0107. TAFSIR : TAFSIR SURAH AL-BAQORAH AYAT 41

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·11 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
>  Abdullah Al-Jamal
Assalamu'alaikum
Mau tanya lagi, Apakah orang yang menukar ayat-ayat Allah bisa  disamakan dengan seorang kyai yang berceramah kemudian mengambil uang  dari pengurus? Lalu bagaimanakah penafsiran 'menukar ayat-ayat Allah'  tersebut yang terdapat dalam surah al-Baqoroh?
Mohon pencerahannya.
 Wassalam. 

JAWABAN
>  Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Ulama  ahli tafsir berbeda dalam memberikan penafsiran ayat "Menukar ayat-ayat  Allah" yang terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat: 41. Berikut  petikannya :

{ ولا تشتروا  بآياتي ثمنا قليلا } ولا تستبدلوا بالإيمان بها والاتباع لها حظوظ الدنيا  فإنها وإن جلت قليلة مسترذلة بالإضافة إلى ما يفوت عنكم من حظوظ الآخرة  بترك الإيمان

“Dan janganlah kalian menukar  ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah” artinya dan janganlah kalian  mengganti iman dengan harga yang rendah dan mengikutkannya dengan  bagian-bagian duniawi karena sebesar apapun harta benda hanyalah remeh  dan hina bila dibandingkan dengan apa yang hilang dari kalian yakni  bagian akhirat sebab raibnya iman dari kalian.
Tafsir al-Baedhawy I/300

{ ولا تشتروا بآياتي } ولا تستبدلوا بأحكامي التي أنزلتها { ثمنا قليلا } هو الرشوة والجاه

(Dan  janganlah kalian menukar ayat-ayat-Ku) artinya janganlah mengganti  hukum-hukum yang telah Aku turunkan (dengan harga yang rendah) yakni  uang suap dan kedudukan.
Tafsir al-Baedhawy I/321

ولا  تشتروا بآياتى ثمناً قليلاً ( يعني ولا تستبدلوا بآيات الله وأحكامه ثمناً  قليلاً يعني الرشوة فى الأحكام والجاه عند الناس ورضاهم والمعنى كما  نهيتكم عن تغير الأحكام لأجل خوف الناس كذلك أنهاكم عن التغيير والتبديل  لأجل الطمع فى المال والجاه وأخذ الرشوة فإن كل متاع الدنيا قليل

“Dan  janganlah kalian menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah”Artinya  janganlah mengganti hukum-hukum yang telah Aku turunkan dengan uang suap  dan kedudukan dimata manusia serta pengakuan mereka, artinya  sebagaimana dilarang merubah hukum-hukum Allah sebab takut pada manusia  demikian juga dilarang merubahnya dengan berharap harta, kedudukan, suap  dari mereka karena setiap harta benda dunia amatlah remeh.
Tafsiir al-Khooziin II/57

{  وَلاَ تَشْتَرُواْ بآياتي ثَمَنًا قَلِيلاً } [ البقرة : 41 ] وقد مر ذلك  وبالجملة فكان غرضهم من ذلك الكتمان : أخذ الأموال بسبب ذلك ، فهذا هو  المراد من اشترائهم بذلك ثمناً قليلاً .

“Dan janganlah kalian menukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah” (QS. 2,41)
Adalah  tujuan menyembunyikan hukum-hukum Allah tersebut demi mengambil harta,  inilah maksud menjual ayat-ayat Allah dengan harga remeh dalam ayat ini.
Tafsiir ar- Roozy III/39

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1119659431415374/

Dokumen fb:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0107-tafsir-tafsir-surah-al-baqorah-ayat-41/1120412441340073/

Komentari

Lebih baru Lebih lama