1721. KETIKA IMAM SALAH PADA QIROAH APA KEWAJIBAN MAKMUM DAN APAKAH SHALATNYA SAH?

foto: bimbingan Islam


Pertanyaan:
Assalamualaikum mau tanyak kang🙏
Jadi gini masalahnya:
Suatu ketika imam solat lupa sebagian ayat sehingga imam membaca ayat tersebut sampek salah tapi cuman 1 ayat
Pertanyaannya:
A.apa kewajiban makmum yg mengetahui hal tersebut ?

B.apakah sah solat tersebut bila membaca ayat yg kurang benar meskipun hukumnya sunah?

Mohon jawabannya kang🙏
Wassalamualaikum🙏
[Ma'ruf]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

A. Kewajiban makmum adalah mengingatkan imam bila imam salah, baik berupa ucapan semisal bacaan surat Al Fatihah, atau surat maupun berupa perbuatan shalat. Cara Mengingatkan imam tersebut dengan membacakan bacaan yang salah tersebut.

B. Bila kurang benar ayat yang dibaca tersebut bila bacaan tersebut tidak merubah makna maka sah, baik pada surat Al Fatihah atau selainnya, tetapi mengikuti imam seperti ini makruh, tetapi melakukan itu dengan sengaja lagi tahu keharamannya dan mampu membaca dengan benar hukumnya haram. Adapun bila merubah makna maka:

• Bila pada surat Al Fatihah bila mampu membaca dengan benar dan memungkinkan belajar tidak sah demikian pula orang yang mengikutinya. Bila sebaliknya shalatnya sah, demikian pula orang yang mengikutinya bila orang yang mengikutinya sama seperti ia, tidak sah selainnya, keadaannya seperti Imam Yang Ummi.

• Bila bacaan surat selain Al Fatihah menurut Syekh Bujairomi tidak mengapa, sedangkan menurut Syekh Nawawi Al Bantani ditafsil:

• Bila tidak merubah makna sah shalatnya dan orang yang mengikutinya, hanya saja bila sengaja dan tahu keharamannya membaca seperti itu haram

• Bila merubah makna maka bila tidak mampu membaca dengan benar, lupa atau tidak tahu sah shalatnya dan orang yang mengikutinya secara mutlak beserta hukum makruh bahkan bila dikatakan haram tidak jauh dari kebenaran karena tidak ada darurat mendorong membaca seperti itu. Jika mampu belajar dan sengaja dan tahu keharamannya tidak sah shalatnya dan orang yang mengikutinya bagi yang mengetahui keadaannya dan orang yang Bagus membaca Al Fatihah dengan orang yang tidak bagus membaca Fatihah kecuali penggantinya.

Wallahu A'lam

Ibarot :

المجموع شرح المهذب ج ٤ ص ٢٣٩ المكتبة الشاملة
إذَا اُرْتُجَّ عَلَى الْإِمَامِ وَوَقَفَتْ عَلَيْهِ الْقِرَاءَةُ اُسْتُحِبَّ لِلْمَأْمُومِ تَلْقِينُهُ لِمَا سَنَذْكُرُهُ فِي فَرْعِ مَذَاهِبِ الْعُلَمَاءِ إنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى وَكَذَا إذَا كَانَ يَقْرَأُ فِي مَوْضِعٍ فَسَهَا وَانْتَقَلَ إلَى غَيْرِهِ يُسْتَحَبُّ تَلْقِينُهُ وَكَذَا إذَا سَهَا عَنْ ذِكْرٍ فَأَهْمَلَهُ أَوْ قَالَ غَيْرُهُ يُسْتَحَبُّ لِلْمَأْمُومِ أَنْ يَقُولَهُ جَهْرًا لِيَسْمَعَهُ فَيَقُولَهُ 

حاشية إعانة الطالبين ج ٢ ص ٤٤ المكتبة نور العلم سورابايا
(قوله: ولاحن بما لا يغير معنى) أي وكره اقتداء بلاحن بما لا يغير المعنى. 
ويحرم تعمده مع صحة الصلاة والقدوة. 
(والحاصل) أن اللحن حرام على العامد العالم القادر مطلقا، وأن ما لا يغير المعنى لا يضر في صحة الصلاة والقدوة مطلقا، وأما ما يغير المعنى ففي غير الفاتحة لا يضر فيهما إلا أن كان عامدا عالما قادرا، وأما في الفاتحة فإن قدر وأمكنه التعلم ضر فيهما، وإلا فكأمي. 
ا. 
هـ. 
بجيرمي. 

نهاية الزين صحيفة ١٣٢ المكتبة فستاك السلام سورابايا
وَالْحَاصِل أَن اللّحن حرَام على الْعَامِد الْعَالم الْقَادِر مُطلقًا ثمَّ إِن كَانَ يُغير الْمَعْنى فَإِن كَانَ قَادِرًا على الصَّوَاب أَو أمكنه التَّعَلُّم فَسدتْ صلَاته والقدوة بِهِ مُطلقًا وَإِلَّا فَصلَاته صَحِيحَة وقدوة مثله بِهِ صَحِيحَة دون غير مثله هَذَا بِالنِّسْبَةِ للفاتحة وَمثلهَا بدلهَا -الى أن قال- وَأما السُّورَة فَإِن كَانَ اللّحن لَا يُغير الْمَعْنى صحت صلَاته والقدوة بِهِ لكنه مَعَ التعمد وَالْعلم حرَام وَإِن كَانَ يُغير الْمَعْنى فَإِن عجز عَن التَّعَلُّم أَو كَانَ نَاسِيا أَو جَاهِلا صحت صلَاته والقدوة بِهِ مُطلقًا مَعَ الْكَرَاهَة وَلَو قيل بِحرْمَة قِرَاءَة غير الْفَاتِحَة على مثل هَذَا لم يكن بَعيدا لِأَنَّهُ لَا ضَرُورَة تَدْعُو إِلَى ذَلِك فَإِن كَانَ قَادِرًا على التَّعَلُّم وَكَانَ عَامِدًا عَالما لَا تصح صلَاته وَلَا الْقدْوَة بِهِ للْعَالم بِحَالهِ وَلَا يَصح اقْتِدَاء من يحسن الْفَاتِحَة بِمن لَا يحسن إِلَّا بدلهَا

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama