Pertanyaan:
Assalamualaikum.
Ijin tanya adab buang air kecil dan buang air besar.. Bagaimana menurut fiqih?
Terimakasih Sblmnya
[Seluman Selumun Selamet]
Jawaban:
Walaikumussalam
ADAB BUANG HAJAT
ومن آداب قاضي الحاجة أن يقدم يسراه في دخول محل قضاء الحاجة ويمناه في الخروج منه ولو بوضع إبريق مثلا وأن يعتمد يساره في الجلوس لقضاء الحاجة وأن يبعد عن الناس بحيث لا يسمع للخارج منه صوت ولا يشم له ريح ولا يبول في ماء راكد ولا في مهب ريح ولا في طريق الناس ولا في مواضع جلوسهم ولا تحت الشجرة المثمرة ولا في الثقب ولا في مكان صلب وأن لا يكون قائما وأن لا ينظر إلى فرجه ولا إلى الخارج منه ولا يعبث بيده ولا يلتفت يمينا ولا شمالا ولا يستقبل الشمس ولا القمر ولا صخرة بيت المقدس ولا يدخل الخلاء حافيا ولا مكشوف الرأس ولا يتكلم ولا يستنجي بالماء في محل قضاء الحاجة بل ينتقل منه إلا في المكان المعد لقضاء الحاجة فلا ينتقل منه ويستبرىء من البول بحسب عادته فإن عادة الإنسان تختلف وإذا صارت عادة الشخص أنه لا ينقطع بوله إلا بالاستبراء وجب ذلك في حقه ويقول كل من دخل الخلاء ( باسم الله اللهم إنى أعوذ بك من الخبث والخبائث ) وإذا خرج قاضي الحاجة يقول ( غفرانك الحمد لله الذي أذهب عني الأذى وعافاني ) ويجب الاستتار عن عين من يحرم نظره ويجب ترك استقبال القبلة واستدبارها حال قضاء الحاجة في غير المعد لذلك ويكره أن يبول في الماء الجاري ليلا وفي الماء الراكد مطلقا ومحل الكراهة إن كان الماء مباحا أو مملوكا له فإن كان الماء مسبلا أو مملوكا لغيره حرم البول فيه إلا بإذن المالك وأن يبول في محل اغتساله فإنه يقع في الوسواس ويحرم قضاء الحاجة على القبر وفي المسجد ولو في إناء تنبيه لو كان مستنجيا بالأحجار حرم عليه الجماع قبل غسل الذكر وإن لم يجد الماء نعم إن خاف الزنا كان عذرا ولو كان فرج المرأة متنجسا أو كانت مستنجية بالأحجار حرم عليها تمكين الحليل قبل تطهيره ولا تعد بعدم التمكين ناشزة
• Mendahulukan kaki kiri saat memasuki kamar kecil dan kaki kanan saat keluar
• Menjadikan kaki kiri sebagai penyangga utama saat duduk dalam membuang hajat
• Menjauhkan diri dari orang lain sekira tiada mendengar dan mencium aroma kotoran yang ia keluarkan
• Janganlah kencing di air tenang
• Janganlah kencing searah dengan bertiupnya angin
• Janganlah kencing dijalanan yang biasa dilalui manusia
• Janganlah kencing ditempat yang biasa dijadikan tempat orang
• Janganlah kencing dibawah pohon yang sedang berbuah
• Janganlah kencing dilobang tanah
• Janganlah kencing ditempat/tanah yang keras
• Janganlah kencing dengan berdiri
• Janganlah melihat kemaluan saat membuang kotoran
• Janganlah melihat kotoran yang ia keluarkan
• Janganlah mempermainkan tangannya
• Janganlah menoleh kekanan dan kekiri
• Janganlah menghadap matahari atau rembulan ataupun searah Baitul Maqdis
• Janganlah memasuki kamar kecil dengan tanpa alas kaki
• Janganlah memasuki kamar kecil tanpa penutup kepala
• Janganlah berbicara
• Janganlah cebok dengan air yang ada ditempat ia buang kotoran tetapi pindahlah ke tempat lainnya kecuali ditempat yang memang disediakan khusus untuk membuang kotoran maka tidak perlu ia pindah tempat
• Tuntaskan sedapat mungkin air seni yang hendak ia keluarkan dengan cara yang biasa ia lakukan
• Saat memasuki kamar kecil bacalah “BISMILLAAHI ALLAAHUMMA INNI A’UUDZUUBIKA MINAL KHUBUTSI WAL KHOBAA-ITSI”
• Saat keluar dari kamar kecil bacalah doa “GHUFROONAK, ALHAMDULILLAAHIL LADZII ADZHABA ‘ANNIL ADZAA WA ‘AAFAANII”
• Wajib membuat penutup diri agar tidak terlihat oleh pandangan orang lain
• Wajib untuk tidak menghadap kiblat atau membelakanginya saat membuang hajat kecuali ia berada ditempat yang memang disediakan khusus untuk membuang kotoran.
[Nihaayah az Zain Halaman 17-18, Al Maktabah As-Syamilah]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
========
Pertanyaan susulan:
> poin terakhir, apakah berlaku juga utk tempat tertutup?
> tergantung; artinya menghadap kiblat dan membelakanginya ketika buang hajat ada rincian:
• Apabila ditempat khusus yang disediakan untuk buang hajat tidak haram dan tidak makruh menghadap dan membelangi kiblat walaupun tempat itu tidak ada penutup sama sekali.
• Apabila ditempat yang tidak khusus disediakan untuk buang hajat makruh menghadap dan membelangi kiblat yang ada penutup, sedangkan bila tidak ada penutup maka haram.
Jadi, masalah menghadap dan membelangi kiblat saat buang hajat itu ada tiga macam yaitu makruh, haram dan tempat khusus atau bukan.
Wallahu A'lamu Bis Showaab
قوله: ولا يستقبل عين القبلة ولا يستدبرها) أي ويندب عدم استقباله عين القبلة وعدم استدبارها.
فإن استقبلها أو استدبرها كره ذلك، أي إن كان في غير معد وكان هناك ساتر، فإن لم يكن ساتر حرم، كما نص عليه الشارح.
فإن كان في معد فلا حرمة ولا كراهة وإن لم يكن هناك ساتر.
والحاصل لهما ثلاثة أحوال: الكراهة، والحرمة، وعدمهما.
[البكري الدمياطي، إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، ١٣١/١]
> kalau fungsi alas kaki sama tutup kepala buat apa
> 1. Alasan dianjurkan memakai alas kaki saat memasuki tempat buang hajat karena tempat itu umumnya kotor maka dianjurkan memakai alas kaki.
2. Alasan dianjurkan memakai penutup kepala saat buang hajat karena merasa malu kepada Allah berdasarkan perkataan Abu Bakar Ash-Shiddiq sahabat Rasulullah "Wahai kaum muslimin, malulah kalian kepada Allah. Demi Zat yang jiwaku berada di tanganNya, ketika saya hendak buang air di luar, saya tutupi kepalaku karena malu kepada Rabku". Salah seorang guru ku pernah mengatakan tidak menutup kepala saat buang hajat membuat ilmu yang terserap pada dada jadi lupa, namun perkataan Guru ku ini belum saya temukan nasnya dalam kitab mu'tabar, tapi secara pengamalan saya sudah membuktikan ternyata benar. Justru itu saya rubah kalau buang hajat selalu menutup kepala meskipun hanya dengan selembar daun untuk menutupi ubun-ubun bila daunnya kecil.
حاشيىة البجيرمي على الخطيب ج ١ ص ١٩٦
وَيَنْبَغِي إلْحَاقُ الْمَحَلَّاتِ الْمُسْتَقْذَرَةِ بِمَحَلِّ قَضَاءِ الْحَاجَةِ فِي اسْتِحْبَابِ تَنْحِيَةِ مَا ذُكِرَ كَالصَّاغَةِ وَمَحَلِّ الْمَكْسِ وَنَحْوِهَا؛ لِجَرَيَانِ الْعِلَّةِ فِيهَا وَهِيَ صَوْنُهُ عَنْ الْمَحَلَّاتِ الْقَذِرَةِ، فَلَوْ دَخَلَ بِهِ وَلَوْ عَمْدًا غَيَّبَهُ نَدْبًا بِنَحْوِ ضَمَّ كَفِّهِ عَلَيْهِ
مصنف ابن أبي شيبة ج ١ ص ١٠٠
1127 - حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُبَارَكِ، عَنْ يُونُسَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ قَالَ: أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ، عَنْ أَبِيهِ أَنَّ أَبَا بَكْرٍ الصِّدِّيقَ قَالَ وَهُوَ يَخْطُبُ النَّاسَ: «يَا مَعْشَرَ الْمُسْلِمِينَ، اسْتَحْيُوا مِنَ اللَّهِ، فَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنِّي لَأَظَلُّ حِينَ أَذْهَبُ إِلَى الْغَائِطِ فِي الْفَضَاءِ مُغَطِّيًّا رَأْسِي اسْتِحْيَاءً مِنْ رَبِّي»
Dijawab oleh Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Link Diskusi: