0461. FIQIH WANITA : MASA LAMANYA NIFAS DAN HUKUM MENGQODHO’ SHALAT SELAMA NIFAS

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·20 FEBRUARI 2017


PERTANYAAN
* Adjji Pangestu
Asslmlikum.mhon pnjlsnya mslh hukum nifas brp hr plg lma .n hrs d kodo gk soltnya slm wktu nigas .tlg srtkn dlilny biar sy mntp.mksh sblmnya 

JAWABAN
* Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

(1) Nifas adalah darah yang keluar dari farj (vagina) seorang wanita setelah kosongnya rahim dari suatu kandungan atau dengan bahasa sederhana kita ungkapkan sebagai darah yang keluar setelah melahirkan, serta belum melewati 15 hari terhitung dari kelahiran. Dan adapun minimal masa nifas yaitu sekelip mata atau darah yang keluar dalam waktu yang sangat singkat serta sebentar; yakni secuil darah yang keluar dari vagina, dan lumrahnya adalah 40 hari 40 malam, sedangkan maksimalnya yaitu 60 hari 60 malam. Sehingga apabila ada darah yang keluar dari ketentuan tersebut tidak disebut sebagai nifas, melainkan sebagai darah fasad (rusak) bila keluar sebelum melahirkan dan tidak bersambung dengan haidh sebelumnya, atau sebagai darah thalq (darah yang keluar karena pengaruh rasa sakit saat melahirkan) bila keluar bersamaan dengan anak yang dilahirkan, dan atau sebagai darah istihadhah bila darah tersebut keluar melebihi batas maksimal masa nifas. 

Referensi:

حاشية البيجوري على شرح ابن القاسم ج 1 ص 211-212 | دار الكتب العلمية

(والنفاس هو الدم الخارج عقب الولادة)، فالخارج مع الولد أو قبله لا يسمى نفاسا، وزيادة الياء في عقب لغة قليلة، والأكثر حذفها. (والإستحاضة) أي دمها (هو الدم الخارج في غير أيام الحيض والنفاس) لا على سبيل الصحة. (قوله : عقب الولادة) أي بأن يكون قبل مضي خمسة عشر يوما منها، فهذا ضابط العقبية، وإلا كان حيضا ولا نفاس لها ـــ إلى أن قال ـــ (قوله : فالخارج مع الولد أو قبله إلخ) تفريع على مفهوم قوله : عقب الولادة. وقوله : لا يسمى نفاسا أي بل هو دم فساد إن لم يتصل بحيض قبله، وإلا فهو حيض بناء على أن الحامل تحيض وهو الأصح. إهـ

حاشية البجيرمي على الخطيب ج 1 ص 349-350 | المكتبة الشاملة

(وَأَقَلُّ) دَمِ (النِّفَاسِ) (مَجَّةٌ) أَيْ دَفْعَةٌ. وَعِبَارَةُ الْمِنْهَاجِ لَحْظَةٌ، وَهُوَ زَمَنُ الْمَجَّةِ، وَفِي الرَّوْضَةِ وَأَصْلِهَا لَا حَدَّ لِأَقَلِّهِ أَيْ: لَا يَتَقَدَّرُ بَلْ مَا وُجِدَ مِنْهُ، وَإِنْ قَلَّ يَكُونُ نِفَاسًا وَلَا يُوجَدُ أَقَلُّ مِنْ مَجَّةٍ، فَالْمُرَادُ مِنْ الْعِبَارَاتِ كَمَا قَالَهُ فِي الْإِقْلِيدِ وَاحِدٌ ــــ إلى أن قال ــــ (وَأَكْثَرُهُ سِتُّونَ يَوْمًا) بِلَيَالِيِهَا (وَغَالِبًا أَرْبَعُونَ يَوْمًا) بِلَيَالِيِهَا اعْتِبَارًا بِالْوُجُودِ فِي الْجَمِيعِ كَمَا مَرَّ فِي الْحَيْضِ. إهـ 

 (2) Bagi wanita haid dan nifas tidak diwajibkan mengqodho' shalat bahkan telah terjadi ijma' akan hal ini

( وَيَجِبُ قَضَاؤُهُ بِخِلَافِ الصَّلَاةِ ) لِقَوْلِ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ تَعَالَى عَنْهَا كَانَ يُصِيْبَنَا ذَلِكَ أَيِ الْحَيْضُ فَنُؤمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلَا
نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلَاةِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ وَانْعَقَدَ الْإِجْمَاعُ عَلَى ذَلِكَ
وَفِيْهِ مِنَ الْمَعْنَى أَنَّ الصَّلَاةَ تَكْثُرُ فَيَشَقُّ قَضَاؤُهَا بِخِلَافِ الصَّوْمِ

(Dan haram sebab haid apa yang haram sebab janabah dan haram juga puasa)
Dan wajib mengqadha puasa tidak wajib menqadha shalat, berdasarkan perkataan ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anhu: “Kami mengalami haid. Kami diperintahkan untuk mengqodho puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqodho’ shalat
Dan terjadi kesepakatan ulama dalam masalah tersebut
Makna yang terkandung dalam riwayat diatas bahwasanya shalat itu banyak sehingga berat mengqadhanya, berbeda dengan puasa.
Mughni al-Muhtaj I/109

Link Kitab:
http://islamport.com/d/2/shf/1/36/2091.html

Wallahu A'lamu Bis Showaab 

Komentari

Lebih baru Lebih lama