0134. ETIKA : PEMBUATAN SAJADAH YANG BERTULISKAN LAFADZ TAUHID

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·23 OKTOBER 2016
OLEH :  Ismidar Abdurrahman As-Sanusi

PEMBUATAN SAJADAH YANG BERTULISKAN LAFADZ TAUHID KEPUTUSAN MUKTAMAR NU KE-25 Di Surabaya Pada Tanggal 20-25 Desember 1971 M.

319. Pembuatan Sajadah dengan Bertuliskan Kalimah Tauhid 

S. Dapatkah dibenarkan pembuatan sajadah yang dijual kepada umum dengan bertuliskan kalimat Tauhid dan sesamanya?  

J. Membuat/menjual sajadah yang bertuliskan kalimat Tauhid dan  sesamanya tidak bisa dibenarkan, karena "mumtahan" (dihina), sebab  sajadah itu disediakan untuk alas shalat. 

Keterangan, dari kitab :

1.I’anatu Al Tholibin I / 69

  (قوله: ومدّ الرّجل للمصحف ما لم يكن على مرتفع)
بالرفع عطف على تمكين  أيضا، أي ويحرم مدّ الرجل لما فيه من الإزدراء به. وقال فى المغنى: ويحرم  الوضع على فراس أو خشب نوقش بالقرآن كما فى الأنوار {جز 1 ص: 33} أو بشيئ  من أسمائه تعالى.

Terjemah :
 (dan memanjangkan kaki ke arah  mushaf, selama mushaf tidak berada pada tempat yang tinggi). Artinya :  haram memanjangkan kaki ke arah Al Qur’an (mushaf) karena hal itu ada  unsur merendahkan Al Qur’an. Dalam kitab Nughni dikatakan : haram  menginjak alas (kambal) atau kayu papan yang diukir dengan Al Qur’an  seperti keterangan dalam kitab Al Anwar, jilid 1 hal 33 atau diukir  dengan sesuatu dari Asma, Allah SWT. 

2.Al Iqna’ I / 328

ويكره كتب القرآن على حائط ولو لمسجد وسياب وطعام ونحو ذلك.....ويحرم المشي على فراش أو خشب نوقش بشيئ من القرآن.

Terjemah :
Makruh menulis Al Qur’an di tembok walaupun tembok masjid, pakaian dan  makanan serta sesamanya. Dan haram berjalan pada alas (lemek) atau papan  yang diukir dengan sesuatu (lafadz) Al Qur’an. 

Lihat : AHKAMUL FUQOHA SOLUSI PROBLEMATIKA AKTUAL HUKUM ISLAM hal 352

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1130184830362834/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0134-etika-pembuatan-sajadah-yang-bertuliskan-lafadz-tauhid/1130763150305002/

Komentari

Lebih baru Lebih lama