ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·11 OKTOBER 2016
PERTANYAAN
> Didik Susilo
Asalamu'alaikm wr wb.
Nie aku mau tanya, bagai mana hukum pupuk yg terbuat dari kotoran binatang.?
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
Hukumnya NAJIS hanya saja tetap boleh dijadikan untuk merabuk tanah (memupuk) hanya saja Makruh. Inilah pendapat Mayoritas Ulama Syafi'iyyah. Namun menurut Imam az-Ziyaady tidak boleh
.
وَيَحِلُّ تَسْمِيدُ الْأَرْضِ بِالزِّبْلِ وَدَبْغُ الْجِلْدِ بِالنَّجَسِ وَلَوْ مِنْ مُغَلَّظٍ مَعَ الْكَرَاهَةِ فِيهِمَا
Boleh hukumnya merabuk tanah dengan kotoran binatang dan menyamak kulit dengan najis meskipun dengan najis mugholladzoh disertai makruh pada keduanya.
Hasyiyah al-Bujairomi VI/50
_________________
أَمَّا دَبْغُ الْجُلُودِ بِرَوْثِ الْكَلْبِ وَالْخِنْزِيرِ فَلَا يَجُوزُ وَكَذَا تَسْمِيدُ الْأَرْضِ بِهِ أَيْضًا انْتَهَى زِيَادِيٌّ
Sedangkan menyamak kulit dengan memakai kotoran anjing dan babi maka tidak boleh demikian juga merabuk tanah dengannya.
Tuhfah al-Muhtaaj X/96
___________________
يجوز تسميد الارض بالزبل النجس قال المصنف في باب ما يجوز بيعه وغيره من أصحابنا يجوز مع الكراهة قال امام الحرمين ولم يمنع منه أحد وفى كلام الصيدلاني ما يقتضي خلافا فيه والصواب القطع بجوازه مع الكراهة
Boleh hukumnya merabuk tanah dengan kotoran binatang yang najis
Pengarang berkata dalam Bab hal yang boleh dijual dan tidak “Sebagian Pengikut as-syafi’i ada yang menghukumi boleh tapi makruh”,
berkata Imam Haramain “Tidak ada seorangpun yang melarangnya” namun pernyataan as-Shoidalaany ternyata berbeda, yang benar dalam masalah ini hukumnya boleh tapi makruh”
Al-Majmuu’ Syarh al-Muhaddzab IV/448
__________________
ويجوز تسميد الارض بالزبل لعموم الحاجة قال إمام الحرمين ولم يمنع منه أحد
Boleh hukumnya merabuk tanah dengan kotoran binatang karena kebutuhan umum, berkata Imam Haramain “Tidak ada seorangpun yang melarang nya”
Syarh al-Wajiiz IV/654
_________________
(قوله: وتسميد أرض) بالرفع.
معطوف على استعمال العاج أيضا، أي ويحل مع الكراهة تسميد أرض، أي جعل سماد أي سرجين بها، للحاجة إليه.
(وقوله: بنجس) متعلق بتسميد، ولا حاجة إليه، لانه مستفاد من لفظ تسميد، هكذا في شرح الروض والفتح.
ثم رأيت في المصباح: أن السماد ما يصلح به الزرع من تراب وسرجين، وعليه: فيكون قوله بنجس قيدا لاخراج التراب، فإنه لا كراهة فيه.
I’aanah at-Thoolibiin II/94
Wallahu A'lamu Bis Showaab.
LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1120181494696501/
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0109-najasah-hukum-pupuk-yang-terbuat-dari-kotoran-hewan/1120429394671711/
PERTANYAAN
> Didik Susilo
Asalamu'alaikm wr wb.
Nie aku mau tanya, bagai mana hukum pupuk yg terbuat dari kotoran binatang.?
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
Hukumnya NAJIS hanya saja tetap boleh dijadikan untuk merabuk tanah (memupuk) hanya saja Makruh. Inilah pendapat Mayoritas Ulama Syafi'iyyah. Namun menurut Imam az-Ziyaady tidak boleh
.
وَيَحِلُّ تَسْمِيدُ الْأَرْضِ بِالزِّبْلِ وَدَبْغُ الْجِلْدِ بِالنَّجَسِ وَلَوْ مِنْ مُغَلَّظٍ مَعَ الْكَرَاهَةِ فِيهِمَا
Boleh hukumnya merabuk tanah dengan kotoran binatang dan menyamak kulit dengan najis meskipun dengan najis mugholladzoh disertai makruh pada keduanya.
Hasyiyah al-Bujairomi VI/50
_________________
أَمَّا دَبْغُ الْجُلُودِ بِرَوْثِ الْكَلْبِ وَالْخِنْزِيرِ فَلَا يَجُوزُ وَكَذَا تَسْمِيدُ الْأَرْضِ بِهِ أَيْضًا انْتَهَى زِيَادِيٌّ
Sedangkan menyamak kulit dengan memakai kotoran anjing dan babi maka tidak boleh demikian juga merabuk tanah dengannya.
Tuhfah al-Muhtaaj X/96
___________________
يجوز تسميد الارض بالزبل النجس قال المصنف في باب ما يجوز بيعه وغيره من أصحابنا يجوز مع الكراهة قال امام الحرمين ولم يمنع منه أحد وفى كلام الصيدلاني ما يقتضي خلافا فيه والصواب القطع بجوازه مع الكراهة
Boleh hukumnya merabuk tanah dengan kotoran binatang yang najis
Pengarang berkata dalam Bab hal yang boleh dijual dan tidak “Sebagian Pengikut as-syafi’i ada yang menghukumi boleh tapi makruh”,
berkata Imam Haramain “Tidak ada seorangpun yang melarangnya” namun pernyataan as-Shoidalaany ternyata berbeda, yang benar dalam masalah ini hukumnya boleh tapi makruh”
Al-Majmuu’ Syarh al-Muhaddzab IV/448
__________________
ويجوز تسميد الارض بالزبل لعموم الحاجة قال إمام الحرمين ولم يمنع منه أحد
Boleh hukumnya merabuk tanah dengan kotoran binatang karena kebutuhan umum, berkata Imam Haramain “Tidak ada seorangpun yang melarang nya”
Syarh al-Wajiiz IV/654
_________________
(قوله: وتسميد أرض) بالرفع.
معطوف على استعمال العاج أيضا، أي ويحل مع الكراهة تسميد أرض، أي جعل سماد أي سرجين بها، للحاجة إليه.
(وقوله: بنجس) متعلق بتسميد، ولا حاجة إليه، لانه مستفاد من لفظ تسميد، هكذا في شرح الروض والفتح.
ثم رأيت في المصباح: أن السماد ما يصلح به الزرع من تراب وسرجين، وعليه: فيكون قوله بنجس قيدا لاخراج التراب، فإنه لا كراهة فيه.
I’aanah at-Thoolibiin II/94
Wallahu A'lamu Bis Showaab.
LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1120181494696501/
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0109-najasah-hukum-pupuk-yang-terbuat-dari-kotoran-hewan/1120429394671711/