015. FIQIH SHALAT : MASALAH TASYAHUD


ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·17 AGUSTUS 2016

PERTANYAAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Assalamu’alaikum.
Curhat dulu yaa.. Xixi
Banyak terjadi pada diri saya, ketika tahiyyat awal, saya sampai membaca sholawat kepada keluarga Nabi “Wa ‘Ala Aali sayyidina Muhammad” bahkan sampai bacaan tahiyyat akhir.

Pertanyaan:
a. Apakah hukum membaca sholawat kepada keluarga Nabi ketika tahiyyat awal?
b. Apabila ketika tahiyyat awal sampai membaca sholawat Ibrahimiyyah apakah sholat saya batal?
c. Jika sholat jamaah makmum dulu membacanya sebelum imam apakah sholat batal dan apa yang harus dilakukan?
Terima kasih

JAWABAN
> Abdoen Faqoth
A) Tdk sunah, Iqna’ juz 1 hal 123

> Masaji Anggoro
Wa’alaikumussalam

Berdasarkan diskripsi diatas maka jawabannya :
a. Membaca sholawat kepada keluarga Nabi pada tasyahud awal tidak disunahkan dengan alasan li tholabi takhfif (meringankan). Sedangkan membaca sholawat kepada keluarga Nabi (wa ala aali) dalam tasyahud akhir hukumnya sunah (tidak wajib).

- Kitab Kifayatul Akhyaar (1/110)

وقول الشيخ والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم يؤخذ منه أن الصلاة على الآل لا تجب وهو كذلك بل الصحيح المشهور أنها سنة. والله أعلم

- Kitab Nihayatuz Zain (1/71)

(وأقلها اللهم صلى على محمد وسن في) تشهد (أخير صلاة على آله) صلى الله عليه وسلم ولا تسن في الاول لبنائه على التخفيف

- Kitab Al-Bajuri (1/235)

والخامس عشر الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيه اي الجلوس الاخير بعد الفراغ من التشهد وأقل الصلاة على النبي : اللهم صلى على محمد. واشعر كلا م المصنف ان الصلاة على الال لا تجب وهو كذلك بل هي سنة
قوله بل هي سنة اي في الجلوس الاخر دون الاول فلا تسن فيه لانه يطلب تخفيفه

b. Memanjangkan membaca tasyahud awal baik dengan sengaja maupun karena lupa sholatnya tidak batal dan tidak perlu sujud sahwi namun hukumnya makruh.

- Kitab Roudhotut Thoolibiin :

قلت : إطالة التشهد الأول مكروهة كما ذكر.
فلو طزله لم تبطل صلاته ولم يسجد للسهو، سواء طوله عمدا أم سهوا. والله أعلم

Saya (mushonnif/pengarang kitab) berpendapat : Memanjangkan tasyahud awal dimakruhkan sebagimana telah disebutkan.
Apabila musholli (orang yang sedang shalat) memanjangkannya maka tidak batal sholatnya dan tidak perlu sujud sahwi, baik ia memanjangkannya dengan kesengajaan mapun karena lupa. Wallahu A’lam
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1%25bk_no%3D95&ID=124

c. Bila makmum muwaffiq terlebih dahulu selesai membaca tasyahud awal sebelum imamnya, maka ada 2 pendapat :
1. Makmum mengulangi bacaan tasyahud awal
2. Makmum melanjutkan bacaan dengan membaca sholawat kepada keluarga Nabi dan bacaan-bacaan selanjutnya.

- Kitab Bughyatul Mustarsyidin (hal. 48)

(مسئلة ش) كمل المأموم الموافق تشهده الأول قبل إمامه فالقياس أنه يعيده لأنه محله ولا يأتي بالصلاة على الآل لأنه نقل ركن قولي .
نعم مال النووي في التنقيح غلى ندبها فيه للمصلي قال السمهودي : وهو الظاهر ...قلت : ونقل سم عن فتاوى الشهاب الرملي أن المأموم الموافق إذا فرغ من تشهد اوالأول تشهده الأول فبل إمامه يأتي بالصلاة على الآل وما بعدها . اه

Wallahu A’lamu Bis Showaab.

Link Asal:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1061783343869650/

Link Dokumen:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/015-fiqih-shalat-masalah-tasyahud/1070435719671079/

Komentari

Lebih baru Lebih lama