0634. HUKUM PERNIKAHAN ANTARA MUSLIM DAN KAFIR


PERTANYAAN:
Assalamuala'laikum
Saya mau tanya apa hukum bgi orag yg menikah di bawah umar dn orag yang menikah syirik tcu tlag lh jelas kn ? Trimakasih
(Rahimah Ulmhuu Kalsumuie)
JAWABAN:
Wa'alaikumussalam Wr.Wb

1. Hukum pernikahan anak kecil
Baca dok berikut:

0180. FIQIH NIKAH : HUKUM PERNIKAHAN ANAK KECIL

≡ePUSTAKA
 Bismillahirrohmaanirrohiim

Beranda » FIQIH NIKAH » 0180. FIQIH NIKAH : HUKUM PERNIKAHAN ANAK KECIL
0180. FIQIH NIKAH : HUKUM PERNIKAHAN ANAK KECIL
BY ISMIDAR SANUSI
SELASA, 09 MEI 2017
ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·27 NOVEMBER 2016

PERTANYAAN
> Ahmad Maulana
Assalamu'alaikum

DISKRIPSI MASALAH :
Seorang anak yang berumur 10 tahun disuruh nikah oleh bapaknya dengan pacarnya yang juga dibawah umur.
Pertanyaan :
Sahkah pernikahan anak kecil tersebut?

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam

Hukumnya Khilaf :

~ Hukumnya sah bila yang menikahkan ayahnya atau kakeknya (bukan yang lain). Namun setelah dewasa si anak diberi hak untuk memilih mau meneruskan pernikahan itu atau tidak. Pendapat ini seuai keterangan dalam kitab ar-Roudhoh.

~ Menurut Al-Adzro'i tidak sah.

Terkait masalah wali atas pernikahan seorang bocah (anak kecil) para Ulama empat Madzhab juga berselisih pendapat :

~ Menurut Imam Abu Hanifah pernikahan anak yang masih kecil boleh setiap wali baik yang dekat maupun yang jauh. Namun yang leih utama adalah ayah dan kakeknya dan jika yang menikahkan bukan ayah atau kakeknya maka setelah dewasa kedua anak tersebut disuruh memilih untuk melanjutkan pernikahan itu atau tidak.

~ Menurut Imam Malik pernikahan anak yang masih kecil hanya bisa terjadi apabila dinikahkan oleh ayahnya sendiri dan jika ayahnya sudah meninggal maka menurut wasiatnya, sebagai penghormatan pada ayahnya.

~ Menurut Imam Syafi'i pernikahan anak yang masih kecil hanya boleh dinikahkan oleh ayah dan kakeknya dan bila ayah dan kakeknya sudah meninggal maka berpindah ke wali yang lain.
~ Menurut Imam Ahmad bin Hanbal yang berhak menikahkan anak yang masih kecil adalah ayahnya, tidak yang lain.

CATATAN :
Ulama empat Madzhab sepakat diperbolehkannya pernikahan anak laki-laki yang masih kecil dengan wanita juga masih kecil bila dinikahkan dengan walinya.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Referensi:

مغنى المحتاج للشربينى ج ٣ ص ٢١١ مكتبة دار الفكر بيروت
ـ (ويجوز) للأب أن يزوج الصغير (من لا تكافئه بباقي الخصال) المعتبرة في الكفاءة كنسب وحرفة؛ لأن الرجل لا يعيّر بافتراش من لا تكافئه. نعم يثبت الخيار إذا بلغ كما اقتضاه كلام الشرح والروضة هنا، وإن نازع في ذلك الأذرعي؛ فقد صرحا به أول الخيار حيث قالا: ولو زوج الصغير من لا تكافئه وصححناه فلـه الخيار إذا بلغ. والثاني: لا يصح ذلك؛ لأنه قد لا يكون فيه غبطة ـ اهـ

. الفقه الإسلامي الجزء التاسع صحـ171
المبحث الأول أهلية الزوجين: يرى ابن شبرمة وأبو بكر الأصم وعثمان البتي رحمهم الله أنه لا يزوج الصغير والصغيرة حتى يبلغا لقوله تعالى:(حتى إذا بلغوا النكاح) (النساء:6/) فلو جاز التزويج قبل البلوغ لم يكن لهذا فائدة ولأنه لا حاجة بهما إلى النكاح ورأى ابن حزم أنه يجوز تزويج الصغيرة عملاً بالآثار المروية في ذلك. أما تزويج الصغير فباطل حتى يبلغ، وإذا وقع فهو مفسوخ (1) ولم يشترط جمهور الفقهاء لانعقاد الزواج: البلوغ والعقل وقالوا بصحة زواج الصغير والمجنون.

المغني ج 9 ص415-417
مسألة:ومن زوج غلاما غير بالغ او معتوها,لم يجز الا ان يزوج والده او وصيه ناظر له في النزويج الكلام في هذه المسألة في فصول اربعة
احدها أنه ليس لغير الاب أوصيهتزويج الغلام قبل بلوغه. وقال القاضى في المجرد للحاكم تزويجه لأنه يلي ماله: وقال الشافعي:يملك ولي الصبي تزويجه, ليألف حفظ فرجه عند بلوغه. وليس بسديد, فان غير الاب لا يملك تزويج الجارية الصغيرة, فالغلام أولى.وفارق الاب ووصيه, فان لهما تزويج الصغيرة, وولاية الاجبار. وسواء أذن الغلام في تزويجه أو لم يأذن,فانه لا اذن له.
الفصل الثاني ان المعتوه, وهو الزائل العقل بجنون مطبق,ليس لغير الاب ووصيه تزويجه. وهذا قول مالك: وقال ابو عبد الله ابن حامد للحاكم تزويجه اذا ظهر منه شهوة النساء, بأن يتبعهن ويريدهن, وهذا مذهب الشافعي, لأن ذلك من مصالحه, وليس له حال ينتظر فيها اذنه. وقد ذكرنا توجيه الوجهين في تزويج المجنونة. وينبغي علي هذا القول أنيجوز تزويجه اذا قال اهل الطب : ان في تزويجه ذهاب علته. لأنه من اعظم مصالحه. والله اعلم
الفصل الثالث: أن للاب أو وصيه تزويجهما, سواء كان الغلام عاقلا أو مجنونا, وسواء كان الجنون مستداما أو طارقا, فأ ما الغلام السالم من الجنون, فلا نعلم بين أهل العلم خلافا في ان لابيه تزويجه, كذالك قال ابن المنذير . وممن هذا مذهبه الحسنو والزهري, وقتادةو ومالك, والثوري, والشافعي, وأصحاب الرأي: لما روي ان ابن عمر زوج ابنه وهو الصغير, فاختصما الي زيد فأجا زاه جميعا,رواه الاثرم باسناده الي اخر فصل الرابع

https://madzhabfikih.blogspot.co.id/2017/05/0180-fiqih-nikah-hukum-pernikahan-anak.html?m=1
2. Pernikahan muslim dengan non muslim

Pernikahan yang dilakukan atas Muslim dengan non muslim (selain ahli kitab dahulu) maka tidak sah dan haram keharaman ini sudah nash dalam al_Quran. Dan ketidak absahannya karena diantara syarat nikah ialah harus Islam maka jika bukan Islam maka tidak sah.

Dalil_Dalil:

ولا تنكحوا المشركات حتى يؤمن ولأمة مؤمنة خير من مشركة ولو أعجبتكم ولا تنكحوا المشركين حتى يؤمنوا ولعبد مؤمن خير من مشرك ولو أعجبكم أولئك يدعون إلى النار والله يدعو إلى الجنة والمغفرة بإذنه ويبين ءاياته للناس لعلهم يتذكرون( (سورة البقرة: 221)

"Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran". (Q.S. al Baqarah:221)

Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, para ulama menyepakati (ijma') keharaman pernikahan antara seorang laki-laki atau perempuan muslim dengan orang-orang kafir musyrik laki-laki maupun perempuan.

...فإن علمتموهن مؤمنات فلا ترجعوهن إلى الكفار لا هن حل لهم ولا هم يحلون لهن...( (سورة الممتحنة: 10)
"…Maka jika kamu telah mengetahui bahwa mereka benar-benar beriman maka janganlah kamu kembalikan mereka kepada (suami-suami mereka) orang-orang kafir. Mereka tiada halal bagi orang-orang kafir itu dan orang-orang kafir itu tiada halal pula bagi mereka…". (Q.S. al Mumtahanah :10)

Berdasarkan ayat ini dan dalil-dalil yang lain, para ulama menyepakati (ijma') keharaman pernikahan antara seorang perempuan muslim dengan laki-laki kafir, baik musyrik maupun Ahli Kitab. Orang yang menghalalkan model pernikahan semacam ini berarti telah mendustakan al Qur'an dan telah keluar dari Islam.

Wallahu A'lamu Bis Showaab
Mujawwib: Ismidar Abdurrahman as_Sanusi
Link Diskusi:

https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1449620115085969/

Komentari

Lebih baru Lebih lama