1593. HUKUM MEMBACA SURAT YANG SAMA DENGAN YANG DIBACA PADA RAKA'AT PERTAMA

Sumber gambar: Bincang Syariah

Pertanyaan:
Assalamualaikum
Maaf izin bertanya, Bagaimna hukumnya jika imam membaca surah yg sama dlm rakaat yg ke2 dengan rakat pertama apakah mubah atau makruh🙏🏻
[Irfan Kurniawan]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Menurut Mayoritas Ulama termasuk kalangan Syafi'iyah dan selain kalangan Malikiyyah tidak makruh membaca surat yang sama dengan yang ia baca pada raka'at pertama, sebab hal ini bersumber dari hadits Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam yang menyebutkan itu, diantaranya:

عَنْ رَجُلٍ مِنْ جُهَيْنَةَ سَمِعَ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ {إِذَا زُلْزِلَتْ} فِي الرَّكْعَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا، فَلاَ أَدْرِي أَنَسِيَ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمْ قَرَأَ ذَلِكَ عَمْدًا.
Dari seorang laki-laki dari Juhainah telah mendengar Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam membaca pada shalat shubuh "IDZAA ZULZILAT" pada dua raka'at maka Aku tidak tahu Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam lupa atau membacanya dengan sengaja. (HR. Abu Dawud dan beliau tidak berkomentar. Imam Syaukani menyebutkan Rijalnya Shahih)

Berkenaan Hadits tersebut Imam Ibnu Hajar Al Asqolani menyebutkan bahwa perbuatan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam yang melakukan itu dengan sengaja menunjukkan mendapatkan kesunahan mengulang surat yang sama pada 2 raka'at. Juga hadits yang menyebutkan seorang laki-laki shalat bersama manusia lainnya dengan membaca surat Al ikhlas setiap raka'at sebelum membaca surat yang lain karena ia menyukai Surat Al ikhlas bahkan nabi menimpali kecintaannya terhadap ayat itu memasukkannya ke surga.. seandainya perbuatan lelaki itu salah karena membaca surat Al ikhlas setiap raka'at tentu ditegur Nabi, tetapi tidak, bahkan seakan-akan beliau menyanjungi ia. Hadits terakhir ini disebutkan oleh Ibnu Arabiy merupakan dalil boleh mengulang surat pada setiap raka'at.

Adapun menurut Kalangan Malikiyyah mengulangi membaca surat yang dibaca pada raka'at pertama hukumnya makruh. Ini pula pendapat yang disebutkan Syeikh Wahbah Zuhaili dari Jumhur Ulama. Saya tidak tahu pernyataan Jumhur disini Jumhur yang mana, sudah jelas diterangkan menurut mayoritas Ulama malah tidak Makruh kecuali kalangan Malikiyyah. Sedangkan dalam kitab Fiqh Al Ibaadaat Ala Al Madzhab as Syafi'i menyebutkan sunahnya membaca dan surat setelah Al Fatihah agar tidak membacanya yang sama pada raka'at sebelumnya kecuali tidak hafal surat yang lain.

Oleh karena itu, bila hafal surat yang lain sebaiknya bedakan dengan surat yang dibaca pada raka'at pertama disamping menjalankan Sunah, lebih² keluar dari khilaf ulama. Tapi Madzhab Syafi'i dan pendapat yang kuat dari segi dalil sebagaimana disebutkan tidak Makruh dan Itu pula dikuatkan ulama Ahli hadits seperti Imam Ibnu Hajar Al Asqolani. Bahkan Ibnu Arabiy saja pengikut madzhab Maliki condong kepada pendapat yang membolehkan berdasarkan hadits menyebutkan Itu.

Wallahu A'lam

Ibarot :

نهاية الزين صفحة ٦٤
وَلَو كرر سُورَة فِي الرَّكْعَتَيْنِ حصل أصل سنة الْقِرَاءَة وتكفي فواتح السُّور نَحْو الم وص وق ون 

شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم صفحة ٢٢٢
ويحصل أصل السنة بتكرير سورة في الركعتين وبالبسملة لايقصد أنها التي أول الفاتحة.


أحكام القرآن لابن العربي ط العلمية ٤٦٨/٤
[مَسْأَلَة تَكْرَارُ سُورَةٍ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ]
الْمَسْأَلَةُ الثَّالِثَةُ رُوِيَ أَنَّ «رَجُلًا كَانَ يَؤُمُّ قَوْمَهُ، فَيَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِقُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، فَذَكَرَ ذَلِكَ قَوْمُهُ لِلنَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - فَأَرْسَلَ إلَيْهِ فَقَالَ: إنِّي أُحِبُّهَا، فَقَالَ لَهُ: حُبُّك إيَّاهَا أَدْخَلَك الْجَنَّةَ». فَكَانَ هَذَا دَلِيلًا عَلَى أَنَّهُ يَجُوزُ تَكْرَارُ سُورَةٍ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ.

الموسوعة الفقهية الكويتية ٢٨٩/٢٥
تَكْرَارُ السُّورَةِ بَعْدَ الْفَاتِحَةِ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الأُْولَيَيْنِ:
8 - ذَهَبَ الْجُمْهُورُ مِنَ الْحَنَفِيَّةِ وَالشَّافِعِيَّةِ وَالْحَنَابِلَةِ إِلَى أَنَّهُ لاَ بَأْسَ لِلْمُصَلِّي أَنْ يُكَرِّرَ السُّورَةَ مِنَ الْقُرْآنِ الَّتِي قَرَأَهَا فِي الرَّكْعَةِ الأُْولَى، فَعَنْ رَجُلٍ مِنْ جُهَيْنَةَ سَمِعَ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الصُّبْحِ {إِذَا زُلْزِلَتْ} فِي الرَّكْعَتَيْنِ كِلْتَيْهِمَا، فَلاَ وَحَدِيثُ الرَّجُل الَّذِي كَانَ يُصَلِّي بِالنَّاسِ فَكَانَ يَقْرَأُ قَبْل كُل سُورَةٍ {قُل هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ} فَقَال: إِنِّي أُحِبُّهَا. فَقَال لَهُ الرَّسُول صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: حُبُّكَ إِيَّاهَا أَدْخَلَكَ الْجَنَّةَ.
وَذَهَبَ الْمَالِكِيَّةُ إِلَى كَرَاهِيَةِ تَكْرَارِ السُّورَةِ، وَقَال بَعْضُهُمْ: هُوَ خِلاَفُ الأَْوْلَى. فَقَدْ قَال ابْنُ عُمَرَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا - " لِكُل سُورَةٍ حَظُّهَا مِنَ الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي، ٨٨٥/٢]
ويكره تكرير السورة عند الجمهور في الركعتين، بل المطلوب أن يكون في الثانية سورة غير التي قرأها في الأولى، أنزل منها لا أعلى، فلا يقرأ في الثانية (سورة القدر) بعد قراءته في الأولى (سورة البينة). وقال الحنفية: لا بأس أن يقرأ سورة ويعيدها في الثانية.

فقه العبادات على المذهب الشافعي، ٣١٧/١]
ومن المستحبات في القراءة ما يلي:
.....
(4) عدم تكرار السورة في الركعتين، إلا إذا كان لا يحفظ غيرها.

مرعاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح ١٧٧/٣
{الفصل الثالث}
869- (42) عن معاذ بن عبد الله الجهني، قال: ((إن رجلاً من جهنية أخبره أنه سمع رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قرأ في الصبح {إذا زلزلت} في الركعتين كلتيهما، فلا أدري أنسي أم قرأ ذلك عمداً)) رواه أبوداود.
وقال ابن حجر: الظاهر أنه فعل عمداً ليبين به حصول أصل السنة بتكرير السورة الواحدة من قصار المفصل في الركعتين. (رواه أبوداود) وسكت عنه هو والمنذري. قال الشوكاني: ليس في إسناده مطعن، بل رجاله رجال الصحيح.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama