Pertanyaan:
maaf mau nanya bila seseorang ngundang acara pernikahan sedangkan saya tidak datang ke acara melainkan saya mewakilkannya ke istri
pertanyaannya gimana hukum mewakilkannya sedangkan memenuhi undangn wajib ain? sertakan ibaroh nya
trimakasih
[M Arifin]
Jawaban:
Sebagaimana diketahui bahwa memenuhi undangan pesta pernikahan hukumnya wajib melainkan karena udzur yang dilegalkan syariat. Kewajiban tersebut termasuk wajib A'in yang tidak gugur dilakukan orang lain. Kemudian Masalah mewakilkan memenuhi undangan tidak diperbolehkan dan tidak menggugurkan kewajiban mendatangi bahkan orang yang diwakilkan kalau dia makan hidangan berhukum haram bila diketahui sang pengundang tidak Ridha bahkan wajib mengganti makanan itu atau uang Seukuran makanan yang dimakannya Kecuali si pengundang memberi kebebasan padanya.
Dengan demikian, memenuhi undangan walimah pernikahan tidak bisa diwakilkan meskipun keluarga sendiri tapi harus yang diundang pergi, bahkan bila diketahui yang datang wakil yang diundang dan dia tidak Ridha maka jika dia makan hidangan tersebut berhukum haram dan wajib mengganti Kecuali dibebaskan pengundang, tapi kalau si pengundang Ridha Tentu tidak haram dan tidak ada keharusan mengganti. Sebab memenuhi undangan merupakan hak pribadi tidak bisa digantikan orang lain. Lain halnya kalau ada udzur maka gugur kewajiban menghadirinya. Wallahu A'lam
قرة العين بفتاوى إسماعيل الزين الصحفة ١٤٧
فقد ورد عليّ سؤال من بعض الطلبة الإندوسيّين نصه هل يجوز التوكيل في إجابة الوليمة عرسا كان أوغيره معذورا كان المدعو أو لا هل يجوز ذلك التزكيل أم لا..؟
فأقول مستمدا من الله العون والتوفيق لإصابة الصواب وتوضيح الجواب ، اعلم أيها السائل أن إجابة الوليمة فرض عين إن كانت عرسا وسنة عين إن كانت غير ذلك وإنما تجب الإجابة أو تندب إذا لم يكن عذر فإن كان هناك عذر سقط الوجوب في وليمة العرس وانتفى الندب في غيرها وحيث علم أنها فرض عين أو سنة عين فلا تقبل النيابة أصلا لوجوه كثيرة منها أن كل ما سقط بالعذر لا يقبل النيابة ومنها أن المقصود مجرد الحضور لا العقل بدليل أن الصائم إذا دعي يجب عليه الحضور وإن لم يأكل لكونه صائما ولو كان التوكيل جائزا لكان الصائم يوكل غيره في الحضور بدله لإذا علم ذلك فالتوكيل في حضور الوليمة غير صحيح وغير كاف وغير مسقط للإثم عن المدعو في وليمة العرس إن لم يكن معذورا وإن كان معذورا فلا حاجة إلى التوكيل لسقوط الطلب بالعذر.
وحينئذ من يحضر الوليمة باسم انه وكيل لا يخلو من احد امرين : إما ان يرضى صاحب الدعوة بحضوره فيكون مدعوا استقلالا أصيلا غير وكيل؛ وإما ان لا يرضى بحضوره مستقلا فيكون طفيليا عاصي بحضوره بغير اذن شرعي صحيح. واذا اكل من طعم الوليمة كان اكله حراما مضمونا عليه بمثله أو قيمته إلا أن يبرئه صاحب الدعوة.
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Link Diskusi: