0402. AKHLAK : PENGERTIAN IKHLAS

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·2 DESEMBER 2016

PERTANYAAN   
> Siti Zuwairiyah
assalamualaikum.. kang2 utowo mbk2..
nki klo ajng tnglet..
tolong paparkan penjelasan dari kata "ikhlas" yang sbenarnya..??
geh nku mawon.. di jawab ae ojo dumehh..
wassalamualaikum..#afwan 

JAWABAN
> Nasrul Al-hamied 
menerima suatu ujian n urusan tnpa mngharapkan imbalan atau pujian dari org lain melainkan ingin mngharapkan ridho allah.. 

> Ruswandirus Af NaHra 
Wa'alaikumussalaam 

 Mungkin ini bs memberi pencerahan
Ikhlas adalah rahsia :
a.Di sebalik kejayaan setiap amal manusia.
b.Penyelamat hati manusia.
c.Menuju kebahagian yang hakiki.
Ia adalah ilmu yang lain dari yang lain.
1.Orang yang merasa telah mendapatkannya boleh jadi telah kehilangannya pada masa yang sama.
2.Orang yang mendakwa menguasainya dengan mahir bererti dia tidak dapat menguasainya.
3.Orang yang mengaku mampu mengajarkannya adalah orang masih perlu belajar lagi tentangnya.

Nilai sebuah amal atau perbuatan ditentukan oleh seberapa tulus niat kita. Perbuatan yang dimaksudkan tentunya adalah yang termasuk ketaatan atau perkara yang dibolehkan dan bukan perkara-perkara yang dilarang. Tidak ada istilah ikhlas untuk perbuatan-perbuatan yang tergolong dalam kategori kemaksiatan.
Ketulusan niat hendaklah diukur sebelum, semasa dan selepas kita melaksanakan suatu amal. Kita semestinya perlu ikhlas pada ketiga-tiga tahap tersebut dan tidak hanya pada salah satunya.

PERTAMA : IKHLAS SEBELUM MELAKSANAKAN

Ia bererti kita berniat untuk melakukan suatu perbuatan demi Allah semata-mata dan bukan untuk memperolehi pujian, penghargaan ataupun balasan dari orang. Begitu juga ia bukan pula demi harta, jawatan ataupun kemasyhuran di khalayak ramai.
Ikhlas sebelum melaksanakan juga bererti berkehendak melakukan suatu perbuatan bukan kerana dorongan emosi negatif (seperti kemarahan) dari dalam diri atau kerana ingin memberi reaksi terhadap sesuatu situasi (seperti kerana di maki hamun).

KEDUA : IKHLAS SEMASA MELAKSANAKAN

Ia bererti kita membaguskan perbuatan kita hanya kerana rasa ingatan kita kepada Allah bukan kerana ingatan kita kepada manusia kerana kita sentiasa merasa diawasi oleh Allah bukan kerana merasa sedang diamati oleh manusia.

Selain itu, ia juga bererti tidak melaksanakan sesuatu dengan sikap bermalasan-malasan dan tidak mudah menyerah kalah, panik atau putus asa ketika bertemu dengan kesulitan atau halangan.
Dalam masa yang sama, jiwa kita sentiasa stabil tanpa membayangkan bagaimana kita akan dinilai, dipuji atau dihormati ketika nanti menyempurnakan perbuatan tersebut ataupun sebaliknya iaitu merasa resah membayangkan anggapan orang-orang yang nantinya akan meremehkan diri kita.

KETIGA : IKHLAS SELEPAS MELAKSANAKAN

Ia bererti kita tetap mengingati Allah di saat kita disanjung ataupun dicela, tidak sombong ketika dipuji dan tidak kesal semasa dimaki.

Kita menisbahkan kemampuan melaksanakan sesuatu itu kepada Allah dan kita tidak mengharapkan kemampuan kita sendiri dan menyerahkan hasil perbuatan kita kepada Allah dan tidak memandang bahwa hasilnya mesti seperti harapan atau kemahuan kita.

Selain itu, ia juga memberi makna bahwa kita tidak mengharapkan balasan, pujian ataupun ucapan terima kasih di samping tidak mengungkit-ngungkit perbuatan yang telah lalu dan tidak mempamirkan atau menyombongkannya kepada orang lain dan tidak mmbanggakannya dalam hati serta tidak tersinggung walaupun tidak disebut-sebut oleh orang. 

 Dan ini tambahannya

بسم الله الرحمن الرحيم

كــيف تطلــب العوض على عمل هو متصــق بـه علــيك أم كــيف تطلب الــجزاء على صــدق هو مـهديه إلــيك

Bagaimana engkau akan meminta pengganti (upah) terhadap suatu amal yang Alloh sendiri bersedekah kepadamu dengan amal itu, atau bagaimankah engkau minta balasan atas suatu keikhlasan, padahal Alloh sendiri yang memberi hidayah keikhlasan itu padamu,
Amal yang boleh minta upah ialah apabila amal itu menguntungkan atau menghindarkan kerugian terhadap siapa yang engkau beramal untuknya, sedangkan amal ibadah itu semuanya tidak menguntungkan Alloh, dan tidak menolak mudharat terhadap Allah, bahkan semua amal itu kembali kepada yang beramal itu sendiri.
Syaikh Abul Abbas bin Athaillah ketika ditanya: "Amal perbuatan apakah yang terdekat dengan murka Alloh?" Beliau menjawab: "Melihat diri dan perbuatannya, dan lebih dari itu menuntut upah (balasan) atas amal perbuatannya".
#Al_Hikam

والله اعلم بالصواب 

> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

PENGERTIAN IKHLAS 

Dari Abi ‘Ustman, beliau berkata bahwa ikhlas adalah melupakan dan tidak memperdulikan pandangan mahluk atas dirinya dengan mengabadikan pendangannya kepada sang khaliq.
Dari Abi Chadzaifah Al Mur’asyi rahimahullah, beliau berkata bahwa ikhlas adalah menyeimbangkan antara pebuatan lahir dan bathin.

Sedang Imam Abu Bakar Ibnu Sayyid Muhammad Syata Al Dimyati didalam kitabnya ‘Ianah Al Thalibin menuturkan bahwa ikhlas adalah sebagaimana yang terdapat didalam hadits ya’ni melakukan perbuatan 
semata-mata karena Allah. Dan ikhlas terbagi menjadi tiga tingkatan sebagaimana uraian berikut:
1. Ikhlas tingkat tinggi yaitu melakukan sebuah pekerjaan semata-mata karena Allah untuk mengaplikasikan perintahNya dan memberikan hak sesembahanNya,
2. Ikhlas tingkat menengah yaitu melakukan sebuah pekerjaan untuk meraup pahala di akhirat seperti mengharap surga dan takut masuk neraka.
3. Ikhlas tingkat rendah yaitu melakukan sebuah pekerjaan demi mendapatkan kemuliaan di dunia dan agar diselamatkan dari bahaya.

Imam Abu Bakar Ibnu Sayyid Muhammad Syata Al Dimyati menegaskan bahwa selain dari tiga tersebut diatas adalah riya’. Beliau juga menambahkan bahwa ciri-ciri ikhlas adalah seperti yang telah diuraikan oleh Imam Al Ghazali ya’ni kegemaran melakukan sebuah pekerjaan dalam kondisi sepi sebagaimana kegemaran melakukannya dalam kondisi ramai. Maka hadirnya seseorang tidak mempengaruhi terhadap kegemaran tersebut.

Dzi Al Nun memaparkan bahwa ikhlas memiliki tiga tanda. Yaitu:
1. Tidak adanya perbedaan antara pujian dan cercaan orang lain yang dapat mempengaruhi kegemaran dalam melakukan sebuah pekerjaan.
2. Melupakan amal-amal yang telah dikerjakan.
3. Lebih mementingkan dan mengutamakan pahala di akhirat.

Wallahu a’lam bis shawab.


وعن ذى النون رحمه الله قال ثلاثة من علامات الاخلاص استواء المدح والذم من العامة ونسيان رؤية الاعمال في الاعمال واقتضاء ثواب العمل في الآخرة: وعن ابى عثمان رحمه الله قال الاخلاص نسيان رؤية الخلق بدوام النظر إلى الخالق. المجموع شرح المهذب . الجز 1. صفحة 17.

والإخلاص كما ورد في الخبر العمل لله وحده والكامل منه إفراد الحق تعالى في الطاعة بالقصد ومراتبه ثلاث عليا وهي أن يعمل لله وحده امتثالا لأمره وقياما بحق عبوديته ووسطى وهي أن يعمل لثواب الآخرة ودنيا وهي أن يعمل للإكرام في الدنيا والسلامة من آفاتها وما عدا ذلك رياء وإن تفاوتت أفراده قال الشيخ زين الدين جد المؤلف في هداية الأذكياء أخلص وذا أن لا تريد بطاعة إلا التقرب من إلهك ذي الكلا قال الغزالي وعلامة الإخلاص أن يكون الخاطر يألف العمل في الخلوة كما يألفه في الملأ ولا يكون حضور الغير هو السبب في حضور الخاطر كما لا يكون حضور البهيمة سببا في ذلك . إعانة الطالبين . الجز 1. صفحة 129.
_______________

وروينا عن السيد
الجليل أبي عليّ الفُضيل بن عِياض رضي رحمه الله عنه قال: تركُ العمل لأجل الناس رياءٌ، والعمل لأجل الناس شِركٌ، والإِخلاصُ أن يعافيَك الله منهما 

Meninggalkan amal karena manusia itu riya' , beramal karena manusia itu syirik sedangkan Ikhlas adalah selamatnya dirimu dari keduanya oleh Allah ta'ala 

وقال الإمام الحارث المحاسبيُّ رحمه الله: الصادق هو الذي لا يُبالي لو خرج كلُّ قَدْرٍ له في قلوب الخلق من أجل صَلاح قلبه، ولا يحبُّ اطّلاع الناس على مثاقيل الذرِّ من حس عمله ولا يكره أن يطلع الناس على السيئ من عمله.وعن حُذيفة المَرْعشيِّ رحمه الله قال: الإِخلاصُ أن تستوي أفعالُ العبد في الظاهر والباطن.

Hudzaifah al-Mar'asyi rahimahu Allah berkata : Ikhlash adalah samanya kedudukan perbuatan hamba di dalam dhohir dan batin 

وروينا عن الإمام الأستاذ
أبي القاسم القُشَيريّ رحمه الله قال: الإِخلاصُ إفرادُ الحق سبحانه وتعالى في الطاعة بالقصد، وهو أن يُريد بطاعته التقرّب إلى الله تعالى دون شئ آخر: من تَصنعٍ لمخلوق، أو اكتساب محمَدةٍ عند الناس، أو محبّة مدحٍ من الخلق أو معنى من المعاني سوى التقرّب إلى الله تعالى.

Dan kami meriwayatkan dari al-Ustadz Abu al-Qosim al-Qusyairiy rahiahu Allah ia berkata: Ikhlash adalah menjadikan Allah yang Haqq sebagai satu-satunya tujuan taat kepadaNya , yaitu keinginan hamba dengan mentaatiNya kepada taqorrub/mendekatkan diri kepada Allah ta'ala tanpa tercampur keinginan/tujuan yang lain seperti berbuat untuk makhluk atau ingin di puji orang lain , atau karena suka di puji makhluk atau tujuan-tujuan yang selain mendekatkan diri kepada Allah ta'ala 

وقال السيد الجليل أبو محمد سهل بن عبد الله التُستَريُّ رحمه الله: نظر الأكياسُ في تفسير الإِخلاص فلم يجدوا غير هذا: أن تكون حركتُه وسكونه في سره وعلانيته الله تعالى، لا يُمازجه نَفسٌ ولا هوىً ولا دنيا.

as-Sayyid al-Jalil Abu Muhammad Sahl bin 'Abdullah at-Tustariy rahimahu Allah berkata : Orang -orang cerdas melakukan nadzor/berfikir dalam menafsiri ikhlash maka mereka tidak menemukan kecuali tafsir ini "Ikhlash adalah adanya gerakan dan diam , baik di saat sendirian atau di tempat keramaian hanya karena Allah ta'ala , tanpa tercampuri nafsu , keinginan dan dosa 

وروينا عن الأستاذ أبي علي الدقاق رحمه الله قال: الإِخلاصُ: التوقِّي عن ملاحظة الخلق، والصدق: التنقِّي عن مطاوعة النفس، فالمخلصُ لا رياء له، والصادقُ لا إعجابَ له. 

Kami riwayatkan dari al-Ustadz Abu 'Ali ad-Daqqoq rahimahu Allah ia berkata : Ikhlash adalah Menjaga dari lirikan makhluk , sedangkan ash-shidqu adalah bersih dari taat kepada nafsu , maka orang yang ikhlas tidak riya' sedangkan orang yang sidqu tidak kagum pada diri sendiri 

وعن ذي النون المصري رحمه الله قال: ثلاثٌ من علامات الإِخلاص: استواءُ المدح والذمّ من العامَّة، ونسيانُ رؤية الأعمال في الأعمال، واقتضاءُ ثواب العمل في الآخرة. 

Dzun Nun al-Mishri rahimahu Allah berkata : Tiga diantara tanda-tanda ikhlas adalah samanya antara di puji dan di cela dari orang-orang 'awam , lupa melihat amal itu termasuk amal , terpenuhinya pahala amalnya di akherat

وروينا
عن القُشَيريِّ رحمه الله قال: أقلُّ الصدق استواءُ السرّ والعلانية

Kami meriwayatkan dari Imam al-Qusyairiy rahimahu Allah ia berkata : Minimal sidqu/jujur adalah samanya antara sendirian dan ditempat ramai 

وعن سهل التستري: لا يشمّ رائحة الصدق عبدٌ داهن نفسه أو غيره، 

Dari Sahl at-Tustari : Tidak akan mencium bau kejujuran/sidqu seorang hamba yang menipu dirinya dan orang lain 

وأقوالهم في هذا غير منحصرة، وفيما أشرت إليه كفاية لمن وفّق.

al-Adzkaar Li An-Nawaawy
______________________

CIRI-CIRI IKHLAS 

علامات الإخلاص استواء المدح والذم نسيان العمل بعد عمله إخفاء ما يمكن إخفاؤه من الطاعات بشريات السلامة جزء 1 ص 277 

Tanda-tanda ikhlas yaitu keseimbangan puji dan cela.melupakan amal setelah melakukan amal yg dikerjakannya,menyembunyikan sesuatu ketaatan yg mungkin untuk disembunyikan. 

LINK DISKUSI :

Komentari

Lebih baru Lebih lama