1526. HUKUM MEMANJANGKAN TASYAHUD AWAL



Pertanyaan:
Assalamualaikum ustaz/ustazah mau nanya.
Bagaimana hukum orang yg salat, ketika membaca tahiyat awal dia lupa, bacaanya sampai tahiyat ahir?
[Suheri Arriansyah]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Memanjangkan bacaan Tasyahud awal sebagaimana diketahui yaitu sampai sholawat Nabi hukumnya makruh, Yakni sampai lebih dari sholawat, membaca sholawat Ibrahimiyyah dan doa sesudahnya. Meskipun makruh shalat tidak batal, baik memanjangkannya dengan sengaja atau tanpa sengaja. Kemakruhan memanjangkan Tasyahud awal ini menurut keterangan Syeikh Nawawi al-Bantani dalam kitab Kaasyifah selain makmum. Mafhum keterangan beliau adalah bila dilakukan makmum tidak makruh. Keterangan beliau ini sekaligus ditegaskan oleh Syekh Zainuddin Al Malibariy, Yakni bila si makmum selesai dahulu membaca Tasyahud awal maka ia membaca doa setelah Tasyahud awal.

كاشفة السجا في شرح سفينة النجا صحـ ٧٨ المكتبة الحرمين
ورابع عشرها إطالة التشهد الأول في غير المأموم بحيث زاده ولو بالصلاة على الآل أو 
الدعاء أما إذا لم يزده فلا كراهة
“(Kemakruhan shalat yang ke):
14. Memperpanjang bacaan tasyahud awal bagi selain makmum, sekiranya musholli (orang yang shalat) membaca bacaan yang melebihi dari bacaan tasyahud awal, meskipun bacaan lebihnya itu adalah bersholawat atas keluarga Nabi atau bacaan doa. Adapun apabila bacaan lebih tersebut tidak sampai melebihi bacaan tasyahud awal maka tidak dimakruhkan”
[Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa Halaman 78]

روضة الطالبين وعمدة المفتين للنووي الجزء الاول صحـ ٢٦٦ المكتبة الشاملة
قُلْتُ: إِطَالَةُ التَّشَهُّدِ الْأَوَّلِ مَكْرُوهَةٌ كَمَا ذُكِرَ. فَلَوْ طَوَّلَهُ لَمْ تَبْطُلْ صَلَاتُهُ وَلَمْ يَسْجُدْ لِلسَّهْوِ، سَوَاءٌ طَوَّلَهُ عَمْدًا أَمْ سَهْوًا. وَاللَّهُ أَعْلَمُ.
“Aku Katakan: Memanjangkan Tasyahud awal Makruh sebagaimana disebutkan. Seandainya seseorang memanjangkannya tidak membatalkan shalatnya dan tidak disyariatkan sujud sahwi, baik ia memanjangkannya dengan sengaja maupun karena teledor, Wallahu A'lam”
[Roudhoh at Thoolibiin I/266]

أسنى المطالب في شرح روض الطالب للشيخ الإسلام زكريا الأنصاري الجزء الاول صحـ ١٦٦ المكتبة الشاملة
(وَ) يُكْرَهُ (أَنْ يُزَادَ فِي) التَّشَهُّدِ (الْأَوَّلِ عَلَى الصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -) لِبِنَائِهِ عَلَى التَّخْفِيفِ (فَإِنْ طَوَّلَهُ لَمْ تَبْطُلْ) صَلَاتُهُ (وَلَمْ يَسْجُدْ لِلسَّهْوِ) سَوَاءٌ أَطَوَّلَهُ عَمْدًا أُمّ سَهْوًا.
“Dimakruhkan menambah pada Tasyahud awal lebih dari sholawat kepada nabi Shalallahu Alaihi Wasallam dengan alasan meringankan. Karena itu, jika memanjangkannya tidak membatalkan shalatnya dan tidak disyariatkan sujud sahwi, baik memanjangkannya dengan sengaja maupun teledor”
[Asnaa Al Mathoolib I/166]

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين الجزء الاول صحـ ١٧٢-١٧٣ المكتبة نور العلم سورابايا
(و) سن في تشهد أخير (دعاء) بعد ما ذكر كله.
وأما التشهد الاول فيكره فيه الدعاء لبنائه على التخفيف، إلا إن فرغ قبل إمامه فيدعو حينئذ.
(قوله: وأما التشهد الأول) مقابل قوله في التشهد الأخير.
ولو اقتصر على ما مر لقال هنا: أما التشهد الأول فيكره الدعاء بعده، وكان هو الأولى.
قال في التحفة: ويلحق به - أي التشهد الأول - كل تشهد غير محسوب للمأموم، بل هذا داخل في الأول لأن المراد به غير الأخير.
اه.
(قوله: فيدعو حينئذ) أي حين إذ فرغ.
والمناسب لما قبله فلا يكره الدعاء بعده حينئذ.
وتقدم عن سم أنه إذا فرغ قبل إمامه يسن له الإتيانه بالصلاة على الآل وتوابعها، فلا تغفل.
[Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin I/172-173]

Wallahu A'lamu Bis Showaab

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama