0108. THOHAROH : AIR MUSTA’MAL

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·11 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
> Abdullah Al-Jamal
Assalamu'alaikum
Air musta'mal adalah air yang telah digunakan untuk wudhu atau mandi,  tetapi jika air musta'mal itu sedikit masihkah tidak boleh digunakan  wudhu atau mandi lagi?
Mohon pencerahannya?
Wassalam

JAWABAN 
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Air  musta’mal adalah air yang telah digunakan untuk menghilangkan hadats  atau najis yang tidak mengalami perubahan didalamnya, namun apabila air  musta’mal tersebut tercampur dengan air lainnya baik airnya kurang atau  lebih dari dua Qullah maka hukum air yang tercampuri terdapat beberapa pendapat ulama sebagai berikut :
1.  Bila diperkirakan pencampurannya mengakibatkan perubahan maka tidak  dapat dipakai mensucikan lagi, bila tidak mengalami perubahan masih bisa  dipakai mensucikan, ini pendapat yang paling shahih
2.  Bila air musta’mal yang mencampuri lebih sedikit maka masih bisa dipakai  mensucikan lagi, bila lebih banyak atau sepadan maka tidak bisa dipakai  mensucikanlagi
3. Bila air musta’mal yang mencampuri  banyak dan membuat perubahan maka tidak dapat digunakan bersuci bila  sedikit maka masih bisa

واعلم أن شروط الاستعمال  أربعة، تعلم من كلامه: قلة الماء واستعماله فيما لا بد منه، وأن ينفصل عن  العضو، وعدم نية الاغتراف في محلها وهو في الغسل بعد نيته، وعند مماسة  الماء لشئ من بدنه.فلو نوى الغسل من الجنابة ثم وضع كفه في ماء قليل ولم  ينو الاغتراف صار مستعملا.وفي الوضوء بعد غسل الوجه وعند إرادة غسل اليدين،  فلو لم ينو الاغتراف حينئذ صار الماء مستعملا. 

Ada empat syarat air bisa dikatakan musta’mal: 
(1) Volume air sedikit (kurang dari dua qullah), 
(2) Sudah pernah digunakan dalam rukun wajib thoharoh, 
(3) sudah terpisah dari anggota, 
(4)  tidak ada niat Ightirof (nyiduk:Jawa) ketika memasukkan tangan ke dalam  wadah air ataupun ketika anggota tubuh menyentuh air. Syarat terakhir  ini hanya berlaku dalam konteks mandi wajib setelah niat.
I’aanah at-Thoolibiin I/37

والقسم  الثالث طاهر في نفسه غير مطهر لغيره وهو الماء المستعمل في رفع أو إزالة  نجس ان لم يتغير ولم يزد وزنه بعد انفصاله عما كان بعد اعتبار ما يتشربه  المغسول من الماء والمتغير أي ومن هذا القسم الماء المتغير أحد أوصافه بما  أي بشيء خالطه من الطاهرات تغيرا يمنع اطلاق اسم الماء عليه فإنه طاهر غير  طهور حسيا كان التغير أو تقديريا كان اختلط بالماء ما يوافقه في صفاته كماء  الورد المنقطع الرائحة والماء المستعمل فان لم يمنع اطلاق اسم الماء عليه  بأن كان تغيره بالطاهر يسيرا أو بما يوافق الماء في صفاته وقدر مخالفا ولم  يغيره فلا يسلب طهوريته فهو مطهر لغيره واحترز بقوله خالطه عن الطاهر  المجاور له فإنه باق على طهوريته ولو كان التغير كثيرا وكذا المتغير بمخالط  لايستغنى الماء عنه كطين وطحلب وما في مقره وممره والمتغير بطول المكث  فإنه طهور

Pembagian yang ketiga adalah suci tapi  tidak mensucikan yaitu air musta’mal (air yang telah digunkan) untuk  menghilangkan hadast atau najis apabila tidak berubah dan timbangannya  tidak bertambah setelah pisahnya air dari air yang menyerap pada sesuatu  yang akan dibasuh dan air yang berubah atau dari pembagian ini air yang  berubah salah satu sifatnya sebab bercampur dengan sesuatu yang suci  sekiranya perubahannya dapat mencegah kemutlakan air sehingga air  menjadi suci tapi tidak mensucikan baik perubahan yang nyata atau  perkiraan seperti bercampur dengan sesuatu yang sama dengan sifat-sifar  air seperti air kembang yang terpisah baunya dan air musta’mal, maka  jika kemutlakan air tidak tercegah sekiranya perubahan sebab benda suci  itu sedikit atau sebab sesuatu yang sama sifatnya dengan air kemudian  air tersebut tidak berubah maka tidak sampai menghilangkan kesucian air  tersebut sehingga dapat mensucikan lainnya. Dikecualikan dengan ucapan  pengarang (air yang bercampur) adalah air yang berdampingan dengan benda  lain sekiranya dapat dibedakan/dipisahkan, maka air tersebut tetap suci  dan mensucikanmeskipun perubahannya terhitung banyak seperti halnya  perubahan sebab sesuatu yang bercampur yang airnya tidak mencukupi  seperti tanah liat, ganggang, sesuatu yang ada ditempatnya air dan  tempat mengalirnya air serta perubahan sebab lamanya berdiam diri, maka  air tersebut suci dan mensucikan. (fath al-Qariib al-Mujiib bab Miyaah)

فرع
  إذا اختلط بالماء الكثير أو القليل مائع يوافقه في الصفات كماء الورد  المنقطع الرائحة وماء الشجر والماء المستعمل فوجهان أصحهما إن كان المائع  قدرا لو خالف الماء في طعم أو لون أو ريح لتغير التغير المؤثر يسلب  الطهورية وإن كان لا يؤثر مع تقدير المخالفة لم يسلب. والثاني إن كان  المائع أقل من الماء لم يسلب وإن كان أكثر منه أو مثله سلب وحيث لم يسلب  فالصحيح أنه يستعمل الجميع وقيل يجب أن يبقى قدر المائع وقيل إن كان الماء  وحده يكفي لواجب الطهارة فله استعمال الجميع وإلا بقي. 

Ketika  tercampur pada air banyak ataupun sedikit, cairan yang serupa sifatnya  dengan air tsb semisal air mawar yang tak berbau lagi dan air tanaman  dan AIR MUSTA'MAL maka ada dua pendapat :
Pendapat 1  dan Yang shahih jika cairan tersebut DIPERKIRAKAN saat  mencampurimemiliki rasa, warna atau bau dapat merubah dengan perubahan  yang dianggap (perubahan yang besar) maka terlepaslah ke-tahurannya, dan  jika diperkirakan tidak berpengaruh maka tidak menghilangkan thahurnya.
Pendapat  ke-2, jika cairan tersebut lebih sedikit dari air yang dicampurinya  maka tidak terpengaruh thahurnya, dan jika cairannya lebih banyak atau  setara maka hilang thahurnya.
Maka pendapat yang shahih  boleh menggunakan air tersebut (yang telah tercampur)keseluruhannya. Dan  qiila : Wajib menyisakan air tsb sebanyak cairan yang mencampuri. Dan  qiila : Jika air tanpa pencampur cukup untuk membasuh bagian yang wajib  maka boleh menggunakan seluruhnya, dst...
Raudhah at-Thoolibiin I/3

قد ذكرنا أن المستعمل طاهر عندنا بلا خلاف وليس بمطهر علي المذهب وفي المسألتين خلاف للعماء.
فاما كونه طاهرا فقد قال به مالك واحمد وجمهور السلف والخلف: وقال أبو يوسف نجس وعن أبي حنيفة ثلاث روايات.
احداها رواية محمد بن الحسن طاهر كمذهبنا.
قال صاحب الشامل وغيره وهو المشهور عنه.
والثانية نجس نجاسة مخففة.
والثالثة نجس نجاسة مغلظة.

Telah  kami (Syafi’iyyah) sebutkan “Hukum air musta’mal itu suci tanpa ada  perbedaan pendapat (antara kalangan Syafi-iyyah) dan tidak bisa  mensucikan menurut pendapat yang kami jadikan madzhab, dalam 2  permasalahan ini terdapat diantara Ulama Fiqh,
• Muhammad Bin Hasan “Air musta’mal suci seperti madzhab kita (Syafi’iyyah)
• Pendapat ke dua menghukuminya najis mukhaffafah
• Pendapat Ulama ketiga menghukuminya najis Mughalladzah.
Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab I/151

ويعفى  عن يسير الماء المستعمل الواقع في الماء؛ لأن النبي صلّى الله عليه وسلم  وأصحابه كانوا يتوضؤُون من الأقداح، ويغتسلون من الجفان، واغتسل النبي  وعائشة من إناء واحد، تختلف
أيديهما فيه، كل واحد منهما  يقول لصاحبه: أبق لي، ومثل هذا لا يسلم من رشاش يقع في الماء. فإن كثر  الواقع وتفاحش لم تجز الطهارة به على الرواية الراجحة، وهو مذهب الشافعية  أيضاً كما بينت

Dan dima’fu (diampuni) sedikitnya air  musta’mal yang jatuh kedalam air karena baginda nabi shallallaahu  alaihi wsallam dan para sahabat biasa wudhu dengan air dari gelas, dan  mandi dengan air dari mangkuk besar, dan baginda nabi bersama ‘Aisyah  sering mandi bersama dalam satu wadah air , tangan keduanya saling  bergantian didalamnya, saling berkata dengan pasangannya “tuangkan  untukku..!”
Yang semacam ini tentu tidak akan terselamatkan dari percikan-percikan dalam air.
Bila  percikan yang jatuh tersebut banyak dan membuat keruh maka tidak boleh  bersuci memakainya menurut riwayat yang kuat, pendapat ini juga pendapat  madzhab syafi’iyyah seperti yang telah kami jelaskan dimuka.
Al-Fiqh al-Islaam I/238

فصل : إذا كان الواقع في الماء ماء مستعملا 
فصل  : و ان كان الواقع في الماء ماء مستعملا عفي عن يسيره قال إسحاق بن منصور  قلت ل أحمد الرجل يتوضأ فينضح من وضوئه في إنائه ؟ قال لا بأس به قال  إبراهيم النخعي : لا بد من ذلك ونحوه عن الحسن وهذا ظاهر حال النبي صلى  الله عليه و سلم وأصحابه لأنهم كانوا يتوضؤون من الاقداح والانوار ويغتسلون  من الجفان وقد روي أن النبي صلى الله عليه و سلم كان يغتسل هو وميمونة من  جفنة فيها أثر العجين واغتسل هو وعائشة من اناء واحد تختلف أيديهما في كل  واحد منهما يقول لصاحبه أبق لي ومثل هذا لا يسلم من رشاششش يقع في الماء  وان كثر الواقع تفاحش منع على إحدى الروايتين وقال أصحاب الشافعي إن كان  الأكثر المستعمل منع وإن كان الأقل لم يمنع

PASAL

BILA AIR KEJATUHAN AIR MUSTA’MAL
Dan bila air kejatuhan air musta’mal maka dima’fu (diampuni) sedikitnya air yang jatuh....
baginda  nabi shallallaahu alaihi wsallam dan para sahabat biasa wudhu dengan  air dari gelas, dan mandi dengan air dari mangkuk besar, dan baginda  nabi bersama ‘Aisyah sering mandi bersama dalam satu wadah air , tangan  keduanya saling bergantian didalamnya, saling berkata dengan pasangannya  “tuangkan untukku..!”
Yang semacam ini tentu tidak akan terselamatkan dari percikan-percikan dalam air.
Bila percikan yang jatuh tersebut banyak dan membuat keruh maka tidak boleh bersuci memakainya menurut riwayat yang kuat.

Para Ashab as-Syafi’i berkata :
“BILA AIR MUSTA’MALNYA YANG LEBIH BANYAK MAKA DILARANG (BERSUCI DENGANNYA), BILA LEBIH SEDIKIT MAKA TIDAK DILARANG”.
Al-Mughni I/44.

.واعلم  أن شروط الإستعمال أربعة تعلم من كلامه قلة الماء واستعماله فيما لا بد  منه وأن ينفصل عن العضو وعدم نية الإغتراف في محلها.إعانة الطالبين  ١/٢٨والماء المستعمل كمائع فيفرض مخالفا وسطا للماء في صفاته لا في تكثير  الماء فلو ضم الى ماء قليل فبلغ قلتين صار طهورا وإن أثر في الماء بفرضه  مخالفا،قوله لا في تكثير الماء أى لا في حالة تكثير الماء بالماء المستعمل  بأن بلغ به قلتين فلا يفرض مخالفا لأن الماء الكثير لا يتأثر بالإستعمال. 

Hasyiyah Bujairomi ala al-Khothiib I/87

Wallaahu A’lamu Bis Showaab. 

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1119656514748999/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0108-thoharoh-air-mustamal/1120423861338931/

Komentari

Lebih baru Lebih lama