Sumber gambar: faktualnews.co
Pertanyaan:
Assalaamualaikum..
Permisi...
Ijin tanya.. Masih bulan syawal.. Puasa syawal yg katanya 6 hr.. Itu harus sambung.. Atau boleh putus2/ dawud?
Kalo puasa sunah tentunya boleh niat disiang hari.
Terimakasih.. Sblmnya
[Seluman Selumun Selamet]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam
Menurut Madzhab Syafi'i puasa enam hari di bulan Syawal sunah secara berurutan tapi jika seandainya dipisah atau selang-seling atau dilakukan akhir bulan boleh juga dan mendapatkan Fadhilah keutamaannya.
قَالَ أَصْحَابُنَا وَالْأَفْضَلُ أَنْ تُصَامَ السِّتَّةُ مُتَوَالِيَةً عَقِبَ يَوْمِ الْفِطْرِ فَإِنْ فَرَّقَهَا أَوْ أَخَّرَهَا عَنْ أَوَائِلِ شَوَّالٍ إِلَى أَوَاخِرِهِ حَصَلَتْ فَضِيلَةُ الْمُتَابَعَةِ لِأَنَّهُ يَصْدُقُ أَنَّهُ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ
“Ulama Syafi'iyah berkata: Yang lebih utama menjalaninya berurutan secara terus-menerus (mulai hari kedua syawal) namun andaikan dilakukan dengan dipisah-pisah atau dilakukan diakhir bulan syawal pun juga masih mendapatkan keutamaan sebagaimana hadits diatas.
[Syarh an Nawawi Ala Muslim VIII/56]
أَمَّا) حُكْمُ الْمَسْأَلَةِ فَقَالَ أَصْحَابُنَا يُسْتَحَبُّ صَوْمُ سِتَّةِ أَيَّامٍ مِنْ شَوَّالٍ لِهَذَا الْحَدِيثِ قَالُوا وَيُسْتَحَبُّ ان يصومها متتايعة فِي أَوَّلِ شَوَّالٍ فَإِنْ فَرَّقَهَا أَوْ أَخَّرَهَا عن أول شَوَّالٍ جَازَ وَكَانَ فَاعِلًا لِأَصْلِ هَذِهِ السُّنَّةِ لِعُمُومِ الْحَدِيثِ وَإِطْلَاقِهِ وَهَذَا لَا خِلَافَ فِيهِ عِنْدَنَا وَبِهِ قَالَ أَحْمَدُ وداود
“Adapun hukum permasalahan (yang dibicarakan pengarang) maka berkata Pengikut Syafi'i: Sunah puasa enam hari di bulan Syawal berdasarkan hadits ini, mereka mengatakan bahwa berpuasanya dengan berurutan pada awal Syawal (setelah hari raya Ied), namun andaikan dipisah-pisah atau dilahirkan di akhir bulan Syawal boleh dan ada asal dari sunah berdasarkan keumuman hadits yang memutlakkannya, hal ini tidak ada perbedaan pendapat dikalangan kami, berpendapat pula Ahmad dan Daud”.
[Al Majmuu' Syarh al Muhadzdzab VI/379]
قَوْلُهُ وَتَتَابُعُهَا عَقِبَ الْعِيدِ أَفْضَلُ) أَيْ: تَحْصُلُ السُّنَّةُ بِصَوْمِهَا مُتَفَرِّقَةً وَلَكِنْ تَتَابُعُهَا وَاتِّصَالُهَا بِيَوْمِ الْعِيدِ أَفْضَلُ نِهَايَةٌ (قَوْلُهُ
“(Keterangan Pengarang "Dan menjalaninya berurutan setelah hari raya lebih utama") artinya: Memperoleh sunah dengan berpuasanya dipisah-pisah, akan tetapi menjalaninya berurutan dan menyambungnya dengan hari Ied lebih utama, demikian keterangan (Imam Romli, dalam kitab) Nihaayah”
[Tuhfah al Muhtaaj Wa Hawaasyi as Syarwani III/457]
قوله: واتصالها بيوم العيد أفضل) أي من عدم اتصالها به، ولكن يحصل أصل السنة بصومها غير متصلة به كما يحصل بصومها غير متتابعة، بل متفرقة في جميع الشهر.
“(Keterangan Pengarang "Dan menyambungnya dengan hari Ied lebih utama") artinya: Daripada tidak menyambungnya, akan tetapi memperoleh asal kesunahan berpuasanya tanpa bersambung sebagaimana diperoleh berpuasanya tanpa berurutan bahkan dipisah-pisah pada sepanjang bulan"
[I'aanah at Thoolibiin II/304]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: