0229. FIQIH NIKAH : HUKUM MENIKAH TANPA WALI



ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·28 DESEMBER 2016

PERTANYAAN
> Putry Maghfiroh
Assalamu'alaikum smuax... Mf sblmx nie ada titipan prtaxaan dr se'org... Ad ttanggaq prmpuan yg mw mnikah dgn org jauh.. Prmpuan it mw d nikahkan drmh sang cwokx it.. Prtaxa'anx.. Syah ap tdk jk mnikah tnpa walix sndri?? Sdangkan ayahx msih hdup tp dh brcrai ma istrx.. Mhon jwbnx ea ustadz? Mkch.. Wassalam

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Menurut Malikiyyah DAN Syafi'iyyah pernikahan tanpa wali tidak akan terjadi. Oleh karenanya menurut dua madzhab ini pernikahan perempun tanpa izin walinya hukumnya tidak sah. Kecuali bila walinya menolak menikahkan anak putrinya dengan tanpa alasan dibenarkan syara' maka wali boleh dipaksa menikahkan anaknya dan bila ia tetap juga menolak maka boleh dikawinkan oleh hakim.
Yang tidak mensyaratkan wali dalam pernikahan adalah Hanafiyyah. menurut madzhab ini pernikahan tanpa wali sah karena bagi mereka wali tidak disyaratkan dalam keabsahan akad nikah. Namun, bila hendak mengikuti Madzhab Hanafiyyah maka harus mengetahui fiqh Hanafiyyah baba nikah secara keseluruhan sampai dalam proses pernikahan. Demikian juga dengan janda, maka jika walinya menolak untuk menikahkan putrinya maka boleh dipaksa bila ia tetap juga menolak boleh dikawinkan oleh hakim.
Dalil yang digunakan kalangan Syafi'iyyah dan Malikiyyah adalah hadits shohih berikut:

" لا نكاح إلا بولي "

"Tidak ada nikah kecuali dengan wali"

أيما امرأة نكحت بغير إذن وليها فنكاحها باطل

“Siapa saja wanita yang menikah tanpa idzin walinya maka nikahnya batal".

قد عرفت مما ذكرناه أن الشافعية والمالكية اصطلحوا على عد الولي ركنا من أركان النكاح لا يتحقق عقد النكاح بدونه واصطلح الحنابلة و الحنفية على عده شرطا لا ركنا وقصروا الركن على الإيجاب والقبول إلا أن الحنفية قالوا : أنه شرط لصحة زواج الصغير والصغيرة والمجنون والمجنونة ولو كبارا أما البالغة العاقلة سواء كانت بكرا أو ثيبا فليس لأحد عليها ولاية النكاح بل لها أن تباشر عقد زواجها ممن تحب بشرط أن يكون كفأ وإلا كان للولي حق الاعتراض وفسخ العقد

Telah engkau ketahui dari penjelasan kami bahwa kalangan Syafi’iyyah dan Malikiyyah mengartikan keberadaan seorang wali dalam pernikahan merupakan bagian dari rukun-rukun nikah dalam arti tidak akan terjadi pernikahan tanpa seorang wali, sedangkan kalangan Hanabilah dan Hanafiyyah mengartikan keberadaan seorang wali dalam pernikahan menjadi syarat dalam pernikahan sedang rukun nikah hanya sebatas ‘ijab dan qabul’, kalangan Hanafiyyah menilai wali menjadi syarat sahnya pernikahan seorang bocah laki-laki ataupun perempuan dan orang gila laki-laki ataupun perempuan meskipun ia telah dewasa.
Sedang untuk wanita dewasa yang normal akalnya baik masih gadis ataupun janda maka tidak ada seorangpun berhak menjadi perwalian atas nikahnya, dia bisa menjalani pernikahan dengan lelaki yang ia cintai bila memang sepadan dengannya bila tidak seorang wali berhak menentang dan menfasakh (merusak) pernikahannya.
Al-Fiqh alaa Madzaahib al-Arba’ah IV/46

ومذهبنا ومذهب الجمهور أنه لا يشترط إعلام البكر بأن سكوتها إذن ، وشرطه بعض المالكية ، واتفق عليه أصحاب مالك على استحبابه ، واختلف العلماء في اشتراط الولي في صحة النكاح فقال مالك والشافعي : يشترط ، ولا يصح نكاح إلا بولي ، وقال أبو حنيفة : لا يشترط في الثيب ولا في البكر البالغة ، بل لها أن تزوج نفسها بغير إذن وليها . وقال أبو ثور : يجوز أن تزوج نفسها بإذن وليها ، ولا يجوز بغير إذنه . وقال داود : يشترط الولي في تزويج البكر دون الثيب ، واحتج مالك والشافعي [ ص: 549 ] بالحديث المشهور " لا نكاح إلا بولي " وهذا يقتضي نفي الصحة . واحتج داود بأن الحديث المذكور في مسلم صريح في الفرق بين البكر والثيب ، وأن الثيب أحق بنفسها ، والبكر تستأذن . وأجاب أصحابنا عنه بأنها أحق أي شريكة في الحق بمعنى أنها لا تجبر ، وهي أيضا أحق في تعيين الزوج . واحتج أبو حنيفة بالقياس على البيع وغيره فإنها تستقل فيه بلا ولي ، وحمل الأحاديث الواردة في اشتراط الولي على الأمة والصغيرة ، وخص عمومها بهذا القياس ، وتخصيص العموم بالقياس جائز عند كثيرين من أهل الأصول . واحتج أبو ثور بالحديث المشهور : أيما امرأة نكحت بغير إذن وليها فنكاحها باطل ولأن الولي إنما يراد ليختار كفؤا لدفع العار ، وذلك يحصل بإذنه . قال العلماء : ناقض داود مذهبه في شرط الولي في البكر دون الثيبلأنه ؛ لأنه إحداث قول في مسألة مختلف فيها ، ولم يسبق إليه ، ومذهبه أنه لا يجوز إحداث مثل هذا . والله أعلم . 

Syarh an-Nawawi ala Muslim  

https://library.islamweb.net/newlib...

مسألة : ( واحتج الشافعي ) بابن عباس أنه قال " لا نكاح إلا بولي مرشد وشاهدي عدل " وأن عمر رد نكاحا لم يشهد عليه إلا رجل وامرأة ، فقال : هذا نكاح السر ولا أجيزه ، ولو تقدمت فيه لرجمت . وقال عمر رضي الله عنه : لا تنكح المرأة إلا بإذن وليها أو ذي الرأي من أهلها أو السلطان . ( قال الشافعي ) والنساء محرمات الفروج ، فلا يحللن إلا بما بين رسول الله صلى الله عليه وسلم فبين : وليا وشهودا ، وإقرار المنكوحة الثيب ، وصمت البكر " . 

قال الماوردي : وهذا كما قال رشد الولي في النكاح شرط في صحة عقده ، فإن كان الولي فاسقا بطل عقده على الظاهر من مذهب الشافعي ، والمشهور من قوله سواء كان الولي ممن يجبر على النكاح كالأب أو ممن لا يجبر كالعصبات . 
وقال أبو إسحاق المروزي : إن كان الولي ممن يجبر كالأب بطل عقده بالفسق ، وإن كان ممن لا يجبر كالعصبات لم يبطل عقده بالفسق : لأنه يكون مأمورا كالوكيل . 

Al-Haawi Fi Fiqh as-Syaafi’i

https://library.islamweb.net/newlib...

Wallahu A’lamu Bis Showaab

> Putry Maghfiroh 
Jd slma ad walix sndri gc boleh pkek wali lain ea tadz? 

> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Tidak boleh kecualdengan cara muwakil, selama ayahnya masih hidudan sehat akal walinya belum berpindah wali yang lain. 

> Raja Tega wali harus yg kenikahkan.. klu wali menolak boleh tahkim gk bisa di wakilkan wali nasab 

Libk Diskusi>>
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1197393600308623/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0229-fiqih-nikah-hukum-menikah-tanpa-wali/1197581236956526/

Komentari

Lebih baru Lebih lama