1741. HUKUM SHALAT JAMA'AH MAKMUM DI TERAS SAMPING MASJID DAN HUKUM MENCERITAKAN AIB DIRI SENDIRI

foto: Pinterest



Pertanyaan:
Asalamu'alaikum ijin nanya dan minta refrensinyh dri kitab nyh yh,,
Ada 2 pertanyaan,
1, ada sebuah mesjid baru tapi gak di buat pintu samping,, sedangkan bnyak jamaah yg solat di samping masjid, 
Soalnyh disini ada yg bilang gk sah yg solat di samping masjid itu yg gk ada pintu nyh,
Minta reprensinyh yyh,

Ke 2, 
Minta hadist atau alquran atau ijma ulama
Tentang larangan larangan membuka aib kita sendiri ke siapapun itu kalo mau bertobat cukup bertobat dn gk usah kasih tau aib aib kita,,
[Cah Angon]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

1. Berkenaan masjid yang dibangun disamping ruang utama masjid itu jika dibangun bersamaan dengan bangunan ruang utama masjid maka berhukum masjid tidak sebaliknya. Ketika berhukum masjid maka berlakulah hukum masjid sebagaimana berlaku. Bila berjamaah di masjid seperti disebutkan pada pertanyaan tersebut dimana para makmum shalat di teras samping masjid yang teras itu tidak ada jalan tembus atau pintu yang menghubungkan makmum kepada imam maka tidak sah kalau sama sekali tidak ada pintu. Berbeda ada pintu meskipun pintu itu tidak didepan makmum seperti disamping maupun dibelakang. Yang terakhir ini dihukumi sah jama'ah tersebut meskipun harus sampai kepada Imam ibarat kata menuju pintu harus memutar dan membelakangi kiblat, itu tidak masalah kalau jama'ah terjadi pada masjid, berbeda menurut pendapat Abdullah Basudaan 

Oleh karena itu, Shalat Jama'ah sebagaimana ditanyakan yang mana makmum berada pada Teras samping masjid dihukumi sah meskipun pada teras itu tidak ada pintu asal ada pintu yang bisa sampai kepada Imam seperti pintunya didepan teras utama dan tidak masalah letak lubang atau pintu untuk sampai kepada Imam tidak didepan makmum yakni tetap sah meskipun untuk sampai kepada Imam harus memutar atau berpaling dari kiblat. Ini kalau di masjid, tapi kalau diselain di masjid tidak boleh pintunya dibelakang Makmum yakni tidak sah. Berbeda menurut Qoul Abdullah Basudaan yang mensyaratkan lubang tembus atau pintu menuju imam tidak boleh dibelakang Makmum yang jika ia mau sampai kepada Imam harus memutar atau membelakangi kiblat, namun, pendapat yang Dinilai kuat oleh Ali Ibnu Qodhi tidak masalah jika itu pada masjid. Pendapat terakhir ini disetujui oleh Syekh Bajuri.


Kesimpulannya adalah shalat makmum yang berada di teras samping masjid tersebut dihukumi sah meskipun didepan Makmum atau disampingnya tidak ada pintu atau jalan tembus menuju imam, asal menuju imam ada pintu meskipun pintu itu berada pada depan teras menuju ruang utama masjid, dan tidak masalah untuk menuju imam harus memutar menuju pintu meskipun harus membelakangi kiblat, berbeda dengan Qoul Abdullah Basudaan yang menyatakan menuju imam tidak boleh memutar atau membelakangi kiblat. Mungkin dari Qoul inilah ada pendapat yang tidak mengabsahkan kalau didepan makmum atau disampingnya tidak ada pintu menuju imam tidak sah. Namun, Syekh Ba'alawi Al Hadhromi mengutip pernyataan Syekh Ibnu Yahya tidak masalah lubang penghubung ke imam tidak didepan makmum seperti dibelakang walaupun untuk sampai kepada Imam harus memutar atau membelakangi kiblat sah jama'ah tersebut.

Ibarot :

حاشية الباجوري على ابن قاسم ج ١ ص ١٩٨-١٩٩ المكتبة نور العلم سورابايا
فقد ذكر المصنف لهذه الحالة وهي أن يكونا بالمسجد شرطين الأول العلم بصلاة الإمام والثاني عدم التقدم عليه ويشترط أيضا أن يمكن الإستطراق عادة الى الإمام ولو بازورار و انعطاف أى انحراف عن القبلة و استدبار لها فلا يضر ذلك في المسجد و إن بعدت المسافة و حالت أبنية نافذة إليه.

بغية المسترشدين ص ٧٠ المكتبة الحرمين
(مسئلة) من شروط القدوة اجتماع الإمام والمأموم في مكان ثم إن جمعهما مسجد و منه جداره و رحبته بفتح الحاء__و منارته التي بابها فيه أو في رحبته لا حريمه___فالشرط العلم بانتقالات الإمام وإمكان المرور من غير إزورار وانعطاف بأن يولى ظهره القبلة على ما فهمه الشيخ عبد الله باسودان من عبارة التحفة لكن رجح العلامة على ابن قاضي عدم الضرر الإزورار والإنعطاف في المسجد مطلقا. و كما يأتي في ى و لا يضر غلق الباب و كذا تسميره كما في التحفة خلافا لم ر

بغية المسترشدين ص ٧١ المكتبة الحرمين
(مسألة : ي) : لا يشترط في المسجد كون المنفذ أمام المأموم أو بجانبه بل تصح القدوة وإن كان خلفه ، وحينئذ لو كان الإمام في علو والمأموم في سفل أو عكسه كبئر ومنارة وسطح في المسجد ، وكان المرقى وراء المأموم بأن لا يصل إلى الإمام إلا بازورار بأن يولي ظهره القبلة ، صح الاقتداء لإطلاقهم صحة القدوة في المسجد

نهاية الزين ص ١٢٦ المكتبة فستاك السلام سورابايا

(و) الرَّابِع (اجْتِمَاعهمَا) أَي الإِمَام وَالْمَأْمُوم (بمَكَان) بِأَن لَا تزيد الْمسَافَة بَينهمَا وَلَا بَين كل صفّين أَو شَخْصَيْنِ مِمَّن ائتم بِالْإِمَامِ خَلفه أَو بجانبه على ثَلَاثمِائَة ذِرَاع بِذِرَاع الْآدَمِيّ تَقْرِيبًا فيغتفر زِيَادَة ثَلَاثَة أَذْرع فَأَقل وَهَذَا الشَّرْط عَام فِيمَن وقف فِي علو وإمامه فِي سفل أَو عَكسه على مَا رَجحه النَّوَوِيّ خلافًا لمن قَالَ بِشَرْط الْمُحَاذَاة لمن ذكر بِحَيْثُ تكون رَأس الْأَسْفَل المعتدل الْقَامَة تلاقي قدم الْأَعْلَى لَو ذهب الْمُقدم إِلَى الْخلف وَلَا يجب فِي الفضاء غير ذَلِك فَإِن كَانَا فِي بِنَاء أَو بناءين أَو كَانَ أَحدهمَا فِي فضاء وَالْآخر فِي بِنَاء والجميع غير مَسْجِد اشْترط مَعَ مَا مر آنِفا عدم حَائِل بَينهمَا يمْنَع الرُّؤْيَة أَو الاستطراق العادي بِحَيْثُ لَو أَرَادَ الْوُصُول للْإِمَام لَا يُمكنهُ أَو يستدبر الْقبْلَة وَيُقَال لهَذَا إزورار وانعطاف فَلَا يضر كَونهَا عَن يَمِينه أَو يسَاره على فرض وُصُوله للْإِمَام وَعلم من تَصْوِير منع الْمُرُور العادي بِمَا ذكر أَن اعْتِبَار الْمُرُور العادي فِي كل مَكَان بِحَسبِهِ وَلَو كَانَ الْوُصُول إِلَى الإِمَام بانحناء مثلا فالمدار على إِمْكَان الْوُصُول إِلَى الإِمَام من غير استدبار الْقبْلَة فَلَو حَال بَينهمَا جِدَار لَا بَاب فِيهِ أَو بَاب مسمر أَو مغلق أَو مَرْدُود أَو شباك منع صِحَة الِاقْتِدَاء وَلَيْسَ من الْحَائِل النَّهر وَلَو أحْوج إِلَى سباحة وَلَا الشَّارِع وَإِن كثر طروقه فَلَو كَانَ أَحدهمَا بدكان وَالْآخر بِأُخْرَى فِي الصَّفّ الْمُقَابل لَهُ صَحَّ وَلَو وقف أَحدهمَا بسطح وَالْآخر بسطح آخر فِي صف ثَان صَحَّ إِن كَانَ يُمكن الْوُصُول من أحد السطحين إِلَى الآخر كَأَن يَجْعَل بَينهمَا نَحْو إسقالة 
(فَإِن كَانَا بِمَسْجِد) فالمدار على الْعلم بالانتقالات بطرِيق من الطّرق الْمُتَقَدّمَة وَحِينَئِذٍ (صَحَّ الِاقْتِدَاء) وَإِن بَعدت الْمسَافَة بَينهمَا وزادت على ثَلَاثمِائَة ذِرَاع وَلَا بُد من إِمْكَان الْوُصُول إِلَى الإِمَام وَلَو بازورار وانعطاف

2. كُلُّ أُمَّتِى مُعَافًى إِلاَّ الْمُجَاهِرِينَ ، وَإِنَّ مِنَ الْمَجَانَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلاً ، ثُمَّ يُصْبِحَ وَقَدْ سَتَرَهُ اللَّهُ ، فَيَقُولَ يَا فُلاَنُ عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا ، وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللَّهِ عَنْهُ

“Setiap ummatku dimaafkan, kecuali orang yang terang-terangan dalam bermaksiat. Sesungguhnya, termasuk menampakkan kemaksiatan adalah seseorang berbuat suatu perbuatan maksiat di malam hari kemudian di pagi harinya dia menceritakan perbuatannya tersebut, padahal Allah sendiri telah menutupinya. Dia mengatakan, ‘Hai Fulan! Tadi malam saya berbuat demikian dan demikian.’ Sepanjang malam Tuhannya telah menutupi aibnya, tetapi ketika pagi hari dia justru membuka penutup yang telah Allah tutupkan padanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits tersebut merupakan dalil termasuk perbuatan yang tercela, berdosa dan haram dilakukan seseorang yang telah melakukan maksiat lalu setelah mengerjakan ia ceritakan kepada orang lain, perbuatan ini tidak seharusnya dilakukan bahkan ulama Ahli Fiqih pun telah menerangkan dalam kitab mereka bahwa disunahkan bagi orang yang berbuat zina dan setiap perbuatan maksiat agar menutupi aibnya itu yakni tidak menceritakan kepada orang lain termasuk kepada pemerintah sekalipun untuk menerima hukuman, dosa tersebut bisa dihapuskan dengan tobat kepada Allah meskipun dosa antar sesama manusia tidak terhapus, bahkan perbuatan menceritakan aib sendiri termasuk perbuatan haram, andaikan ia pernah mengaku sunah mencabut pengakuan itu, selagi pihak pemerintah tidak tahu, kalau tahu malah sunah menyerahkan diri untuk dihukum.

Wallahu A'lam

Ibarot :

المفهم لما أشكل من تلخيص كتاب مسلم ج ٦ ص ٦١٧-٦١٨ - المكتبة الشاملة
[٢٥٤٥] وعنه؛ قال: سَمِعتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: كُلُّ أُمَّتِي مُعَافَى إِلَّا المُجَاهِرِينَ، وَإِنَّ مِن الجهَارِ أَن يَعمَلَ العَبدُ عَمَلًا بِاللَّيلِ، ثُمَّ يُصبِحُ وقَد سَتَرَهُ رَبُّهُ فَيَقُولُ: يَا فُلَانُ، عَمِلتُ البَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا، وَقَد بَاتَ يَستُرُهُ رَبُّهُ، وَيُصبِحُ يَكشِفُ سِترَ اللَّهِ عَنهُ. 
رواه البخاريُّ (٦٠٦٩)، ومسلم (٢٩٩٠). 
-------------
قلت: وهذه الروايات، وإن اختلفت ألفاظها، هي راجعة إلى معنى واحد قد فسره في الحديث، وهو أن يعمل الرجل معصية في خفية وخلوة، ثم يخرج يتحدث بها مع الناس، ويجهر بها ويعلنها، وهذا من أكبر الكبائر وأفحش الفواحش. وذلك أن هذا لا يصدر إلا من جاهل بقدر المعصية، أو مستهين مستهزئ بها، مصر عليها، غير تائب منها، مظهر للمنكر. والواحد من هذه الأمور كبيرة، فكيف إذا اجتمعت؟ ! فلذلك كان فاعل هذه الأشياء أشد الناس بلاء في الدنيا، وعقوبة في الآخرة، لأنَّه تجتمع عليه عقوبة تلك الأمور كلها، وسائر الناس ممن ليس على مثل حاله، وإن كان مرتكب كبيرة فأمره أخف، وعقوبته - إن عوقب - أهون، ورجوعه عنها أقرب من الأول، لأنَّ ذلك المجاهر قلّ أن يتوب، أو يرجع عما اعتاده من المعصية، وسهل عليه منها. فيكون كل العصاة بالنسبة إليه إما معافى مطلقا إن تاب، وإما معافى بالنسبة إليه إن عوقب، والله تعالى أعلم. 

حاشية إعانة الطالبين ج ٤ ص ٢٩٥ المكتبة نور العلم سورابايا
ويسن للزاني ككل مرتكب معصية الستر على نفسه بأن لا يظهر ها ليحد أو يعزر لا يحدث بها تفكها أو مجاهرة فإن هذا حرام قطعا وكذا يسن لمن أقر بشيئ من ذلك الرجوع عن اقراره به

حاشية الباجوري على ابن قاسم ج ٢ ص ص ٣ المكتبة نور العلم سورابايا
ويسن للمقر بالزنا الرجوع عنه بل يسن له عدم الإقرار من أول الأمر سترا على نفسه ويتوب بينه وبين الله تعالى لقوله صلى الله عليه وسلم "من أتى من هذه القاذورات شيأ فليستتر بستر الله تعالى فإنه من ابدى لنا صفحته أقمنا عليه الحد وكذالك يسن للشاهد ترك الشهادة.

بغية المسترشدين ص ٢٤٩ المكتبة الحرمين
(مسئلة ك)لاتتوقف توبة الزاني أوالقاتل على تسليم نفسه للحد وان تحتم بثبوته عندالحاكم بل لاتتوقف حتى فى حق الأدمي الواجب تسليم نفسه.فإِذاندم صحت توبته في حق الله تعالى وبقيت معصية حق الأدمي وهي لا تقدح في التوبة بل تقتضي الخروج منها وينبغي لمن أتى معصية الستر حيث لم يعلم القاضي وإلا ندب له تسليم نفسه للحد

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama