Sumber gambar: AL - ISHLAH
Pertanyaan:
Assalamu'alaikum ustadz yai... Apa boleh niat kurban di gabung sama aqiqoh?
[Warih Feb]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Menurut Imam Romli bila berniat Qurban dan aqiqah boleh dan sah, berbeda menurut Imam Ibn Hajar tidak sah.
CATATAN:
Saya rasa pendapat yang lebih kuat dalam masalah ini ialah pendapat Imam Ibn Hajar dengan alasan yang beliau utarakan yaitu:
لِأَنَّ كُلًّا مِنْهُمَا سُنَّةٌ مَقْصُودَةٌ وَلِأَنَّ الْقَصْدَ بِالْأُضْحِيَّةِ الضِّيَافَةُ الْعَامَّةُ وَمِنْ الْعَقِيقَةِ الضِّيَافَةُ الْخَاصَّةُ وَلِأَنَّهُمَا يَخْتَلِفَانِ فِي مَسَائِلَ كَمَا يَأْتِي
Intinya menurut Imam Ibn Hajar kedua ibadah itu berbeda sifatnya dan antara keduanya merupakan sunah yang berlainan maksud; Qurban ibadah umum dan Aqiqah Jamuan, sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa pendapat Ibn Hajar ini merupakan pendapat yang وجيه yaitu pendapat yang lebih tinggi kedudukannya. Imam Ibn Hajar mengkritisi pendapat yang mengabsahkan dengan ungkapan:
وَبِهَذَا يَتَّضِحُ الرَّدُّ عَلَى مَنْ زَعَمَ حُصُولَهُمَا وَقَاسَهُ عَلَى غُسْلِ الْجُمُعَةِ وَالْجَنَابَةِ عَلَى أَنَّهُمْ صَرَّحُوا بِأَنَّ مَبْنَى الطَّهَارَاتِ عَلَى التَّدَاخُلِ فَلَا يُقَاسُ بِهَا غَيْرُهَا
Yakni : Pendapat yang mengabsahkan itu dengan mengambil dalil Qiyas yaitu dengan mengqiyaskan dengan dihasilkannya menggabungkan niat mandi Jum'at dengan janabah karena masuk pada salah satunya dan Imam Ibn Hajar menyanggahnya dengan alasan sebelumnya dan menurut beliau ibadah qurban dan aqiqah tidak bisa diqiyaskan dengan mandi Jum'at dan janabah sebab berbeda dalam permasalahan dan tujuan kedua ibadah tersebut sedangkan mandi Jum'at dan janabah satu Maksud.
Jadi, dengan hemat saya berdasarkan pengetahuan dan pemahaman saya pendapat imam Ibn Hajar lebih unggul terlebih beliau menyatakan :
وَظَاهِرُ كَلَامِ الْمَتْنِ وَالْأَصْحَابِ
Yakni dzohir perkataan Imam Nawawi dan Ulama Madzhab Syafi'i yang lain. Pendapat Imam Ibn Hajar ini adalah lebih kuat dan layak dikedepankan (وجيه)
وَلَوْ نَوَى بِالشَّاةِ الْمَذْبُوحَةِ الْأُضْحِيَّةَ وَالْعَقِيقَةَ حَصَلَا خِلَافًا لِمَنْ زَعَمَ خِلَافَهُ
Bila seseorang menyembelih seekor kambing berniat Qurban dan aqiqah bisa hasil berbeda bagi orang yang beranggapan tidak bisa hasil.
[Nihaayah al_Muhtaaj VIII/145-146]
قَوْلُهُ: (بِشَاةٍ) فَلَوْ جَمَعَهَا مَعَ الْأُضْحِيَّةِ بِشَاةٍ كَفَى قَالَهُ شَيْخُنَا الرَّمْلِيُّ، وَهُوَ جَارٍ عَلَى مَا قَالَهُ مِنْ تَدَاخُلِ الْوَلَائِمِ كَمَا مَرَّ، وَفِي ابْنِ حَجَرٍ وَغَيْرِهِ خِلَافُهُ وَهُوَ الْوَجْهُ
Apabila mengumpulkan aqiqah bersamaan Qurban dengan seekor kambing mencukupi menurut yang dikatakan guru kita Romli dan Ibn Hajar dan yang lainnya menentangnya itulah awjuh (pendapat murid Syafi'i sesuai dengan kaidah dan metodologi yang di kembangkan oleh al-Syafi'i walaupun ending ketetapan hukumnya berbeda dengan pendapat gurunya).
[Hasyiyah Qulyubi IV/256]
وَلَوْ نَوَى بِالشَّاةِ الْمَذْبُوحَةِ الْأُضْحِيَّةَ وَالْعَقِيقَةَ حَصَلَا خِلَافًا لِمَنْ زَعَمَ خِلَافَهُ اهـ شَرْحُ م ر
Apabila seseorang menyembelih seekor kambing Qurban dan aqiqah berbeda bagi orang yang menentangnya.
[Hasyiyah al_Jamal V/264]
وَلَوْ نَوَى بِهَا الْعَقِيقَةَ، وَالضَّحِيَّةَ حَصَلَا عِنْدَ شَيْخِنَا خِلَافًا لحج؛ حَيْثُ قَالَ: لَا يَحْصُلَانِ؛ لِأَنَّ كُلًّا مِنْهُمَا سُنَّةٌ مَقْصُودَةٌ، وَهُوَ وَجِيهٌ
Apabila seseorang berniat aqiqah dan Qurban dihasilkan menurut guru kita (Imam Romli) berbeda dengan Ibn Hajar beliau berkata "Tidak dihasilkan keduanya; karena keduanya sunah yang berbeda dengan itulah yang lebih pantas".
[Hasyiyah Bujairomi ala Syarh al_Manhaj IV/302]
ولو نوى بها العقيقة والضحية .. حصلا عند (م ر) ولم تحصل واحدة منهما عند (حج)، قال: لأن كلاً منهما مقصودة، والقصد بالضحية الضيافة العامة، وبالعقيقة الخاصة، ولاختلافهما في أمور كما يأتي.
Apabila seseorang berniat seekor aqiqah dan Qurban dihasilkan menurut Imam Romli dan tidak dihasilkan salah satu dari keduanya menurut Ibn Hajar, beliau berkata "Karena sebagian dari keduanya (ibadah) yang berbeda, Qurban adalah jamuan Umum dan aqiqah khusus, keduanya berbeda dalam perkaranya sebagaimana akan datang".
[Busyrol Karim I/704]
وَظَاهِرُ كَلَامِ الْمَتْنِ وَالْأَصْحَابِ أَنَّهُ لَوْ نَوَى بِشَاةٍ الْأُضْحِيَّةَ وَالْعَقِيقَةَ لَمْ تَحْصُلْ وَاحِدَةٌ مِنْهُمَا وَهُوَ ظَاهِرٌ؛ لِأَنَّ كُلًّا مِنْهُمَا سُنَّةٌ مَقْصُودَةٌ وَلِأَنَّ الْقَصْدَ بِالْأُضْحِيَّةِ الضِّيَافَةُ الْعَامَّةُ وَمِنْ الْعَقِيقَةِ الضِّيَافَةُ الْخَاصَّةُ وَلِأَنَّهُمَا يَخْتَلِفَانِ فِي مَسَائِلَ كَمَا يَأْتِي
وَبِهَذَا يَتَّضِحُ الرَّدُّ عَلَى مَنْ زَعَمَ حُصُولَهُمَا وَقَاسَهُ عَلَى غُسْلِ الْجُمُعَةِ وَالْجَنَابَةِ عَلَى أَنَّهُمْ صَرَّحُوا بِأَنَّ مَبْنَى الطَّهَارَاتِ عَلَى التَّدَاخُلِ فَلَا يُقَاسُ بِهَا غَيْرُهَا
__________
قَوْلُهُ وَهُوَ ظَاهِرٌ) خِلَافًا لِلنِّهَايَةِ عِبَارَتُهُ وَلَوْ نَوَى بِالشَّاةِ الْمَذْبُوحَةِ الْأُضْحِيَّةَ وَالْعَقِيقَةَ حَصَلَا خِلَافًا لِمَنْ زَعَمَ اهـ.
(قَوْلُهُ لِأَنَّ كُلًّا مِنْهُمَا إلَخْ) قَدْ يُقَالُ وَأَيْضًا كُلٌّ مِنْهُمَا لَا يَحْصُلُ بِأَقَلَّ مِنْ شَاةٍ وَيَلْزَمُ مِنْ حُصُولِهِمَا بِوَاحِدَةٍ حُصُولُ كُلٍّ مِنْهُمَا بِدُونِهَا اهـ سم عِبَارَةُ الْبُجَيْرِمِيِّ عَنْ الْحَلَبِيِّ وَالشَّوْبَرِيِّ وَلَوْ نَوَى بِهَا الْعَقِيقَةَ وَالْأُضْحِيَّةَ حَصَلَا عِنْدَ شَيْخِنَا خِلَافًا لِابْنِ حَجّ حَيْثُ قَالَ لَا يَحْصُلَانِ لِأَنَّ كُلًّا إلَخْ وَهُوَ وَجِيهٌ اهـ.
(قَوْلُهُ الضِّيَافَةُ الْخَاصَّةُ) مَا الْمُرَادُ مِنْ الْخُصُوصِ هُنَا مَعَ أَنَّهُ لَا فَرْقَ بَيْنَهُمَا فِي الْأَكْلِ وَالتَّصَدُّقِ وَالْإِهْدَاءِ كَمَا يَأْتِي (قَوْلُهُ يَخْتَلِفَانِ) الْأَوْلَى التَّأْنِيثُ (قَوْلُهُ كَمَا يَأْتِي) أَيْ فِي شَرْحِ وَالْأَكْلُ وَالتَّصَدُّقُ كَالْأُضْحِيَّةِ
[Tuhfah al Muhtaaj Wa Hawaasyi as Syarwani IX/369-370]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: