Pertanyaan:
Assalamualaikum, punten ka para kiyayi, ustad dan ustadah
Mohon dibantu utuk menjawab.
pas sholat jum'at , disitu si chotib sudah naik mimbar dan membaca chutbah terus datang seseorang kemasjid pas waktu keadaan lagi chutbah.
Pertanyaanya apa yang dilakukan seseorang tersebut yg datang pas chutbah apakah sholat sunah atau diam duduk?
Mohon dibantu jawabannya dan ibarotnya🙏🙏
[Wong Kang Do'if]
Jawaban:
Walaikumsalam
Ketika sampai di masjid pada hari Jum'at dan khithib sudah naik mimbar atau sudah membacakan Khutbah maka sunah baginya melakukan shalat sunah tahiyyatul masjid dan meringankan shalat tersebut yakni tidak panjang namun tetap memperhatikan sunah shalat seperti membaca ayat sesudah fatihah dan makruh hukumnya tidak melakukan shalat tahiyyatul masjid dan nekat duduk. Ini semua kalau khutbah yang dibacakan khothib masih pada permulaan atau pertengahan, tetapi kalau sudah akhir dan kuat sangkaannya bila dia melakukan shalat sunah tahiyyatul masjid ia akan ketinggalan takbiratul ihram bersama imam maka jangan melakukan shalat sunah tahiyyatul masjid, tapi tetap berdiri dan tidak duduk sampai jamaah dan imam berdiri melakukan shalat. Ini hukum yang ditetapkan dalam Madzhab Syafi'i. Ulama Madzhab Syafi'i berhujjah dengan hadits:
إذا جاء احدكم والامام يخطب فليصل ركعتين
"Apabila salah seorang diantara kalian datang (ke masjid) dan imam sedang berkhutbah maka shalatlah dua rakaat" (HR. Bukhari dan Muslim) dan berhujjah pula dengan hadits umum yang menganjurkan melakukan shalat tahiyyatul masjid ketika masuk masjid.
وَأَمَّا إذَا دَخَلَ دَاخِلٌ وَالْإِمَامُ جَالِسٌ عَلَى الْمِنْبَرِ أَوْ فِي أَثْنَاءِ الْخُطْبَةِ فَيُسْتَحَبُّ لَهُ أَنْ يُصَلِّيَ تَحِيَّةَ الْمَسْجِدِ رَكْعَتَيْنِ وَيُخَفِّفَهُمَا وَيُكْرَهُ تَرْكُهُمَا لِلْحَدِيثِ الصَّحِيحِ " إذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يصلي رَكْعَتَيْنِ " وَإِنْ دَخَلَ وَالْإِمَامُ فِي آخِرِ الْخُطْبَةِ وَغَلَبَ عَلَى ظَنِّهِ أَنَّهُ إنْ صَلَّى التَّحِيَّةَ فَاتَهُ تَكْبِيرَةُ الْإِحْرَامِ مَعَ الْإِمَامِ لَمْ يُصَلِّ التَّحِيَّةَ بَلْ يَقِفُ حَتَّى تُقَامَ الصَّلَاةُ وَلَا يَقْعُدُ لِئَلَّا يَكُونَ جَالِسًا فِي الْمَسْجِدِ قَبْلَ التَّحِيَّةِ وَإِنْ أَمْكَنَهُ الصَّلَاةُ وَإِدْرَاكُ تَكْبِيرَةِ الْإِحْرَامِ صَلَّى التَّحِيَّةَ هَكَذَا فَصَّلَهُ الْمُحَقِّقُونَ مِنْهُمْ صَاحِبُ الشَّامِلِ وَأَطْلَقَ الْبَغَوِيّ وَجَمَاعَةٌ كَمَا أَطْلَقَ الْمُصَنِّفُ وَإِطْلَاقُهُمْ مَحْمُولٌ عَلَى التَّفْصِيلِ الْمَذْكُورِ قَالَ صَاحِبُ الْعُدَّةِ يُسْتَحَبُّ لِلْإِمَامِ أَنْ يَزِيدَ فِي الْخُطْبَةِ قَدْرًا يُمْكِنُهُ أَنْ يَأْتِيَ بِالرَّكْعَتَيْنِ فِيهِ وَهَذَا مُوَافِقٌ لِنَصِّ الْإِمَامِ الشَّافِعِيِّ فَإِنَّهُ قَالَ فِي الْأُمِّ إذَا دَخَلَ وَالْإِمَامُ فِي آخِرِ الْكَلَامِ وَلَا يُمْكِنُهُ صَلَاةُ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ قَبْلَ دُخُولِ الْإِمَامِ فِي الصَّلَاةِ فَلَا عَلَيْهِ أَنْ يُصَلِّيَهُمَا وَأَرَى الْإِمَامَ أَنْ يَأْمُرَهُ بِصَلَاتِهِمَا وَيَزِيدَ فِي كَلَامِهِ مَا يُمْكِنُهُ إكْمَالُهُمَا فِيهِ فَإِنْ لَمْ يفعل كرهت ذلك له ولا شئ عَلَيْهِ هَذَا نَصُّهُ وَأَطْبَقَ الْأَصْحَابُ عَلَيْهِ
“Adapun apabila masuk masjid dan imam tengah duduk di atas mimbar atau sedang berkhutbah maka dianjurkan shalat tahiyyatul masjid dua rakaat dan meringankannya dan makruh meninggalkannya berdasarkan hadits "Apabila salah seorang diantara kalian masuk masjid maka janganlah duduk sampai shalat dua rakaat". Sedangkan apabila masuk masjid dan imam berada pada akhir Khutbah dan berat dugaannya apabila ia shalat tahiyyat ia akan ketinggalan takbiratul ihram bersama imam usah shalat tahiyyat tetapi berdiri sampai berdiri untuk shalat dan jangan duduk untuk menjadikan duduk sebelum tahiyyat, bila memungkinkan shalat dan mendapati takbiratul ihram lakukan shalat tahiyyat, yang demikian ini diungkapkan Ulama Ahli Tahqiq; Sebagian mereka ialah pengarang kitab As Syaamil, yang diitlaqkan Baghowi dan segolongan Ulama sebagaimana diitlaqkan pengarang dsn mereka Memutlakkannya atas rincian tersebut.
Pengarang kitab Al 'Uddah Berkata: Dianjurkan bagi imam agar menambah Khutbah seukuran memungkinkan orang yang baru datang itu melakukan shalat dua rakaat, ini sesuai dengan nas Imam Syafi'i, beliau berkata dalam kitab Al Umm: Apabila seseorang masuk masjid dan imam berada pada akhir perkataannya (dalam Khutbah) dan dia tidak memungkinkan shalat dua rakaat dengan ringan sebelum imam masuk (memulai) shalat maka janganlah ia shalat dua rakaat itu dan aku memandang agar imam memerintahkan ia shalat dan menambah pembicaraannya yang memungkinkan bagi dia menyempurnakan shalat itu, maka jika tidak melakukannya aku memakruhkannya dan tidak ada Sesuatu pun selainnya, inilah nas beliau dan disepakati pengikutnya”
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab IV/551]
Walllahu A'lamu Bis Showaab
>>wa'alakumusalam
ikut nyimak
( ومن دخل )
لصلاة الجمعة(والامام)يقرأ(فى الخطبة) الأولى اوالثا نية أو وهو جالس بينهما(صلى ركعتين خفيفتين ثم يجلس)
لخبرمسلم جاء سليك الغطفانى يوم الجمعة والنبى صلى الله عليه وسلم يخطب فجلس فقال له يا سليك قم فاركع ركعتين وتجوزفيهما ثم قال اذا جاء أحدكم يوم الجمعة والامام يخطب فليركع ركعتين وليتجوز فيهما
والله اعلم..
الاقناع
١٥٩ - ١٦٠
ج ١.
[Ismidar Abdurrahman As-Sanusi & Agus Songo songo]
Link Diskusi: