1408. FIQIH NIKAH : AKAD NIKAH TANPA LAFADZ TAZWIJ DAN ANKAH TIDAK SAH?



Pertanyaan:
Gmn tadz sighot akad yg benar?Apa harus dg kata انكحتك وزوجتك
[Abine Muhammad Robith]

Jawaban:
Betul sekali saudaraku bahwa akad nikah tidak sah kecuali menggunakan shighot زَوَّجْتُكَ/إَنْكَحْتُكَ (Tazwij dan Nikah) dan terjemah dari dua lafadz tersebut. Berdasarkan sabda Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam:

اتَّقُوا اللَّهَ فِي النِّسَاءِ فَإِنَّكُمْ أَخَذْتُمُوهُنَّ بِأَمَانَةِ اللَّهِ وَاسْتَحْلَلْتُمْ فُرُوجَهُنَّ بِكَلِمَةِ اللَّهِ
"Bertaqwalah kalian kepada Allah terkait tentang para wanita sebab kalian mengambilnya dengan amanah Allah dan menghalalkan farjinya dengan kalimat Allah". (HR. Muslim)

Berdasarkan hal tersebut diatas maka tidak sah akad nikah dengan shighot hibah, Tamlik (kepemilikan), dll. Juga disebabkan karena hanya dua shighot tersebut yang disebutkan dalam Al-Qur'an untuk menghalalkan farjinya perempuan yaitu seperti kata Nikah disebutkan dalam surat An-nisa ayat 3 dan kata Kawin pada surat Al-Ahzab Ayat 37. Tidak ada dalam Al Qur'an untuk menghalalkan farjinya perempuan selain dua shighot tersebut. Dan juga nikah merupakan ibadah karenanya tidak sah dengan lafadz Ibaahah (Kebolehan), Tamlik (Kepemilikan) dan Hibah (Pemberian). Sedangkan Ayat dalam Surat Al-Ahzab Ayat 50 yang menyebutkan bahwa Allah menggunakan lafadz hibah untuk pernikahan itu khusus bagi Baginda Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dengan dalil ayat dalam surat Al-Ahzab Ayat 5. Sedangkan Hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari tentang Nabi menikahkan seorang laki-laki dengan seorang perempuan dengan lafadz Tamlik, menurut sebagian pendapat Kesalahan pada perawinya dengan dalil bahwa riwayat jumhur menggunakan shighot Tazwij; Terkait ini Imam Al Baihaqi mengatakan bahwa Riwayat Al Jama'ah lebih utama dari yang Satu orang. Adapun menurut sebagian pendapat Nabi mengkompromikan dua lafadz tersebut.

Alhasil, akad nikah tidak sah kecuali menggunakan shighot Tazwij (Kawin) Ankah (Nikah) dan terjemah kedua lafadz tersebut.

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Ibarot :

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ٣١٧/٣
وشرط فيها) أي الصيغة (إيجاب من الولي) وهو (كزوجتك أو أنكحتك) موليتي فلانة، فلا يصح الايجاب إلا بأحد هذين اللفظين، لخبر مسلم: إتقوا الله في النساء فإنكم أخذتموهن بأمانة الله، واستحللتم فروجهن بكلمة الله وهي ما ورد في كتابه، ولم يرد فيه غيرهما.
....(قوله: فلا يصح الخ) قد عرفت أنه لا يظهر التفريع إلا لو حذف الكاف الداخلة على زوجتك، وإن كان يمكن أن يقال إنها استقصائية.
وقوله إلا بأحد هذين اللفظين: هو زوجتك، أو أنكحتك (قوله: لخبر مسلم الخ) دليل الحصر، ومحطة قوله بكلمة الله (قوله: بأمانة الله) أي بجعلهن تحت أيديكم كالأمانات الشرعية.
اه.
ع ش.
قال البجيرمي: ويصح أن يراد بالأمانة الشرعية، أي شريعة الله، ويكون قوله واستحللتم إلخ من عطف الخاص على العام.
اه.
(قوله: وهي) أي كلمة الله، وهذا ليس من الحديث.
وقوله ما ورد في كتابه: أي من قوله تعالى: * (فانكحوا ما طاب لكم من النساء) * (1) وقوله تعالى: * (فلما قضى زيد منها وطرا زوجناكها) * (2) (قوله: ولم يرد فيه) أي في كتاب الله.
وقوله غيرهما: أي غير هذين اللفظين، وهما التزويج والإنكاح، والقياس ممتنع.
لأن في النكاح ضربا من التعبد، فلا يصح بنحو لفظ إباحة وتمليك وهبة.
أما جعله تعالى النكاح بلفظ الهبة في قوله تعالى: * (وامرأة مؤمنة إن وهبت نفسها للنبي) * (3) الآية.
فهو خصوصية له - صلى الله عليه وسلم - لقوله تعالى: * (خالصة لك من دون المؤمنين) * (4) قال في شرح الروض: وما في البخاري من أنه - صلى الله عليه وسلم - زوج امرأة فقال: ملكتكها بما معك من القرآن فقيل وهم من الراوي بدليل رواية الجمهور زوجتكها.
قال البيهقي: والجماعة أولى بالحفظ من الواحد.
وقيل إنه - صلى الله عليه وسلم - جمع بين اللفظين.
اه.
بتصرف ولا يرد ما سيأتي من صحة النكاح بالترجمة لوجود معنى الوارد فيها
_______
(1) سورة النساء، الاية: 3.
(2) سورة الاحزاب، الاية: 37.
(3) سورة الاحزاب، الاية: 50.
(4) سورة الاحزاب، الاية: 5

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama