o14. HUKUM SEORANG MUADZIN MERANGKAP SEBAGAI IMAM


PERTANYAAN >> Ãbdül Ãzîs Ñåbåwî Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...
Mau nnyk ni... Apa benar, orang yg qamat itu tdk bleh menjadi imam sholat, misal dia qamat sholat ashar, jdi dia tdk bleh menjadi imam sholat ashar tersebut... Dan apa hukum’nya... ? . Syukran...
JAWABAN >> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi Wa’alaikumussalam
Mengenai seorang muadzin merangkap sebagai imam terjadi perselisihan diantara ulama Syafi’iyyah : 1. Syeikh Abu Hamid Al-Juwaini dan Imam Al-Baghowy berpendapat seorang muadzin yang merangkap sebagai imam hukumnya Makruh. Dalil mereka ketika berpendapat demikian adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Jabir rodhiallahu ‘anhu ;
عن جابر بن عبد الله قال : نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم إن يكون الإمام مؤذنا
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata : “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang yang menjadi imam adalah orang yang adzan”. (HR.Baihaqi no.2040)
2. Pendapat Mayoritas Ulama Imam Nawawi berkata: “Jika tidak ditemukan larangan untuk menggabungkan antara keduanya, maka menghukuminya dengan hukum makruh adalah suatu kesalahan”. Al-Qodhi Abu Thoyyib menjelaskan, semua ulama’ sepakat bahwa seorang muadzin boleh menjadi Imam. Sedangkan menanggapi hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi dalam sunannya, Imam Al-Baihaqi menyatakan hadits tersebut tidak shahih.
3. Pendapat terakhir menyatakan hukumnya sunat. Pendapat ini diriwayatkan oleh Al-Qodhi Abu Thoyyib dari Abu Ali At-Thobary yang menyatakan, yang lebih utama bagi laki-laki adalah mengumpulkan antara adzan dan menjadi imam supaya mendapatkan fadhilah tersebut.
Terkait perbedaan pendapat diatas, Imam Nawawi dalam Al-Majmu’ dan Ar-Roudhoh menyatakan bahwa pendapat yang shohih (benar) dalam masalah ini adalah pendapat yang menyatakan sunah.
Dasar Pengambilan Hukum :
فائدة : الدميري : في الجمع بين الأذان والإمامة ثلاثة : أوجه الكراهة لحديث ضعيف ، نهي أن يكون المؤذن إماما ، الإستحباب ليحوز الفضيلتين وهو الذي صححه في المجموع ، والجواز. ونقل أبو الطيب الإجماع عليه. والماوردي، وحمل الروياني ذلك على اختلاف أحوال الناس.
Bughyah al-Mustarsyidiin hal. 74
فرع : قال كثير من أصحابنا يكره أن يكون الإمام هو المؤذن ممن نص على هذا الشيخ أبو محمد الجويني والبغوي وغيرهما واحتج هؤلاء بحديث عن جابر رضى الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم ” نهى أن يكون الإمام مؤذنا ” رواه البيهقي وقال هو ضعيف بمرة وقال القاضي أبو الطيب قال أبو على الطبري الأفضل أن يجمع الرجل بين الأذان والإمامة ليحوز الفضيلتين وبهذا قطع صاحب الحاوي وهو الأصح وفيه حديث جيد سنذكره في مسألة الأذان قائما ونقل الرافعي عن ابن كج أيضا أنه استحب الجمع بينهما قال ولعله أراد الأذان لقوم والإمامة لآخرين (قلت) وإذا لم يثبت في الجمع بينهما نهي فكراهة خطأ فحصل وجهان الصحيح أنه يستحب وقد قال القاضي أبو الطيب في أول صفة الصلاة في مسألة لا يقوم حتى يفرغ المؤن من الإقامة أجمع المسلمون على جواز كون المؤذن إماما واستحبابه قال صاحب الحاوي في كل واحد من الأذان والإمامة فضل وللإنسان فيهما أربعة أحوال حال يمكنه القيام بهما والفراغ لهما فالأفضل أي يجمع بينهما وحال يعجز عن الإمامة لقلة علمه وضعف قراءته ويقدر على الأذان لعلوا صوته ومعرفته بالأوقات فالانفراد للأذان أفضل وحال يعجز عن الأذان لضعف صوته وقلة إبلاغه ويكون قيما بالإمامة لمعرفة أحكامه الصلاة وحسن قرآنه فالإمامة أفضل وحال يقدر على كل واحد ويصلح له ولا يمكنه الجمع فأيهما أفضل فيه وجهان
Al-Majmu’ Juz 3 hal. 79
وأما الجمع فبين الأذان والإمامة فليس بمستحب، وأغرب ابن كج، فقال: الأفضل لمن صلح لهما الجمع بينهما، ولعله أراد الأذان لقوم والإمامة لآخرين. قلت: صرح بكراهة الجمع بينهما الشيخ أبو محمد والبغوي، وصرح باستحباب جمعهما أبو علي الطبري والماوردي والقاضي أبو الطيب، وادعى الإجمع عليه، فحصل ثلاثة أوجه. الأصح: استحبابه، وفيه حديث حسن في الترمذي. والله أعلم
Roudhotut Thoolibiin Juz 1 hal. 204
أخبرناه أبو سعد الماليني أنبأ أبو أحمد بن عدي الحافظ ثنا محمد بن هارون الهاشمي أنبأ القاسم بن نصر المخرمي أنبأ إسماعيل بن عمرو البجلي ثنا جعفر بن زياد عن محمد بن سوقة عن محمد بن المنكدر عن جابر عن عبد الله قال: ” نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يكون الإمام مؤذنا ” فهذا حديث إسناده بمرة إسماعيل بن عمرو بن نجيح أبو إسحاق الكوفي حدث بأحاديث لم يتابع عليها ، وجعفر بن زياد ضعيف
As-Sunan Al-Kubro Li Al-Baihaqi juz 1 hal. 636
Wallahu A’lamu Bis Showaab.
Link Dokumen: https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/o14-hukum-seorang-muadzin-merangkap-sebagai-imam/1069814853066499/

Komentari

Lebih baru Lebih lama