0143. PENGERTIAN “YATIM” DALAM PANDANGAN FIQH

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·31 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Disebut apakah anak yang :
 1. Meninggal ayahnya
 2. Meninggal ibunya
 3. Meninggal ayah dan ibunya
 sebelum baligh menurut kitab salaf?
 Terima kasih

[Sulaiman Aljanbari]
JAWABAN
Wa'alaikumussalam

الحمد لله رب العالمين. الشهد ان لا اله إلا الله وأشهد أن محمدا رسول الله. اللهم صلى على يسدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد.

Dalam menanggapi pertanyaan dari saudara Sulaiman Aljanbari Rahimahullah (Yang insya Allah dirahmati Allah) maka terlebih dahulu jawabannya bisa kami tafshil sebagai berikut:
~  Anak yang ditinggal mati oleh ayahnya menurut Mayoritas Ulama sebelum  ia Baligh disebut anak Yatim. Pendapat ini juga diperkuat oleh Imam  Asmu'i.
~ Anak yang ditinggal oleh Ibunya sebelum si  anak baligh dari manusia disebut Munqothi' (terpisah) Sedang dari  Binatang yang ditinggal mati ibunya juga disebut Yatim.
~ Para Ulama sepakat bahwa anak yang ditinggal ayah dan Ibunya disebut Yatim.
Namun,  menurut Imam Al-Mawardi "Yatim" tidak hanya anak yang ditinggal ayahnya  sebelum ia baligh tetapi anak yang ditinggal Ibunya juga disebut yatim.
Sebagai perbandingan dapat kami sebutkan dalam persi bahasa Indonesia :
~ Anak yang ditinggal ayahnya disebut Yatim
~ Anak yang ditinggal ibunya disebut Piatu
~ Anak yang ditinggal ayah dan ibunya disebut yatim piatu.
Tetapi,  dalam menyingkapi versi bahasa indonesia tersebut mengenai yatim piatu,  kami tidak menjumpai kata "Piatu" dalam kitab salaf apa lagi bils  dikaitkan dengan anak yang ditinggal ibunya.
Dari  Uraian diatas, maka jelaslah bahwa "Yatim" adalah anak yang ditinggal  ayahnya sebelum ia mencapai usia baligh dan bila ia telah baligh maka  status Yatimnya menjadi terhapus. Inilah pendapat yang dipilih Mayoritas  Ulama dan juga diperkuat oleh Imam Asmu'i.
Sedangkan  anak yang ditinggal Ibunya dari Manusia disebut Munqothi' (terpisah)  mengenai apa maksudnya kami belum menjumpai keterangannya, sedangkan  dari Binatang masih disebut Yatim. Adapun anak yang ditinggal ayah dan  ibunya ia disebut "YATIM" menurut kesepakatan Ulama (Ijma'). Sedangkan  menurut Imam Al-Mawardi anak yatim tidak hanya anak yang ditinggal  ayahnya sebelum ia baligh tetapi juga ditinggal ibunya.

Wallahu A'lamu Bis Showaab.

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi   dan  Moh Rifa'e) 

Referensi:
1. Zadul Masir I/109
2. Al-Mantsur Fi al-Qowa'id  III / 368
3. Al-Majmu' XIX/370
4.  Al-Mashun Fi Ilmi Al-Kitab Al-Mashnun I/220
5. Mughni al-Muhttaj III/78
6. Ash-Shihhah V/342
7. Lisaan Al-'Arab XII/645
8. Al-Mishbah al-Muniir II/679
9. Tajul Arus 34 / 134
10. Al Mufradaat Fii Ghariibil Quraan halaman 715
11. Raudhatut Tholibin VI / 356
12. Asnal Mathalib III / 88
13. Tafsir At- Thabari 13 / 560
14. Tafsir Al-Baghawi II / 159 

Ibarot:
Zadul Masir I/109

قال  الاصمعي اليتم في الناس من قبل الأب وفي غير الناس من قبل الأم قال ابن  الانباري قال ثعلب اليتم معناه في كلام العرب الانفراد فمعنا صبي يتيم  منفرد عن أبيه

Al-Mantsur Fi al-Qowa'id  III / 368

المشهور  أنه الصغير الذي لا أب له وأن التيتم في الآدمي بموت الآباء وفي لبهائم  بموت الأمهات قال الماوردي لأن البهيمة تنسب إلى أمها فكان بموت الأم يتمها  والآدمي ينسب إلى أبيه فكان يتمه بموت الأب وقال ابن أبي هريرة في كتاب  الحجر من تعليقه التيتم من لا أب له ولا أم بلا خلاف وكذلك من لا أب له  يلزمه اسم اليتيم قولا واحدا فأما إذا لم يكن له أم وكان له
أب فعلى وجهين أحدهما أنه يتيم وهو على القول الذي يقول أن الأم تلي أمر ابنها انتهى

Al-Majmu' XIX/370

(ﻓﺼﻞ) ﻭﺃﻣﺎ ﺳﻬﻢ ﺍﻟﻴﺘﺎﻣﻰ ﻓﻬﻮ ﻟﻜﻞ ﺻﻐﻴﺮ ﻓﻘﻴﺮ ﻻ ﺃﺏ ﻟﻪ ﻓﺄﻣﺎ ﻣﻦ ﻟﻪ
ﺃﺏ ﻓﻼ ﺣﺘﻰ ﻟﻪ ﻓﻴﻪ ﻻﻥ ﺍﻟﻴﺘﻴﻢ ﻫﻮ ﺍﻟﺬﻯ ﻻ ﺃﺏ ﻟﻪ ﻭﻟﻴﺲ ﻟﺒﺎﻟﻎ ﻓﻴﻪ ﺣﻖ،
ﻻﻧﻪ ﻻ ﻳﺴﻤﻰ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺒﻠﻮﻍ ﻳﺘﻴﻤﺎ.

Al-Mashun Fi Ilmi Al-Kitab Al-Mashnun I/220

وقال الماوردي : « إن اليُتْمَ في الناس أيضاً من قِبَل فَقْد الأمَّهات »

Mughni al-Muhttaj III/78

واليتيم من مات أبوه قبل بلوغه

Ash-Shihhah V/342

واليتم في الناس من قبل الاب، وفي البهائم من قبل الام.

Lisaan Al-'Arab XII/645

واليَتَمُ  فِقْدانُ الأَب وقال ابن السكيت اليُتْمُ في الناس من قِبَل الأَب وفي  البهائم من قِبَل الأُم ولا يقال لمن فَقَد الأُمَّ من الناس يَتيمٌ ولكن  منقطع قال ابن بري اليَتيمُ الذي يموت أَبوه والعَجِيُّ الذي تموت أُمه  واللَّطيم الذي يموتُ أَبَواه

Al-Mishbah al-Muniir II/679

 ( اليُتم في الناس من قبل الأب فيقال صغير ( يَتِيمٌ ) و الجمع ( أيْتَامٌ  ) و ( يَتَامَى ) و صغيرة ( يَتِيمَةٌ ) و جمعها ( يَتَامَى ) و في غير  الناس من قبل الأم و ( أَيْتَمَت ) المرأة ( إيتَاماً ) فهي ( مُوِتمٌ )  صار أولادها ( يَتَامَى ) فإنْ مات الأبوان فالصغير ( لَطِيمٌ ) و إن ماتت  أمه فقط فهو ( عجيٌّ )

Tajul Arus 34 / 134

(  *!اليُتْمُ ، بِالضَّمِّ : الانْفِرَادُ ) ، عَنْ يَعْقُوبَ ، وهذا هُوَ  أصْلُ المَعْنَى ، كَمَا أَشَار إليه الرَّاغِبُ ، ( أوْ ) هُوَ (  فِقْدَانُ الأبِ ، ويُحَرَّكُ ) ، واقْتصَرَ الجَوْهَرِيُّ عَلَى الضَّمِّ ،  وقَالَ الحَرَالِّيُّ : اليُتْمُ : فِقْدَانُ الأَبِ حِينَ الحَاجَةِ ،  ولِذلِكَ أثْبَتَهُ مُثْبِتٌ في الذَّكَرِ إِلَى البُلُوغِ ، والأنْثى  إِلَى الثُّيُوبَةِ ، لِبَقَاءِ حَاجَتِها بَعْدَ البُلُوغِ . | ( و )  اليُتْمُ ( في البَهَائِمِ : فِقْدَانُ الأُمِّ ) ، أشَارَ له  الجَوْهَرِيُّ ، وهُوَ قَوْلُ ابنِ السِّكِّيتِ ، زَادَ ، وَلاَ يُقَالُ  لِمَنْ فَقَدَ الأُمَّ مِنَ النَّاسِ : *!يَتِيمٌ ، ولكِنْ : مُنْقَطِعٌ ،  وقَالَ ابنُ بَرِّي : *!اليَتِيمُ : الذِي يَمُوتُ أَبُوهُ ، والعَجِيُّ :  الذِي تَمُوتُ أُمُّهُ ، واللَّطِيمُ : الذِي يَمُوتُ أبَوَاهُ

Al Mufradaat Fii Ghariibil Quraan halaman 715

اليتم انقطاع الصبي عن أبيه قبل بلوغه وفي سائر الحيوانات من قبل أمه

Raudhatut Tholibin VI / 356

واليتيم الصغير الذي لا أب له قيل ولا جد
Asnal Mathalib III / 88

الثَّالِثُ  لِلْيَتَامَى لِلْآيَةِ وَهُمْ كُلُّ صَغِيرٍ ذَكَرٍ أو أُنْثَى أو  خُنْثَى لَا أَب له وَلَوْ كان له أُمٌّ وَجَدٌّ أَمَّا كَوْنُهُ صَغِيرًا  فَلِخَبَرِ لَا يُتْمَ بَعْدَ احْتِلَامٍ رَوَاهُ أبو دَاوُد وَحَسَّنَهُ  النَّوَوِيُّ لَكِنْ ضَعَّفَهُ الْمُنْذِرِيُّ وَغَيْرُهُ وَأَمَّا  كَوْنُهُ لَا أَبَ له فَلِلْوَضْعِ وَالْعُرْفِ

Tafsir At- Thabari 13 / 560

وأما "اليتامى"، فهم أطفال المسلمين الذين قد هلك آباؤهم

Tafsir Al-Baghawi II / 159

واليتامى: جمع يتيم، واليتيم: اسم لصغير لا أب له ولا جد

LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1137502959631021/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0143-pengertian-yatim-dalam-pandangan-fiqh/1138642046183779/

Komentari

Lebih baru Lebih lama