1729. SANTRI MENERIMA ZAKAT?



Foto: pecihitam.org

Pertanyaan:
Assalamualaikum pa ky boleh GK santri Nerima zakat fitrah?
[Hamzah]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Secara umum santri bukan penerima zakat karena tidak ada penerima zakat itu santri, meskipun demikian, sebagian Ulama ada memasukkan para penuntut ilmu sebagai golongan Sabilillah seperti sebagian Ulama Kalangan Hanafiyah, dan sebagian Ulama yang lain memasukkan golongan Sabilillah itu mencakup segala jenis kebaikan dan penyeru kebaikan maka termasuk keumuman tersebut. Namun, mayoritas ulama menyebutkan Sabilillah hanya orang yang berperang dijalan Allah.

Maka oleh karena itu, untuk pengamalan hendaknya memakai pendapat mayoritas ulama karena inilah yang ditunjukkan dalam nas Syariat, kalau untuk pengalaman pribadi tidak masalah memakai pendapat sebagian ulama tersebut bila diperlukan dengan cara bertaqlid pada pendapat sebagian ulama tersebut.

Wallahu A'lam

Ibarot:

Ibarotnya😁 yang pernah didiskusikan tempo hari 

الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي ج
 ٣ ص ١٩٥٩ - المكتبة الشاملة
رابعاً ـ هل تعطى الزكاة لغير هذه الأصناف؟ اتفق جماهير فقهاء المذاهب (١) على أنه لا يجوز صرف الزكاة إلى غير من ذكر الله تعالى من بناء المساجد والجسور والقناطر والسقايات وكري الأنهار وإصلاح الطرقات، وتكفين الموتى، وقضاء الدين، والتوسعة على الأضياف، وبناء الأسوار وإعداد وسائل الجهاد، كصناعة السفن الحربية وشراء السلاح، ونحو ذلك من القرب التي لم يذكرها الله تعالى مما لا تمليك فيه؛ لأن الله سبحانه وتعالى قال: {إنما الصدقات للفقراء} [التوبة:٦٠/ ٩] وكلمة «إنما» للحصر والإثبات، تثبت المذكور وتنفي ماعداه، فلا يجوز صرف الزكاة إلى هذه الوجوه؛ لأنه لم يوجد التمليك أصلاً. 
لكن فسر الكاساني في البدائع سبيل الله. بجميع القرب، فيدخل فيه كل من سعى في طاعة الله وسبيل الخيرات إذا كان محتاجاً؛ لأن «في سبيل الله» عام في الملك، أي يشمل عمارة المساجد ونحوها مما ذكر، وفسر بعض الحنفية «سبيل الله بطلب العلم ولو كان الطالب غنياً». قال أنس والحسن: «ما أعطيت في الجسور والطرق، فهي صدقة ماضية». 
وقال مالك: سبل الله كثيرة، ولكني لا أعلم خلافاً في أن المراد بسبيل الله ههنا الغزو.
_________ 
(١) الدر المختار ورد المحتار: ٨١/ ٢، ٨٣، ٨٥، البدائع: ٤٥/ ٢، الشرح الكبير: ٤٩٧/ ١، المهذب: ١٧٠/ ١، ١٧٣، المغني: ٦٦٧/ ٢، القوانين الفقهية: ص١١١، أحكام القرآن لابن العربي: ٩٥٧/ ٢

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama