Foto: Facebook
Pertanyaan:
Assalamua'laikum .. Izin tanya .
Apakah khunsa wajib sholat jum'at ? Trima ksih
[Ridhwan Shogirie]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Menurut Madzhab Syafi'i khuntsa tidak wajib shalat Jum'at seperti wanita. Bahkan shalat Jum'at bagi khuntsa sebagaimana halnya perempuan yaitu shalat Jum'at baginya tidak wajib, sah dan tidak bisa mengabsahkan. Lalu khuntsa Itu siapa?
Menurut imam Nawawi khuntsa ada dua macam, yaitu :
1. Khuntsa yang mempunyai alat kelamin perempuan dan mempunyai alat kelamin laki-laki.
2. Khuntsa yang tidak mempunyai keduanya, tetapi punya lubang yang darinya keluar perkara yang keluar, dan lubang ini tidak menyerupai alat kelamin laki-laki maupun alat kelamin perempuan. Sedangkan menurut keterangan lain bahwa Khuntsa (orang yang memiliki kelamin ganda atau tidak jelas) dibagi menjadi dua jenis: khuntsa musykil (khuntsa yang sulit ditentukan jenis kelaminnya) dan khuntsa ghayru musykil (khuntsa yang sudah jelas jenis kelaminnya). Khuntsa ghayru musykil adalah orang yang sudah jelas memiliki sifat kelelakian atau keperempuanan, seperti seseorang yang menikah dan memiliki anak laki-laki, maka dia pasti laki-laki, atau seseorang yang menikah dan istrinya hamil, maka dia pasti perempuan.
Sementara khuntsa musykil adalah orang yang belum jelas apakah dia laki-laki atau perempuan. Para ahli fiqih menyebutkan beberapa tanda yang dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang lebih cenderung laki-laki atau perempuan, bahkan setelah mencapai usia baligh. Jika seseorang mengeluarkan sperma, maka jelas bahwa dia laki-laki. Jika dia mengalami menstruasi, maka jelas bahwa dia perempuan. Jika dia lebih cenderung menyukai perempuan, maka kemungkinan besar dia laki-laki. Jika dia lebih cenderung menyukai laki-laki, maka kemungkinan besar dia perempuan.
Namun, dengan kemajuan ilmu kedokteran saat ini, kemungkinan besar seseorang tidak akan tetap menjadi khuntsa musykil dalam waktu lama, karena ilmu kedokteran dapat menentukan jenis kelaminnya dengan lebih akurat. Namun, jika kita asumsikan bahwa ada seseorang yang masih belum jelas jenis kelaminnya meskipun telah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, maka orang tersebut adalah khuntsa musykil.
Wallahu A'lam
Ibarat:
حاشية الباجوري على ابن قاسم الجزء الاول صـــــــــ ٢١١-٢١٢
وعلم من ذلك أن الناس فى الجمعة ستة أقسام: أولها: من تجب عليه و تنعقد به و تصح منه، وهو توفرت الشروط كلها. وثانيها: من تجب عليه ولا تنعقد به و تصح به، وهو المقيم غير المستوطين و من سمع نداء الجمعة وهو ليس بمحلها. وثالثها: من تجب عليه و لا تنعقد به و لا تصح منه، وهو المرتد فتجب عليه بمعنى أننا نقول له: أسلم و صل الجمعة و إلا فلا تصح منه و لا تنعقد به وهو باق بحاله. ورابعها: من لا تجب عليه و لا تنعقد به و لا تصح منه، وهو الكافر الأصلي و غير المميز من صغير و مجنون و مغمى عليه و سكران عند عدم التعدى. وخامسها: من لا تجب عليه و لا تنعقد به و تصح منه، وهو الصبى و الرقيق و المميز و غير الذكر من نساء و خناثى و المسافر. وسادسها: من لا تجب عليه و تنعقد به و تصح منه، وهو المريض و نحوه ممن له عذر من الإعذار المرخصة فى ترك الجماعة. -الى أن قال-
قوله وأنثى) أى ولو احتمالا فشملت الخنثى فلا تجب عليه الجمعة كما مر.
حاشية إعانة الطالبين الجزء الثاني صـــــــــ ٥٣
(تجب جمعة على) كل (مكلف) أي بالغ عاقل، (ذكر، حر)، فلا تلزم على أنثى، وخنثى، ومن به رق - إن كوتب - لنقصه
(قوله: فلا تلزم على أنثى وخنثى) على زائدة، وما بعدها مفعول الفعل، أو أصلية، ويضمن تلزم معنى فعل يتعدى بعلى: كتجب.
ثم رأيت في بعض نسخ الخط: فلا تجب على أنثى وخنثى، وهو أولى.
(قوله: ومن به رق) أي ولا تلزم من به رق، وإن قل، ولا فرق فيه بين أن يكون بينه وبين سيده مهايأة ووقعت الجمعة في نوبته أو لا، لكن يستحب لمالك القن أن يأذن له في حضورها.
(قوله: وإن كوتب) أي لا تلزم من به رق وإن كان مكاتبا لأنه قن ما بقي عليه درهم.
والغاية للرد على من أوجبها عليه.
(قوله: لنقصه) أي من ذكر من الأنثى والخنثى، ومن به رق، فهو تعليل لقوله فلا تلزم المسلط على من ذكر.
بشرى الكريم بمسائل التعليم الجزء الثاني صـــــــــ ٢-٣
فلا جمعة على غير مكلف ومن أُلحق به كصبي ومجنون ومغمىً عليه، ولا على من فيه رق وإن قل، ولا على غير ذكر من امرأة أو خنثى، ولا على مسافر ولو سفراً قصيراً، ولا على من له عذر من أعذار الجمعة السابقة مما يمكن إتيانه هنا، كمرض يشق معه الحضور كمشقة المشي في المطر أو الوحل.
نهاية الزين في إرشاد المبتدئين صـــــــــ ١٤١
ثمَّ حَاصِل مَا ذكره المُصَنّف أَن النَّاس فِي الْجُمُعَة سِتَّة أَقسَام قسم تلْزمهُ وتنعقد بِهِ وَهُوَ كل مُسلم مُكَلّف متوطن حر ذكر لَا عذر لَهُ يرخص فِي ترك الْجَمَاعَة
وَقسم لَا تلْزمهُ وتنعقد بِهِ وَهُوَ الْمَعْذُور بمسقط لوُجُوبهَا غير الْمُسَافِر
وَمن الْأَعْذَار مَا لَو حلف بِالطَّلَاق أَنه لَا يُصَلِّي خلف زيد فولى زيد الْمَذْكُور إِمَامَة الْجُمُعَة وَلم يكن فِي الْمحل غَيرهَا فَتسقط عَنهُ على الْمُعْتَمد وَقيل هُوَ مكره شرعا فَيصَلي وَلَا حنث
وَقسم تلْزمهُ وَتَصِح مِنْهُ وَلَا تَنْعَقِد بِهِ وَهُوَ الْمُقِيم غير المتوطن والمتوطن بِمحل يسمع مِنْهُ النداء وَلم يبلغ أَهله أَرْبَعِينَ فَإِنَّهُ يجب عَلَيْهِ السَّعْي إِلَى بلد الْجُمُعَة وَلَا يحْسب من عَددهَا لِأَنَّهُ لَيْسَ من المتوطنين ببلدها فَإِن بلغُوا أَرْبَعِينَ لَزِمَهُم إِقَامَتهَا فِي محلهم وَحرم عَلَيْهِم تعطيله وَإِن فَعَلُوهَا فِي غَيره
وَقسم تلْزمهُ وَلَا تَنْعَقِد بِهِ وَلَا تصح مِنْهُ وَهُوَ الْمُرْتَد
وَقسم لَا تلْزمهُ وَلَا تَنْعَقِد بِهِ وَتَصِح مِنْهُ وَهُوَ من بِهِ رق وَالصَّبِيّ الْمُمَيز وَالْأُنْثَى وَالْخُنْثَى وَالْمُسَافر والمقيم بِمحل لَا يسمع مِنْهُ النداء وَلم يبلغ أَهله أَرْبَعِينَ أَو كَانُوا أهل خيام
وَقسم لَا تلْزمهُ وَلَا تَنْعَقِد بِهِ وَلَا تصح مِنْهُ وَهُوَ الْمَجْنُون والمغمى عَلَيْهِ والسكران وَالصَّبِيّ غير الْمُمَيز وَالْكَافِر الْأَصْلِيّ
الأشباة والنظائر للسيوطي صـــــــــ ٢٤١
قَالَ النَّوَوِيُّ: الْخُنْثَى ضَرْبَانِ: ضَرْبٌ لَهُ فَرْجُ الْمَرْأَةِ، وَذَكَرُ الرِّجَالِ. وَضَرْبٌ لَيْسَ لَهُ وَاحِدٌ مِنْهُمَا. بَلْ لَهُ ثُقْبَةٌ يَخْرُجُ مِنْهَا الْخَارِجُ، وَلَا تُشْبِهُ فَرْجَ وَاحِدٍ مِنْهُمَا
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي الجزء الخامس صـــــــــ ١٢٧-١٢٨
الخنثى: قسمان: خنثى مشكل، خنثى غير مشكل.
الخنثى غير المشكل هو من ترجحت فيه صفة الذكورة، أو صفة الأنوثة، وذلك كأن تزوج فولد له ولد، فهذا رجل قطعاً، أو تزوج فحملت، فهي أنثى قطعاً.
أما الخنثى المشكل فهو الذي لم تتضح ذكورته، من أنوثته. والفقهاء يذكرون في الخنثى علامات يترجح بها ذكورته، أو أنوثته، ولو كان ذلك بعد البلوغ.
فإذا أمنى مثلاً تبين أنه ذكر، وإذا حاض علم أنه أنثى.وإن ظهر ميله للنساء، ترجح أنه ذكر، وإن غلب ميله إلى الرجال، كان أنثى غالباً.
واليوم وبعد أن تقدم الطب، قل احتمالات أن يبقى أحد خنثى مشكلاً، وأصبح باستطاعة الطب غالباً أن يكشف أمره.
لكن لنفرض أن الخنثى كان من الإشكال بحيث أعجز الأطباء، فهذا إذا هو الخنثى المشكل.
»» Lanjut dikit ustad .. Itu khunsa musykil , klo ghairul musykil gmn ? Apa sama tdk wajib jum'at ?
»» Ketika jelas dia seorang perempuan atau seorang lelaki maka disesuaikan dengan pribadi dirinya, sedangkan khuntsa yang tidak wajib Jum'at itu sebagaimana dua pembagian khuntsa oleh Imam Nawawi, sedangkan kalau jelas dirinya laki-laki dengan tandanya atau dia memang mempunyai alat kelamin pria sudah jelas hukumnya dia seorang laki-laki, sedangkan dia bergaya dan bertingkah laku perempuan itu bukan khuntsa melainkan Mukhannats (banci/bencong) sebagaimana saya katakan diatas 👇
RENUNGAN!
Apa yang beredar dan sudah nampak didepan mata saya bahkan sebagian mereka ada sekampung dengan saya menurut penuturan keluarganya dia berjalan dengan jalan perempuan dan jadi penghias pengantin wanita seperti makeover, sebenarnya dia laki-laki, cuma jalannya dan tingkah lakunya layaknya perempuan. Ada juga dia seorang perempuan karena pernah menikah dan menghasilkan anak menurut penuturan keluarganya dia seorang perempuan tapi gaya rambut dan sebagainya bak seorang laki-laki seperti memakai baju pendek dan ketika bermain volly tidak segan menampakkan paha dan dia menikah dengan seorang pria. Kedua orang ini kami sering menyebutnya banci; dari segi alat kelamin mereka bisa diselamatkan laki-laki dan juga perempuan hanya tingkah lakunya menyamai lain jenis, kalau bukan bawakan lahir melainkan sekedar dibuat-buat maka tidak disangsikan perbuatan itu termasuk perbuatan tercela dan termasuk penyerupaan lawan jenis yang diharamkan. Na'uzubillahi min dzalik.
Wallahu A'lam
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi: