1275. HUKUM MENGERJAKAN IBADAH DIANTARA DUA HAID (HAID TERPUTUS)

Sumber gambar: YouTube



Pertanyaan:
Asalamualikum,kepada seluruh anggota group sya mengucapkan selamat hari raya idul adaha,ijin bertanya 2 hri yg lalu sya datang haid keluar tdk bnyk setelah hri ke 2 tdk keluar hri ke 3 keluar dan hri ke,4,5 tdk keluar sya bingung apa kh sya boleh mngerjakan sohlat bila darah haid tdk keluar ...wasalamualikum warokhmatullohi barokahtuh..
[Mamahe Nong Iqis Ridho]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Berpijak pada pendapat yang Mu'tamad (yang dapat dijadikan pegangan) bahwa suci diantara dua haid seperti kasus di post berhukum haid karenanya tidak boleh melakukan ibadah yang disyaratkan suci pada sela-sela Antara dua haid; ini namanya Qoul Sahbi. Sedangkan menurut satu pendapat suci diantara dua haid berhukum suci, dengan mengamalkan Qoul ini boleh melakukan ibadah diantara dua haid yang berhenti darah diantaranya, ini namanya Qoul Laqti, tetapi pendapat terakhir ini dho'if, jadi dalam pengamalan hendaknya memakai Qoul Mu'tamad bukan Qoul Dho'if.

Catatan:
Ketentuan diatas hanya berlaku bila waktu bersih diantara dua haid belum melewati masa 15 hari dan malamnya dan tidak kurang dari waktu sehari semalam, bila tidak bukan berhukum haid tapi istihadhoh.

وهو مع نقاء تخلله حيض، لأنه حينئذ يشبه الفترة بين دفعات الدم فينسحب عليه حكم الحيض.
وهذا القول يسمى قول السحب وهو المعتمد، ومقابله النقاء طهر ويسمى قول اللقط والتلفيق، فعلى هذا القول تصلي وتصوم في وقت النقاء 
“Waktu bersih ikut pada haid karena ketika itu masa antara satu hentakan darah maka masuk hukum haid, Qoul ini dinamakan Qoul Sahbi; inilah pendapat yang Mu'tamad, sedangkan lawannya (lawan pendapat Mu'tamad) waktu bersih itu suci dan dinamakan Qoul Laqti dan Talfiq. Mengamalkan Qoul ini shalat dan puasa pada waktu bersih (diantara dua haid)”
[I'aanah at Thoolibiin I/66]

فَإِذَا كَانَتْ تَرَى وَقْتًا دَمًا وَوَقْتًا نَقَاءً، وَاجْتَمَعَتْ هَذِهِ الشُّرُوطُ حَكَمْنَا عَلَى الْكُلِّ بِأَنَّهُ حَيْضٌ، وَهَذَا يُسَمَّى قَوْلَ السَّحْبِ، وَقِيلَ إنَّ النَّقَاءَ طُهْرٌ؛ لِأَنَّ الدَّمَ إذَا دَلَّ عَلَى الْحَيْضِ وَجَبَ أَنْ يَدُلَّ النَّقَاءُ عَلَى الطُّهْرِ، وَهَذَا يُسَمَّى قَوْلَ اللَّقْطِ.
قَوْلُهُ: (وَهِيَ أَنْ لَا يُجَاوِزَ إلَخْ) أَيْ لَا يُجَاوِزَ النَّقَاءُ مَعَ الْحَيْضِ الَّذِي مَعَهُ خَمْسَةَ عَشَرَ لَا النَّقَاءُ وَحْدَهُ؛ لِأَنَّهُ إذَا جَاوَزَ خَمْسَةَ عَشَرَ يَكُونُ اسْتِحَاضَةً لَا حَيْضًا.
قَوْلُهُ: (وَقِيلَ إنَّ النَّقَاءَ طُهْرٌ) ضَعِيفٌ وَعَلَيْهِ فَتَصُومُهُ وَتُصَلِّي فِيهِ وَلَا تَنْقَضِي الْعِدَّةُ بِتَكَرُّرِهِ.
[Hasyiyah Bujairomi ala al Khothiib I/349]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama