذَهَبَ الْفُقَهَاءُ إِلَى كَرَاهَةِ التَّصَدِّي لِلإِْمَامَةِ إِذَا كَانَ الْقَوْمُ يَكْرَهُونَهُ لِمَا رَوَى أَبُو أُمَامَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَال: ثَلاَثَةٌ لاَ تُجَاوِزُ صَلاَتُهُمْ آذَانَهُمْ: الْعَبْدُ الآْبِقُ حَتَّى يَرْجِعَ، وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ، وَإِمَامُ قَوْمٍ وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ (1) .

قَال الْحَنَفِيَّةُ: إِنْ كَانَ الْقَوْمُ يَكْرَهُونَهُ لِفَسَادٍ فِيهِ أَوْ لأَِنَّهُمْ أَحَقُّ بِالإِْمَامَةِ مِنْهُ كُرِهَ ذَلِكَ تَحْرِيمًا، وَإِنْ كَانَ هُوَ الأَْحَقَّ بِالإِْمَامَةِ فَلاَ يُكْرَهُ وَالْكَرَاهَةُ عَلَيْهِمْ (2) .

وَقَال الْمَالِكِيَّةُ: إِنْ كَرِهَهُ أَقَل الْقَوْمِ وَلَوْ غَيْرُ ذَوِي الْفَضْل مِنْهُمْ لِتَلَبُّسِهِ بِالأُْمُورِ الْمُزْرِيَةِ الْمُوجِبَةِ لِلزُّهْدِ فِيهِ وَالْكَرَاهَةِ لَهُ أَوْ لِتَسَاهُلِهِ فِي تَرْكِ السُّنَنِ كَالْوِتْرِ وَالْعِيدَيْنِ وَتَرْكِ النَّوَافِل كُرِهَتْ إِمَامَتُهُ، أَمَّا إِذَا كَرِهَهُ كُل الْقَوْمِ أَوْ جُلُّهُمْ أَوْ ذَوُو الْفَضْل مِنْهُمْ وَإِنْ قَلُّوا فَتَحْرُمُ إِمَامَتُهُ لِحَدِيثِ أَبِي أُمَامَةَ، وَلِقَوْل عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ: لأََنْ تُضْرَبَ عُنُقِي أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ ذَلِكَ (3) .

وَقَال الشَّافِعِيَّةُ: يُكْرَهُ تَنْزِيهًا أَنْ يَؤُمَّ الرَّجُل قَوْمًا أَكْثَرُهُمْ لَهُ كَارِهُونَ لأَِمْرٍ مَذْمُومٍ شَرْعًا كَوَالٍ ظَالِمٍ أَوْ مُتَغَلِّبٍ عَلَى إِمَامَةِ الصَّلاَةِ وَلاَ يَسْتَحِقُّهَا أَوْ لاَ يَحْتَرِزُ مِنَ النَّجَاسَةِ، أَوْ يَمْحُو هَيْئَاتِ الصَّلاَةِ، أَوْ يَتَعَاطَى مَعِيشَةً مَذْمُومَةً، أَوْ يُعَاشِرُ الْفَسَقَةَ أَوْ نَحْوَهُمْ وَإِنْ نَصَبَهُ لَهَا الإِْمَامُ الأَْعْظَمُ، لِحَدِيثِ: ثَلاَثَةٌ لاَ تُجَاوِزُ صَلاَتُهُمْ آذَانَهُمْ. . . وَمِنْهُمْ: إِمَامُ قَوْمٍ وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ.

وَالأَْكْثَرُ فِي حُكْمِ الْكُل، وَإِنَّمَا كَانَ الْحُكْمُ لِكُرْهِ الأَْكْثَرِ لاَ الأَْقَل لأَِنَّهُمْ يَخْتَلِفُونَ هَل يَتَّصِفُ الإِْمَامُ بِمَا يَجْعَلُهُ مَكْرُوهًا أَمْ لاَ، فَيُعْتَبَرُ قَوْل الأَْكْثَرِ لأَِنَّهُ مِنْ بَابِ الرِّوَايَةِ، أَمَّا إِذَا كَرِهَهُ دُونَ الأَْكْثَرِ لاَ لأَِمْرٍ مَذْمُومٍ فَلاَ تُكْرَهُ لَهُ الإِْمَامَةُ.

وَنَقَل الشِّرْبِينِيُّ الْخَطِيبُ أَنَّهُ يُكْرَهُ أَنْ يُوَلِّيَ الإِْمَامُ الأَْعْظَمُ عَلَى قَوْمٍ رَجُلاً يَكْرَهُهُ أَكْثَرُهُمْ نَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ وَلاَ يُكْرَهُ إِنْ كَرِهَهُ دُونَ الأَْكْثَرِ بِخِلاَفِ الإِْمَامَةِ الْعُظْمَى فَإِنَّهَا، تُكْرَهُ إِذَا كَرِهَهَا الْبَعْضُ (1) .

وَقَال الْحَنَابِلَةُ: يُكْرَهُ أَنْ يَؤُمَّ رَجُلٌ قَوْمًا أَكْثَرُهُمْ لَهُ كَارِهُونَ إِذَا كَانَتْ كَرَاهَتُهُمْ لَهُ بِحَقٍّ كَخَلَلٍ فِي دِينِهِ أَوْ فَضْلِهِ لِلْحَدِيثِ، فَإِنْ كَرِهُوهُ بِغَيْرِ حَقٍّ لَمْ يُكْرَهْ أَنْ يَؤُمَّهُمْ، وَذَلِكَ بِأَنْ كَانَ ذَا دِينٍ وَسُنَّةٍ، قَال مَنْصُورٌ: إِنَّا سَأَلْنَا أَمْرَ الإِْمَامَةِ فَقِيل لَنَا: إِنَّمَا عَنَى بِهَذَا الظَّلَمَةَ، فَأَمَّا مَنْ أَقَامَ السُّنَّةَ فَإِنَّمَا الإِْثْمُ عَلَى مَنْ كَرِهَهُ.

وَهَذَا بِالنِّسْبَةِ لِلأَْكْثَرِ مِنَ الْقَوْمِ أَمَّا الأَْقَل فَقَدْ قَال الإِْمَامُ أَحْمَدُ: إِذَا كَرِهَهُ وَاحِدٌ أَوِ اثْنَانِ أَوْ ثَلاَثَةٌ فَلاَ بَأْسَ حَتَّى يَكْرَهَهُ أَكْثَرُ الْقَوْمِ (1) .
(١) المغني 2 / 229 ط. الرياض، وشرح منتهى الإرادات 1 / 261 - 262.

____________
(1) حديث أبي أمامة: " ثلاثة لا تجاوز صلاتهم آذانهم. . " أخرجه الترمذي (2 / 193) وقال: حديث حسن.
(2) حاشية ابن عابدين 1 / 376.
(3) حاشية الدسوقي 1 / 330
(1) مغني المحتاج 1 / 245

حاشية الجمل على شرح المنهج ج ١ ص ٥٣١
وَعِبَارَةُ ع ش عَلَى م ر قَوْلُهُ وَإِمَامَةُ مَنْ يَكْرَهُهُ أَكْثَرُهُمْ شَرْعًا أَيْ يَكْرَهُ لَهُ أَنْ يَتَقَدَّمَ لِيُصَلِّيَ إمَامًا، وَقَضِيَّتُهُ أَنَّهُ لَا يُكْرَهُ الِاقْتِدَاءُ بِهِ حَيْثُ كَانَ عَدْلًا، وَيَلْزَمُ مِنْ ارْتِكَابِهِ الْمَذْمُومِ نَفْيُ الْعَدَالَةِ ثُمَّ رَأَيْت فِي شَرْحِ الْجَامِعِ الْكَبِيرِ لِلْمُنَاوِيِّ - رَحِمَهُ اللَّهُ تَعَالَى - عِنْدَ قَوْلِهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - «أَيُّمَا رَجُلٍ أَمَّ قَوْمًا، وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ لَمْ تَجُزْ صَلَاتُهُ» مَا نَصُّهُ أَيْ فَيَحْرُمُ عَلَيْهِ أَنْ يَؤُمَّهُمْ إنْ اتَّصَفَ بِشَيْءٍ مِنْ هَذِهِ الْأَوْصَافِ أَيْ بِأَنْ كَانَ فِيهِ أَمْرٌ مَذْمُومٌ شَرْعًا كَوَالٍ.

وَمَنْ تَغَلَّبَ عَلَى إمَامَةِ الصَّلَاةِ، وَلَا يَسْتَحِقُّهَا أَوْ لَا يَتَحَرَّزُ عَنْ النَّجَاسَةِ أَوْ يَمْحُو هَيْئَاتِ الصَّلَاةِ أَوْ يَتَعَاطَى مَعِيشَةً مَذْمُومَةً أَوْ يُعَاشِرُ الْفُسَّاقَ وَنَحْوَهُمْ، وَكَرِهَهُ الْكُلُّ لِذَلِكَ كَمَا فِي الرَّوْضَةِ، وَنَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ فَإِنْ كَرِهَهُ أَكْثَرُهُمْ كُرِهَ لَهُ، وَعُلِمَ مِنْ هَذَا التَّقْرِيرِ أَنَّ الْحُرْمَةَ أَوْ الْكَرَاهَةَ إنَّمَا هِيَ فِي حَقِّهِ أَمَّا الْمُقْتَدُونَ الَّذِينَ يَكْرَهُونَهُ فَلَا تُكْرَهُ لَهُمْ الصَّلَاةُ خَلْفَهُ انْتَهَتْ،


Komentari

Lebih baru Lebih lama