1690. WANITA HAID BERDIAM DIRI DI TERAS MASJID BOLEHKAH?

Sumber gambar: Qoura



Pertanyaan:
Assalamualaikum ustadz
Ada titipan pertanyaan
Bolehkah wanita haid berdiam di teras masjid?
[Zainal Arifin]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Hukum wanita haid, nifas dan umumnya orang yang berhadats besar berdiam diri diteras masjid tentu terlebih dahulu harus menghukumi teras Masjid itu berhukum masjid atau tidak. Bila seandainya berhukum Masjid maka sama hukumnya berdiam diri di masjid. Dalam hal ini, bila kita menelusuri literatur klasik Syafi'iyah tentu didapatkan perbedaan pendapat. Namun sebagaimana diterangkan dalam kitab Fathul Mu'in Serambi Masjid berhukum masjid baik mengetahui Waqafnya untuk dijadikan masjid atau tidak tahu. Serambi masjid yaitu tempat yang disandarkan kepada masjid tetapi diluar masjid tujuannya untuk perluasan masjid, kalau ranah fiqih disebut dengan istilah Ruhbah. Serambi masjid berhukum masjid jika adanya bangunan itu bersamaan dengan adanya masjid. Seperti dibangun masjid, baru kemudian untuk diperluas ditambah diluarnya bangunan yang seatap dan menyatu dengan masjid. Namun, bila mana adanya serambi itu setelah adanya Masjid maka tidak berhukum masjid.

Ketika berhukum masjid maka haram berdiam diri oleh orang yang berhadats besar dan sah shalat Tahiyyatul Masjid dan sah I'tikaf.

Kalau ditempat kami memberlakukan teras masjid sebagai masjid, hal ini diketahui mereka shalat di Masjid di teras masjid, kalau tidak berhukum masjid maka tidak dilakukan shalat Tahiyyatul Masjid disitu.

Saran saya, sebaiknya tanyakan kepada saya pengurus masjid tentang adanya teras itu sesudah jadi masjid atau bersamaan dengan dibangunnya masjid dan mereka membuatnya pertama kali tujuannya untuk dijadikan sebagai masjid atau tidak sehingga jelas letak hukumnya, selagi belum ada kejelasan sikap yang berhati-hati jangan sampai orang yang berhadats besar berdiam diri di teras masjid. Kecuali ada pengakuan pengurus masjid teras masjid dibangun bersamaan dengan Masjid maka berhukum masjid atau menurut Syeikh Ibn Hajar pengurus masjid menjelaskan hukum dijadikan Masjid atau tidak dari pertama kali dibuat atau diwakafkan.

Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)

Ibarot :

- Kitab Hasyiyah I'aanah at Thoolibiin Juz 2 Halaman 27, Cet. Nurul Ilmi Surabaya :

(قوله: ومنه) أي ومن المسجد.
(قوله: وهي) أي الرحبة.
(وقوله: ما خرج عنه) أي المسجد.
قال العلامة الكردي: اختلف فيها ابن عبد السلام وابن الصلاح، فقال الأول: هي ما كان خارجه محجرا عليه لأجله.
وقال ابن الصلاح: هي صحن المسجد.
وطال النزاع بينهما، وصنف كل منهما تصنيفا.
والصواب ما قاله ابن عبد السلام.
اه.
وفي فتاوى ابن حجر ما نصه: (سئل) رضي الله عنه: ما حقيقة رحبة المسجد؟ وما الفرق بينها وبين حريمه؟ وهل
لكل حكم المسجد؟ (فأجاب) بقوله: قال في المجموع: ومن المهم بيان حقيقة هذه الرحبة.
ثم نقل عن صاحب الشامل والبيان أنها ما كان مضافا إلى المسجد محجرا عليه لأجله، وأنها منه، وأن صاحب البيان وغيره نقلوا عن نص الشافعي - رضي الله عنه - وغيره صحة الاعتكاف فيها.
قال النووي: واتفق الأصحاب على أن المأموم لو صلى فيها مقتديا بإمام المسجد صح، وإن حال بينهما حائل يمنع الاستطراق، لأنها منه، وليست توجد لكل مسجد.
وصورتها: أن يقف الإنسان بقعة محدودة مسجدا، ثم يترك منها قطعة أمام الباب، فإن لم يترك شيئا لم يكن له رحبة، وكان له حريم.
أما لو وقف دارا محفوفة بالدور مسجدا فهذا لا رحبة له ولا حريم، بخلاف ما إذا كان بجانبها موات، فإنه يتصور أن يكون له رحبة وحريم، ويجب على الناظر تمييزها منه، فإن لها حكم المسجد دونه، وهو ما يحتاج إليه لطرح القمامات والزبل اه.
بحذف.
(قوله: لكن حجر) أي حوط عليه.
(وقوله: لأجله) أي لأجل المسجد، أي اتساعه.
(قوله: سواء أعلم الخ) تعميم في كون الرحبة من المسجد، أي لا فرق في كونها منه بين أن يعلم وقفيتها أو يجهل.
(وقوله: عملا بالظاهر) علة في إثبات كونها منه مع جهل وقفيتها.
(قوله: وهو) أي الظاهر التحويط، أي عليها.
(قوله: لكن ما لم يتيقن الخ) مرتبط بقوله ورحبته، أي من المسجد رحبته إذا لم يتيقن حدوثها بعد المسجد وأنها غير مسجد، فإن تيقن ذلك فهي ليست من المسجد.
(قوله: وأنها غير مسجد) قال السيد عمر البصري في حاشية التحفة: التعبير بأو أولى.
فتأمل.
اه.
ولعل وجهه أن الواو لكونها موضوعة للجمع تقتضي أنه لا بد في عد الرحبة من المسجد من عدم مجموع شيئين، وهما تيقن الحدوث بعده، وتيقن أنها غير مسجد، مع أنه يكفي في ذلك عدم أحدهما.
فمتى لم يتيقن الحدوث بعده، أو لم يتيقن أنها غير مسجد، فهي من المسجد.
ومتى ما تيقن أحدهما، فهي ليست منه.
وعدم تيقن غير المسجدية صادق بما إذا تيقنت المسجدية وبما إذا جهل الحال، وكذلك عدم تيقن الحدوث صادق بما إذا تيقن غيره وبما إذا جهل الحال.
تأمل.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama