Pertanyaan:
Assalamualaikum
Mau tanya ke pd para ustad
Bgaimna jika jadi imam solat salah berniat lalu ingat di pertengahan solat.
Misal pd solat zuhur tdk sengaja niat asar lalu ingat ketika baca fatihah
Apakah imam wajib membatalkan solat ?? Atau boleh merubah niat di tengah solat menjadi solat zuhur ?
Mksh banyak buat semuAnya
[>>>><<<<]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Bukan wajib membatalkan shalat lagi tapi shalat imam batal; kasus ini sebagaimana seseorang ragu apakah dia berniat Dzuhur atau ashar maka apa yang dipertanyakan itu maka bila kesalahan itu atau keraguan itu terjadi sebelum melakukan rukun lain sesudah rukun niat maka shalatnya tidak batal, tapi apabila sudah melakukan rukun lain misalnya sudah mulai baca Fatihah baru sadar salah niat maka batal shalatnya.
Kemudian pertanyaan kedua, apakah boleh dirubah niatnya? Tidak boleh karena merubah niat seperti merubah niat shalat Dzuhur jadi Ashar dan sebagainya tidak boleh dan batal shalatnya bila mengetahui keharamannya.
Solusi:
Bila salah niat dan pas ingat ketika baca Fatihah seperti pertanyaan maka shalatnya batal, merubahnya tidak boleh dan menyebabkan membatalkan shalat. Solusinya keluar dari shalat dan minta makmum di belakang menggantinya. Wallahu A'lam
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Ibarot :
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ج ١ ص ١٥٣
قوله: ولو شك إلخ) سيصرح بهذه المسألة في باب مبطلات الصلاة.
وقوله: هل أتى بكمال النية أي بتمامها.
أي شك هل كمل النية؟ أي أتى بجميع أجزائها من القصد والتعيين ونية الفرضية؟ أم لا؟ ومثله ما لو شك في أصل النية، هل أتى بها أم لا؟ (قوله: أو هل نوى ظهرا أو عصرا) أي أو شك هل نوى ذلك أم لا؟ وفيه أن الشك فيما ذكر مما يندرج تحت الشك في كمال النية، فلا حاجة إليه.
إلا أن يقال إنه من ذكر الخاص بعد العام.
(قوله: فإن ذكر) أي تذكر.
وهو جواب لو.
وقوله: بعد طول زمان أي عرفا.
قال ع ش: وطوله بأن يسع ركنا، وقصره بأن لا يسعه.
كأن خطر له خاطر وزال سريعا.
اه.
(قوله: أو بعد إتيانه بركن) أي أو ذكر بعد ذلك.
وقوله: ولو قوليا أي لا فرق في الركن بين أن يكون فعليا كالاعتدال، أو قوليا كالفاتحة.
وبعض الركن القولي ككله إن طال زمن الشك، كما سيصرح به هناك أيضا.
(قوله: أو قبلهما فلا) أي أو ذكر قبل طول الزمن أو إتيانه بركن، فلا تبطل صلاته.
الاقناع في حل ألفاظ أبي شجاع ج ١ ص ١٥١
(و) السَّادِس (تَغْيِير النِّيَّة) إِلَى غير الْمَنوِي فَلَو قلب صلَاته الَّتِي هُوَ فِيهَا صَلَاة أُخْرَى عَالما عَامِدًا بطلت صلَاته وَلَو عقب النِّيَّة بِلَفْظ إِن شَاءَ الله أَو نَوَاهَا وَقصد بذلك التَّبَرُّك أَو أَن الْفِعْل وَاقع بِالْمَشِيئَةِ لم يضر أَو التَّعْلِيق أَو طلق لم تصح صلَاته للمنافاة وَلَو قلب فرضا نفلا مُطلقًا ليدرك جمَاعَة مَشْرُوعَة وَهُوَ مُنْفَرد وَلم يعين فَسلم من رَكْعَتَيْنِ ليدركها صَحَّ ذَلِك
أما لَو قَلبهَا نفلا معينا كركعتي الضُّحَى فَلَا تصح صلَاته لافتقاره إِلَى التَّعْيِين أما إِذا لم تشرع الْجَمَاعَة كَمَا لَو كَانَ يُصَلِّي الظّهْر فَوجدَ من يُصَلِّي الْعَصْر فَلَا يجوز الْقطع كَمَا ذكره فِي الْمَجْمُوع
Link Diskusi: