0120. FIQIH SHALAT : WAKTU PELAKSANAAN SHALAT SUNAH FAJAR DAN BATAS WAKTUNYA

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·15 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
> Sulhadewi Auliyahanaichregard Uztajah Bhasaarb
Assalamu alaikum   apwan mau nanya nhhh
Waktu yang baik untuk sholat pajar kapan ? syukron 

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Shalat  sunah fajar awal masuk waktunya setelah adzan shubuh (setelah fajar  shadiq) tidak sebelumnya. Shalat sunah fajar juga dinamakan dengan  shalat Qabliyyah shubuh karena shalat Qabliyyah shubuh banyak namanya  salah satunya shalat sunah fajar.

Jadi,  bisa disimpulkan bahwa waktu yang utama untuk mengerjakan shalat sunah  fajar atau Qobliyyah shubuh ialah setelah rampungnya adzan shubuh karena  dengan melakukannya pada waktu tersebut dapat meraih kesunahan. Bila  mengerjakan shalat sunah sebelum shubuh (fajar) setelah melakukan shalat  shubuh maka juga Boleh dan terhitung sebagai ada'. Namun, menyelisihi  kesunahan karena sunahnya shalat Qabliyyah dikerjakan setelah adzan  bukan setelah shalat fardhu. Sungguhpun demikian, bila dikerjakan  setelah melaksanakan shalat shubuh juga Boleh asalkan waktu shalat  shubuh masih ada, jika waktu shalat shubuh sudah habis maka kesunahannya  sudah habis dan sunah diqadha'.
Ketentuan diatas, bukan hanya berlaku pada shalat sunah sebelum shubuh saja, tetapi semua sholat sunah sebelum shalat fardhu.

وعنها قالت " كان رسول الله صلي الله عليه وسلم يصلي ركعتي الفجر إذا سمع الاذان ويخففهما " رواه البخاري ومسلم

Diriwayatkan  dari Aisyah ra “Adalah Rasulullah SAW shalat dua rakaat fajar  berkumandang adzan shubuh dan meringankan dua rakaatnya” (HR. Muslim)
Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab IV/26

(وفي  رواية لمسلم) أي أنفرد بها عن البخاري من حديثها أيضاً (كان يصلي ركعتي  الفجر إذا سمع الأذان) أي بعد تمامه لأنه حال الأذان مشغول بإجابته  (ويخففهما) مسارعة لأداء الفرض الذي كان يطيل قراءته فيه

Dalam  hadits riwayat Muslim dari Aisyah ra “(Adalah Rasulullah SAW shalat dua  rakaat fajar kala berkumandang adzan) artinya setelah rampung kumandang  adzan shubuh karena saat adzan beliau disibukkan dengan menjawab adzan (  dan meringankan dua rakaatnya) artinya meringkaskan dua rakaatnya  karena hendak menjalankan shalat fardhu (shubuh) yang dianjurkan membaca  surat panjang didalamnya.”
Daliil al-Faalihiin VI/436

قوله  كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يصلي ركعتي الفجر إذا سمع الأذان  ويخففهما وفي رواية إذا طلع الفجر فيه أن سنة الصبح لا يدخل وقتها إلا  بطلوع الفجر واستحباب تقديمها في أول طلوع الفجر وتخفيفها وهو مذهب مالك  والشافعي والجمهور

Keterangan “Adalah Rasulullah SAW  shalat dua rakaat fajar saat berkumandang adzan shubuh dan meringankan  dua rakaatnya” dalam riwayat lain redaksinya ‘saat terbit fajar shadiq’.
Dalam  hadits ini dijelaskan bahwa shalat sunat fajar belum masuk waktunya  kecuali setelah munculnya fajar shadiq dan dianjurkan pengerjaannya  dipermulaan munculnya fajar serta diringkas rakaatnya, inilah madzhab  Imam Malik, Syafi’i dan mayoritas Ulama Fiqh.
Syarh an-Nawawi ala Muslim VI/3

قال  اصحابنا يدخل وقت السنن التي قبل الفرائض بدخول وقت الفرائض ويبقي وقتها  ما لم يخرج وقت الفريضة لكن المستحب تقديمها علي الفريضة ويدخل وقت السنن  التى بعد الفرائض بفعل الفريضة ويبقى مادام وقت الفريضة هذا هو المذهب

Para  Pengikut as-Syafi'i berkata "Masuknya waktu shalat Qobliyah adalah  setelah masuk waktu salat fardu dan waktunya terus memanjuang sampai  akhir waktu fardu, cuma yang lebih utama/sunah mendahulukan shalat  Qobliyah dari shalat fardu itu sendiri. Adapun shalat sunah ba'diyah  adalah bermula dari setelah terlaksananya salat fardhu sampai habis  waktu........ini adalah pegangan mazhab Syafii
Al-Majmu' ala Syarh al-Muhadzdzab IV/11
__________________________

(تنبيه ) يجوز تأخير الرواتب القبلية عن الفرض وتكون أداء
وقد  يسن كأن حضر والصلاة تقام أو قربت إقامتها بحيث لو اشتغل بها يفوته تحرم  الإمام فيكره الشروع فيها لا تقديم البعدية عليه لعدم دخول وقتها وكذا بعد  خروج الوقت على الأوجه

Fath al-Mu'iin Syarh Qurrat al-A'iin I/248
__________________________

قوله  : ( ركعتان قبل الصبح ) وكانتا واجبتين عليه صلى الله عليه وسلم من خصائصه  كما في العباب ، ويسن الاضطجاع بعدهما ولو في القضاء وإن أخرهما عن الصبح ،  وحكمته تذكر ضجعة القبر ليفرغ وسعه في الأعمال ا
لصالحة  من أول النهار ، فإن لم يضطجع ندب أن يفصل بكلام أو نحوه ، لئلا يعتقد  العوام أن الصبح أربع كانتقال من محله لا بصلاة نفل ، لأنه غير مطلوب بين  الفرائض ورواتبها ، وفي نيتهما عشر ، كيفيات سنة الصبح ، أو ركعتي الصبح ،  أو الفجر ، أو البرد بسكون الراء ، أو الغداة ، أو الوسطى على قول ، ولا  يضر لو قال : ركعتي الفجر سنة الصبح

Hasyiyah alQulyubi Bab Shalat
__________________________

(قوله: وتكون أداء) أي لان وقتها يدخل بدخول وقت الفرض ويمتد بامتداده، فمتى فعلها فيه فهي أداء، سواء فعلها قبله أو بعده.

I'aanah at-Thoolibiin I/287
__________________________

(ﻗﻮﻟﻪ:  ﺭﻭﻛﻌﺘﺎﻥ ﻗﺒﻞ ﺻﺒﺢ) ﺃﻱ ﻟﺨﺒﺮ ﻣﺴﻠﻢ: ﺭﻛﻌﺘﺎ اﻟﻔﺠﺮ ﺧﻴﺮ ﻣﻦ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻭﻣﺎ ﻓﻴﻬﺎ.  ﻭﻟﺨﺒﺮ اﻟﺒﻴﻬﻘﻲ: ﻻ ﻳﺤﺎﻓﻆ ﻋﻠﻰ ﺭﻛﻌﺘﻲ اﻟﻔﺠﺮ ﺇﻻ ﺃﻭاﺏ ﻗﺎﻝ ﻓﻲ اﻟﻨﻬﺎﻳﺔ: ﻭﻟﻪ ﻓﻲ  اﻟﻨﻴﺔ ﻛﻴﻔﻴﺎﺕ ﺳﻨﺔ اﻟﺼﺒﺢ ﺳﻨﺔ اﻟﻔﺠﺮ ﺳﻨﺔ اﻟﺒﺮﺩ ﺳﻨﺔ اﻟﻮﺳﻄﻰ - ﻋﻠﻰ اﻟﻘﻮﻝ ﺑﺄﻧﻬﺎ  اﻟﻮﺳﻄﻰ - ﺳﻨﺔ اﻟﻐﺪاﺓ. ﻭﻟﻪ ﺃﻥ ﻳﺤﺬﻑ ﻟﻔﻆ اﻟﺴﻨﺔ ﻭﻳﻀﻴﻒ ﻓﻴﻘﻮﻝ: ﺭﻛﻌﺘﻲ اﻟﺼﺒﺢ  ﻭﺭﻛﻌﺘﻲ اﻟﻔﺠﺮ ﻭﺭﻛﻌﺘﻲ اﻟﺒﺮﺩ ﻭﺭﻛﻌﺘﻲ اﻟﻮﺳﻄﻰ ﻭﺭﻛﻌﺘﻲ اﻟﻐﺪاﺓ. اﻩ

I'aanah at-Thoolibiin Bab Shalat
_________________________

(قوله: ويندب قضاء نفل مؤقت) وذلك لعموم خبر: من نام عن صلاة أو نسيها فليصلها إذا ذكرها.
ولانه (ص) قضى بعد الشمس ركعتي الفجر، وبعد العصر الركعتين اللتين بعد الظهر.
رواهما مسلم وغيره.
ولخبر أبي داود بإسناد حسن:
من نام عن وتره أو سنته فليصل إذا ذكره.
اهـ شرح الروض.
(قوله: لا ذي سبب) أي لا يندب قضاء نفل ذي سبب، وذلك لان فعله لعارض السبب وقد زال فلا يقضى.
وقوله: ككسوف هو تمثيل لذي السبب على تقدير مضاف، أي صلاته.

I'aanah at-Thoolibiin I/309
_________________________

و يدخل وقت الرواتب التى قبل الفرض بدخول و قت الفرض، والرواتب التي بعده الفرض يدخل وقتها بفعل الفرض

Nihaayah az-Zain Hal. 101 

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1123389727709011/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0120-fiqih-shalat-waktu-pelaksanaan-shalat-sunah-fajar-dan-batas-waktunya/1123620087685975/

Komentari

Lebih baru Lebih lama