089. JABAT TANGAN SETELAH SHOLAT LIMA WAKTU

PERTANYAAN  
>  Masaji Anggoro
Assalamu'alaikum
Pertanyaan trakhir
 Sebagian paham menyatakan bahwa budaya berjabat tangan setelah sholat  lima waktu merupakan bid'ah yang sama sekali tidak dibenarkan Islam  karena tidak pernah dilakukan oleh Nabi dan para sahabat. Sebenarnya  adakah dalil yang shorih (jelas) akan kesunahan berjabat tangan setelah  sholat lima waktu.
Itu saja.
Wassalamu'alaikum.

 Semoga anggota gruf ini senantiasa dilindungi oleh Allah. Dan para  mujawib tidak bosan-bosan menjawab pertanyaan digruf kita tercinta ini.  Usah didengar ocehan orang bahwa belajar diinternet tidak bermanfaat  karena tidak bersanad tetapi dalam belajar dan berdakwah dimana saja  bisa.. Jangan goyah dalam menyebar luaskan ajaran Islam kawan. Selama  bersumberkan dengan sumber yg jelas insya Allah Allah akan membalas  dengan pahala yang besar. Jangan takut.
 Mari berdakwah dan jangan goyah.
 Gruf ini memang sepi tapi meskipun sepi tapi jika jawabannya good akan  bermanfaat bagi yang membacanya. Bagi admin silahkan bukukan setiap post  kalau jawabannya ada sumber yg jelas. Insya Allah akan bermanfaat  nantinya.
Wassalamu'alaikum. 

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Memang  tidak ada dalil yang shorih (jelas) dari Nabi. Namun sebagian ulama  mnyatakan sunat diqiyaskan dengan kesunatan mushafahah dikalah berjumpa.  Berarti dalilnya Qiyas.  Hukum berjabat tangan setelah lima waktu  adalah bid'ah mubahah (bid'ah yang boleh).

(فائدة)  المصافحة المعتدة بعد صلاتي الصبح والعصر لا أصل لها وذكر ابن عبد السلام  انها من البدعة المباحة فمن لم معه فمستحب اذ هي سنة عند اللقاء اجماعا ،  وقال بعضهم ان المصلى كالغائب فعيه يستحب الخمس مطلقا.

Bughyah al-Mustarsyidin hal. 50-51

وعن البراء رضى الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : مامن مسلمين يلتقيان فيتصافحان الا غفر لهما قبل ان يتفرقا.

Riyaadh as-Shoolihiin hal. 266

Wallahu A'lamu Bis Showaab.

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1115936815120969/


fb:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/089-jabat-tangan-setelah-sholat-lima-waktu/1116351798412804/

Komentari

Lebih baru Lebih lama