0130. HUKUM QUNUT SELAIN SHALAT SHUBUH

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·22 OKTOBER 2016

PERTANYAAN 
> Ali Dharojatul A'ala Fiyaumauni
Assalamu 'alaikum Wr. Wb
dikampung saya ada kiai yang sholat maghrib kemudian di rakaat kedua baca qonut ? 

1. Bagaimana hukum baca qonut pada rakaat kedua sholat selain sholat subuh?
2. Sahkah sholat maghrib yang pada rakaat keduanya baca qonut? 
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Jika  yang dikehendaki kyai tersebut adalah Qunut Nazilah maka boleh bahkan  sunah. Qunut Nazilah ialah Qunut yang dilakukan sebab terjadi bencana  pada kaum muslimin. Hukumnya sunah.
Adapun  Qunut pada selain shalat shubuh dan pertengahan witir pada bulan  Ramadhan maka terjadi khilafiyyah diantara para Ulama. Namun, Pendapat  yang shohhih dan masyhur yang diputuskan Mayoritas Ulama jika kaum  muslimin ditimpa bencana dan musibah maka boleh, tetapi jika tidak, maka  tidak boleh.
Meskipun Qunut tersebut (selain Qunut  Shubuh dan witir pada pertengahan bulan Ramadhan) tidak disunahkan atau  tidak boleh tetapi shalat tetap sah.

ـ (مسألة)  المنقول لأصحابنا في ندب القنوت في غير الصبح من المكتوبات ثلاثة أقوال:  القنوت مطلقاً عكسه الثالث الأظهر أنه يقنت للنازلة كالوباء والقحط والعدو  والجراد وقلة المطر بحيث لا تزول الحاجة بما حصل منه إذ يستحب صلاة  الإستسقاء لإنقطاع المطر أو قلته بحيث لم تحصل به الكفاية أو تحصل وكان في  الزيادة نفع واذا كان هذا في الصلاة وهي يحتاط لها أكثر فأولى استحباب  القنوت لذالك في المكتوبات

Masalah :
Yang dikutip oleh para ashab tentang kesunahan qunut pada sholat-sholat fardlu selain subuh ada tiga pendapat:
• Disunnahkan secara mutlak.
• Tidak disunnahkan secara mutlak.
• Menurut qoul adhhar (disunnahkan) Qunut nazilah
Seperti  (adanya sebab) wabah, paceklik (kekeringan), musuh (penyerangan orang  kafir), belalang (hama), hujan yang cuma sedikit yang tidak bisa  memenuhi kebutuhan.
Karena disunahkan sholat istisqo'  yang disebabkan tidak adanya hujan atau sedikitnya kadar hujan sekiranya  tidak menyukupi atau mencukupi tetapi ada manfaatnya ketika curah hujan  lebih banyak.
Ketika hal ini disunnahkan dalam sholat  dan merupakan lebih dominan bentuk kehati-hatian maka lebih utama  disunnahkan qunut karena hal tersebut dalam sholat-sholat fardlu.
Ghoyah Talkhish alMurood min Fatawa Ibn Ziyaad
______________________________________

واما  غير الصبح من المكتوبات فهل يقنت فيها فيه ثلاثة اقوال حكاها امام الحرمين  والغزالي وآخرون (الصحيح) المشهور الذى قطع به الجمهور ان نزلت بالمسملين  نازلة كخوف أو قحط أو وباء أو جراد أو نحو ذلك قنتوا في جميعها وإلا  فلا(والثانى)يقنتون مطلقا حكاه جماعات منهم شيخ الاصحاب الشيخ أبو حامد في  تعليقه ومتابعوه(والثالث) لا يقنتون مطلقا حكاه الشيخ أبو محمد الجويني وهو  غلط مخالف للسنة الصحيحة المستفيضة " ان النبي صلي الله تعالي عليه وسلم  قنت في غير الصبح عند نزول النازلة حين قتل اصحابه القراء

Masalah
1.Apakah diselain shalat shubuh boleh menjalankan Qunut ?
Terdapat tiga pendapat mengenai hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh al-Haramain, al-Ghazali dan Ulama-ulama lainnya :
•  Pendapat shahih yang mashur yang diputuskan oleh mayoritas ulama “bila  kaum muslimiin sedang ditimpa musibah seperti ketakutan, bencana,  paceklik, wabah dan sejenisnya berqunutlah disetiap waktu shalat, bila  tidak jangan
• Berqunutlah secara muthlak, pendapat Syekh Ashaab, Abu Hamid dan pengikut-pengikutnya
• Jangan Qunut secara mutlak, pendapat Syekh Abu Muhammad al-Juwainy.
Al-Majmu’ syarh al-Muhadzdzab III/492

Wallaahu A'lamu Bis showaab. 
=====================
> Ruswandirus Af NaHra 
Wa'alaikumussalaam,,,
Kang Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Biasanya kan qunut tu dibaca stlh ruku rakaat trakhir,
Prtanyaan diatas 
Bolehkah bc qunut dirokaat kdua pd shlt maghrib ?

> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
BOLEH.  Memanjangkan rukun Qosier (seperti i'tidal) dengan bacaan Dzikir  hukumnya BOLEH. Dan Qunut adalah termasuk dzikir-dzikir dalam shalat.  Demikian juga diperbolehkan Naql as-Sunnah (memindahkan sunah).  Jika ditarik pada pertanyaan diatas maka shalatnya tidak batal dan tidak perlu sujud sahwi. 

(أما  الاعتدال فعلى أنه ركن قصير، إلا أن النووي يرى أن الأقوى جواز تطويله  لورود النص، فقد روى مسلم عن حذيفة رضي الله عنه أنه قال: "صليت مع النبي  صلى الله عليه وسلم ذات ليلة فافتتح البقرة، فقلت يركع عند المائة، ثم مضى  فقلت يصلي بها في ركعة فمضى فقلت يركع بها، ثم افتتح النساء فقرأها، ثم  افتتح آل عمران فقرأها، يقرأ مترسلاً، إذا مر بآية فيها تسبيح سبح، وإذا مر  بسؤال سال، وإذا مر بتعوذ تعوذ، ثم ركع فجعل يقول: (سبحان ري العظيم) فكان  ركوعه نحواً من قيامه، ثم قال: (سمع الله لمن حمده) ثم قام طويلاً قريباً  مما ركع، ثم سجد فقال: (سبحان ربي الأعلى) فكان سجوده قريباً من قيامه"  مسلم ج 1/ كتاب صلاة المسافرين وقصرها باب 27/203. قال النووي: "وفي  التصريح بجواز إطالة الاعتدال بالذكر، والجواب عنه صعب على من منع الإطالة،  فالأقوى جوازها بالذكر والله أعلم".)

http://shamela.ws/browse.php/book-12895/page-331
_________________________________________

Al-Hawi al-Kabir li Mawardi :

"  ﻗﺎﻝ اﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ: ﺇﺫا ﺟﻠﺲ ﻓﻲ اﻷﻭﻟﻰ ﻣﺴﺘﺮﻳﺤﺎ ﺃﻭ ﻟﻌﺎﺭﺽ ﻣﻦ ﻣﺮﺽ ﻓﺼﻼﺗﻪ ﻣﺠﺰﺋﺔ ﻭﻻ  ﺳﺠﻮﺩ ﻟﻠﺴﻬﻮ ﻋﻠﻴﻪ، ﻭﺇﻥ ﺟﻠﺲ ﻓﻴﻬﺎ ﻟﻠﺘﺸﻬﺪ ﻧﺎﺳﻴﺎ ﻳﻈﻨﻬﺎ ﺛﺎﻧﻴﺔ ﻓﻠﻴﻘﻢ ﺇﻟﻰ  اﻟﺜﺎﻟﺜﺔ، ﻭﻳﺠﻠﺲ ﻓﻴﻬﺎ ﻟﻠﺘﺸﻬﺪ ﻭﻳﺒﻨﻲ ﻋﻠﻰ ﺻﻼﺗﻪ ﻭﻳﺴﺠﺪ ﻟﻠﺴﻬﻮ ﻗﺒﻞ ﺳﻼﻣﻪ، ﻷﻧﻪ ﻧﻘﻞ  ﺳﻨﺔ ﻋﻠﻰ اﻟﺒﺪﻥ ﻣﻦ ﻣﺤﻞ ﺇﻟﻰ ﻣﺤﻞ ﻓﻠﻢ ﻳﻤﻨﻊ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﺻﺤﺔ اﻟﺒﻨﺎء ﻭﻟﺰﻣﻪ ﺳﺠﻮﺩ اﻟﺴﻬﻮ  ﻟﻤﺎ ﺃﻭﻗﻌﻪ ﻣﻦ اﻟﺰﻳﺎﺩﺓ ﻓﻲ ﺻﻼﺗﻪ ﻭﺃﺻﻞ ﺫﻟﻚ: ﻗﺼﺔ ﺫﻱ اﻟﻴﺪﻳﻦ
_____________________

Tuhfah al-Muhtaaj :

  
وجاء  بسند حسن أنأبا بكروعمروعثمانرضي الله عنهم كانوا يفعلونه بعد الركوع فلو  قنت شافعي قبله لم يجزه ويسجد للسهو فإن قلت قياس كلام أئمتنا الجمعبين  الروايات المتعارضة هنا بحمل ما قبل على أصل السنة وما بعد على كمالها . 

Hasyiyah as-Syarwaani :


(  قوله لم يجزئه ) أي فيقنت بعده ويسجد للسهو إن نوى بالأول القنوت ، وكذا  لو قنت في الأولى بنيته أو ابتدأه فيها فقال اللهم اهدني ثم تذكر عباب ا  هـسمعلى المنهج وسيأتي ما يفيده عند قولالمصنففي سجود السهو ولو نوى ركنا  قولياع شعبارةشيخناولو فعله في غير اعتدال الركعة الثانية بنيته سجد للسهو  ومن ذلك ما لو فعله مع إمامه المالكي قبل الركوع ا هـ .
(  قوله ويسجد للسهو ) يظهر أن هذا السجود لعدم الإتيان به في محله لا للإتيان  به في غير محله حتى لو أعاده في محله فلا سجودبصري وتقدم عن العباب خلافه . 

http://library.islamweb.net/newlibr...

Wallahu A'lamu Bis Showaab 

LINK DISKUSI:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1129333870447930/

LINK TERKAIT: 71. FIQIH SHALAT : MENGERASKAN DAN MEMELANKAN QUNUT 59. QUNUT SUBUH BERDASARKAN KITAB AL-ADZKAR

Komentari

Lebih baru Lebih lama