Foto: Nu online
Pertanyaan:
Assalamu'alaikum "jika uang nyeceup atw dikasih sama orang lain taro lah kalo si Sunda jika ada bayi yg sudah lahir trus ngobrol nih ada amplop sedikit kan banyak yang ngasihnya trs jika kebutuhan untuk sehari hari kurang gmn kalo dipake apakah boleh kalo ada sama represensinya?
[Salsa 67]
Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh
Bagi wali si anak - termasuk wali anak yatim, dll - Tidak boleh mengambil harta anak perwaliannya, ini hukumnya haram secara mutlak bagi mereka yang tergolong berkecukupan meskipun karena mengurus si anak tidak bisa berkerja. Namun, bagi mereka yang kurang berkecukupan boleh mengambil harta si anak tersebut sekedar kebutuhan nafkah jika karena mengurus si anak tidak bisa bekerja memenuhi kebutuhan. Ketika sudah waktunya berkecukupan yakni Sudah bisa bekerja tidak wajib mengembalikan harta yang sudah dipakai, sungguh pun Syeikh Al Isnawiy menyebutkan itu selain ayah atau kakek, jika keduanya boleh mengambil harta anak perwaliannya seukuran dibutuhkan, baik dia berkecukupan atau tidak.
Dengan demikian, bila ada orang bersedekah uang misalnya yang uang itu ditujukan untuk si anak dan ini biasanya anak yang masih bayi banyak mendapatkannya maka selaku wali si anak atau orang tuanya boleh memakai uang itu sekedar kebutuhan, seperti yang ditanyakan bila memang dibutuhkan dan sebaiknya pula ketika uang itu dipakai nanti dikembalikan, ini tidak wajib jika yang memakai ayah atau kakek dengan berpijak pada Qaul Syeikh Al Isnawiy, jika selainnya jika ia faqir (tidak berkecukupan) dan nanti setelah berkecukupan juga tidak wajib diganti, tapi bila yang melakukan itu orang yang berkecukupan wajib diganti. Namun, alangkah baiknya diganti meskipun tidak wajib, dapat juga dijadikan tabungan si anak untuk kedepannya seperti yang kami lakukan.
Wallahu A'lam
Ibarat :
حاشية إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين ج ٣ ص ٧٣ المكتبة نور العلم سورابايا
(فرع) ليس لولي أخذ شئ من مال موليه إن كان غنيا مطلقا، فإن كان فقيرا وانقطع بسببه عن كسبه: أخذ قدر نفقته، وإذا أيسر: لم يلزمه بدل ما أخذه.
قال الاسنوي: هذا في وصي وأمين، أما أب أو جد، فيأخذ قدر كفايته - اتفاقا - سواء الصحيح وغيره.
(قوله: فرع إلخ) الأولى: فروع - كما هو ظاهر - (قوله: ليس لولي الخ) أي يحرم عليه ذلك (قوله: إن كان) أي الولي.
وقوله: مطلقا أي سواء انقطع بسببه عن كسبه أم لا (قوله: فإن كان فقيرا الخ) مقابل قوله غنيا (قوله: أخذ قدر نفقته) قال في التحفة: ورجح المصنف أنه يأخذ
الأقل منها ومن أجرة مثله.
اه (قوله: وإذا أيسر) أي الولي.
(وقوله: لم يلزمه بدل ما أخذه) أي لم يلزمه أن يدفع لموليه بدل ما أخذه من ماله (قوله: هذا) أي ما ذكر، من التفصيل بين الفقير المنقطع عن كسبه، والغني، (وقوله: في وصي وأمين) أي وقيم (قوله: سواء الصحيح وغيره) في بعض نسخ الخط: سواء الموسر الصحيح وغيره، لكن الموافق للتحفة: الأول، وقال فيها: واعترض بأنه إن كان مكتسبا: لا تجب نفقته، ويرد بأن المعتمد أنه لا يكلف الكسب، فإن فرض أنه اكتسب ما لا يكفيه: لزم فرعه تمام كفايته، وحينئذ فغاية الأصل هنا أنه اكتسب دون كفايته، فيلزم الولد تمامها، فاتجه أن له أخذ كفاية البعض في مقابلة عمله، والبعض لقرابته.
اه
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي ج ٨ ص ٢٥٣ المكتبة الشاملة
وهل يجوز للولي أن يأخذ أجراً على رعايته لمال المحجور؟ الصحيح أنه إن كان غنياً لم يجز له ذلك، ,إن كان فقيراً، وشغلته هذه الرعاية عن كسبه والتفرغ لشأن نفسه، جاز له أن يأخذ أجراً على ذلك بالمعروف. وإنما يعين القدر الذي يقضي به العرف الحاكم أو من يقوم مقامه. ودليل هذا الحكم قول الله عز وجل: {وَمَن كَانَ غَنِيّاً فَلْيَسْتَعْفِفْ وَمَن كَانَ فَقِيراً فَلْيَأْكُلْ بِالْمَعْرُوفِ فَإِذَا دَفَعْتُمْ إِلَيْهِمْ أَمْوَالَهُمْ فَأَشْهِدُواْ عَلَيْهِمْ وَكَفَى بِاللهِ حَسِيباً} (سورة النساء: 6).
(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As Sanusi)
Link Diskusi: