1719. HUKUM MEMBONGKAR KUBURAN DAN MEMINDAHKANNYA

foto: mushola Rapi


Pertanyaan:
Assalamualaikum,, ada yang tanya, bolehkah memindahkan kuburan yang sudah lama? Kalau boleh adakah alasannya? dan kalau tidak boleh gimana cara menjelaskan? 🙏🙏
[muhazka962]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh.
Tidak boleh membongkar kuburan yang sudah terpendam mayit didalamnya baik untuk tujuan memindahkan mayit ketempat lain walaupun ketanah mekah sekalipun, atau selain tujuan memindahkan seperti mensalatkan dan mengkafani sebelum si mayit hancur menjadi debu kecuali karena adanya salah satu dari lima sebab:
1. Apabila mayit dikuburkan sebelum dimandikan dan diperkirakan jasadnya belum busuk.
2. Apabila si mayit dikuburkan dalam tanah milik orang lain, atau dikafani dengan kain milik orang lain tanpa seizin pemilik dan dalam hal ini pemilik tidak terima. Maka walaupun jasad mayit sudah berubah wajib kuburannya dibongkar sekiranya ada kain kafan lain yang halal untuk pengganti kafan yang pertama.
3. Apabila ada harta yang ikut terpendam bersama mayit sedangkan pemilik harta menuntut/mencarinya. Maka wajib untuk membongkar kuburan tersebut walaupun kondisi mayit sudah berubah.
4. Apabila ada harta milik orang lain yang tertelan oleh mayit sedangkan pemilik harta menuntut dan tidak ada seorang pun dari ahli waris yang bersedia bertanggung jawab untuk mengganti 
5. Apabila mayit dikuburkan dalam kondisi tidak menghadap kiblat. Maka wajib kuburannya dibongkar untuk menghadapkannya ke kiblat meski kondisi jasadnya sudah berubah.

Tapi apabila menurut prediksi para ahli, jasad mayit sudah hancur oleh karena sudah lama maka boleh kuburannya dibongkar untuk tujuan menguburkan mayit yang baru, atau untuk tujuan memindahkan sebagaimana disebutkan pada deskripsi.
Wallahu a'lam.


Dewasa ini khususnya di daerah kami tempat pemakaman lama sudah tidak layak lagi, dekat laut dan sering tergenang air laut sehingga mengakibatkan sulit berziarah dan mengurus pemakaman serta tempat sudah tidak layak lagi serta tanahnya sudah tinggal, apakah dengan alasan tersebut diatas masihkah tidak boleh menggali kuburan dan memindahkan sisa anggota mayit yang masih ada, dan apakah tidak dikatakan menodai kehormatan mayit Dengan membiarkan keadaan mayit dibawah sana selalu tergenang air dan masihkah tidak ada keringanan? 

Dengan menimbang maslahat tersebut ada anggota mayit ingin memindahkan mayit tersebut kepada tempat yang lebih layak sehingga para ustadz disini setuju dengan menimbang maslahat tersebut.

Dengan menimbang maslahat tersebut maka diperbolehkan (Edited)

Ibarot :

حاشية إعانة الطالبين ج ٢ ص ١٢٢ المكتبة نور العلم سورابايا
وبقي صور للضرورة المجوزة للنبش غير ما ذكره المؤلف، منها: ما لو بشر إنسان بمولود، فقال إن كان ذكرا فعبدي حر، أو أنثى، فأمتي حرة، ودفن المولود قبل العلم بحاله، فينبش، ليعلم من وجدت صفته. 
أو قال: إن ولدت ذكرا فأنت طالق طلقة، أو أنثى فطلقتين، فولدت ميتا، ودفن، وجهل حاله فالأصح - في الزوائد - نبشه. 
أو ادعى شخص على ميت بعد دفنه أته امرأته، وأن هذا الولد ولده منها، وطلب إرثه منها. 
وادعت امرأة أنه زوجها، وأن هذا ولدها منه، وطلبت إرثها منه، وأقام كل بينه، فإنه ينبش، فإن وجد خنثى: قدمت بينة الرجل. 
أو لحق الميت سيل أو نداوة، فينبش لنقله. 
وقد نظم بعض تلك الصور الفقيه محمد بن عبد الولي بن جعمان في قوله: يحرم نبش الميت إلا في صور * * فهاكها منظومة ثنتي عشر من لم يغسل والذي قد بليا * * أي صار تربا وكذا إن ووريا في أرض أو ثوب كلاهما غصب * * أو بالع مال سواه وطلب أو خاتم ونحوه قد وقعا * * في القبر أو لقبلة ما أضجعا أو يدفن الكافر في أرض الحرم * * أو يتداعى اثنان ميتا يطم أو يلحق الميت سيل أو ندى * * أو من على صورته قد شهدا أو جوفها فيه جنين يرتجى * * حياته فواجب أن يخرجا أو قال إن كان جنينها ذكر * * فطلقة والضعف للأنثى استقر فيدفن المولود قبل العلم * * بحاله هذا تمام النظم والحمد لله وصلى دائما * * على النبي أحمد وسلما والآل والصحب جميعا ما همى * * غيث ولاح البرق في جوالسما 

(Dijawab oleh: مهدي)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama