0804. HUKUM SHOLAT RAWATIB BERJAMAAH

Pertanyaan:
Bolehkan kita sholat sunnah rawatib berjamaah
[Al Hadid]

Jawaban:
Budayakan ucapkan salam sebelum post 🤭

Shalat rawatib yaitu shalat sunah yang mengiringi shalat fardhu yakni Qobliyyah dan Ba'diyyah termasuk shalat sunah yang tidak disunahkan dilakukan berjamaah, tetapi bila dilakukan boleh dan tidak makruh. Apakah berpahala? Menurut Syaikh Al-Allamah Ahmad bin Qosim Al-Ibady berpahala, sedangkan menurut Syaikh Ali bin Ibrohim Al-Halby Tidak berpahala; pendapat terakhir ini dinilai kuat oleh Yaitu Syaikh Muhammad bin Salim bin Ahmad Al-hafnawy atau Al-hafany.

صَلَاةُ النَّفْلِ قِسْمَانِ: قِسْمٌ لَا يُسَنُّ جَمَاعَةً) بِنَصَبِهِ عَلَى التَّمْيِيزِ الْمُحَوَّلِ عَنْ نَائِبِ الْفَاعِلِ: أَيْ لَا تُسَنُّ فِيهِ الْجَمَاعَةُ، وَلَوْ صُلِّيَ جَمَاعَةً لَمْ يُكْرَهْ
قَوْلُهُ: وَلَوْ صَلَّى جَمَاعَةً لَمْ يُكْرَهْ) أَيْ وَيُثَابُ عَلَى ذَلِكَ. اهـ سم عَلَى حَجّ بِالْمَعْنَى.
Shalat sunah ada dua pembagian yaitu yang tidak sunah dilakukan berjamaah, apabila dilakukan berjamaah tidak makruh
(Keterangan Pengarang "Apabila dilakukan berjamaah tidak makruh") artinya berpahala, habis keterangan Syeikh Ahmad bin Qosim Al-Ibady terhadap kitab Syeikh Ibn Hajar.
[Nihaayah al Muhtaaj Wa Hawasyi as Syibromalisy II/107]

وصلاة النفل قسمان: قسم لا تسن له جماعة كالرواتب التابعة للفرائض
قوله: قسم لا تسن له جماعة) أي دائما وأبدا بأن لم تسن له أصلا، أو تسن في بعض الأوقات كالوتر في رمضان.
قال في النهاية: ولو صلى جماعة لم يكره.
اه.
ونقل ع ش عن سم أنه يثاب عليها.
وقال ح ل: لا يثاب عليها.
قال البجيرمي: واعتمد شيخنا ح ف كلام ح ل.
اه.
Shalat sunah ada dua pembagian, yaitu yang tidak sunah dilakukan berjamaah seperti shalat sunah rawatib yang mengiringi shalat fardhu
(Keterangan Pengarang "Yang tidak sunah dilakukan berjamaah") secara berkelanjutan dan selamanya seperti tidak sunah dari asalnya atau sunah pada sebagian waktu seperti witir pada bulan Ramadhan. Dalam kitab Nihaayah (Imam Romli) berkata "Apabila shalat berjamaah tidak makruh".- Habis. Syeikh Ali Syibromalisy menuqil dari Syeikh Ahmad bin Qosim Al-Ibady berpahala (bila dilakukan). Berkata Syeikh Ibrohim Al-Halby "Tidak berpahala (bila dilakukan)". Berkata Syeikh Bujairomi "Yang dijadikan sandaran oleh Syeikh Muhammad bin Salim bin Ahmad Al-hafnawy atau Al-hafany adalah perkataan Syeikh Ibrahim Al-Halby".
[I'aanah at Tholibin I/284]

صَلَاةُ النَّفْلِ قِسْمَانِ: قِسْمٌ لَا تُسَنُّ لَهُ جَمَاعَةٌ كَالرَّوَاتِبِ)
قَوْلُهُ: قِسْمٌ لَا تُسَنُّ لَهُ جَمَاعَةٌ) أَيْ: دَائِمًا وَأَبَدًا بِأَنْ لَمْ تُسَنَّ لَهُ أَصْلًا، أَوْ تُسَنُّ فِي بَعْضِ الْأَوْقَاتِ كَالْوِتْرِ فِي رَمَضَانَ، وَلَوْ صَلَّى جَمَاعَةً لَمْ يُكْرَهْ، لَكِنْ لَا ثَوَابَ فِيهَا وَحِينَئِذٍ يُقَالُ لَنَا: جَمَاعَةٌ لَا ثَوَابَ فِيهَا ح ل. وَذَهَبَ سم إلَى حُصُولِ ثَوَابِ الْجَمَاعَةِ وَاعْتَمَدَ شَيْخُنَا ح ف كَلَامَ ح ل وَنَقَلَ ع ش عَنْ سم عَلَى حَجّ أَنَّهُ يُثَابُ عَلَيْهَا، وَإِنْ كَانَ الْأَوْلَى تَرْكُهَا، وَهُوَ بَعِيدٌ اهـ
Shalat sunah ada dua pembagian yaitu yang tidak sunah dilakukan berjamaah seperti shalat rawatib
(Keterangan Pengarang "Yaitu tidak sunah dilakukan berjamaah") artinya berkelanjutan dan selamanya seperti tidak sunah pada asalnya atau sunah pada sebagian waktu seperti witir pada bulan Ramadhan, apabila dilakukan berjamaah tidak makruh tapi tidak berpahala, ketika itu dikatakan pada kita "Dilakukan berjamaah tidak berpahala -; Keterangan Syeikh Ibrahim Al-Halby. Sedangkan Syeikh Ahmad bin Qosim Al-Ibady berpendapat berpahala, dan dijadikan sandaran oleh oleh Syekh Muhammad bin Salim bin Ahmad Al-hafnawy atau Al-hafany adalah perkataan Syeikh Ibrahim Al-Halby, dan Syeikh Ali Syibromalisy menuqil dari Syeikh Ahmad bin Qosim Al-Ibady berpahala meskipun yang utama meninggalkannya (tidak dilakukan berjamaah), itulah pendapat yang jauh (dari kebenaran).
[Hasyiyah Bujairomi ala Syarh al Manhaj I/274]

Wallahu A'lamu Bis Showaab
[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama