ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·11 FEBRUARI 2017
Pertanyaan :
> Ali Dharojatul A'ala Fiyaumauni
Assalamu 'Alaikum Wr.Wb
"santri" merupakan kata-kata yang tak asing lagi di benak kita, karena untuk wilayah Madura kebanyakan masyarakatnya adalah lulusan pondok yang kental akan ilmu agamanya. Tapi terkadang ada juga kebiasaan sebagian santri yang kurang baik dan masih ditangguhkan hukumnya.
Seperti : ada sebagian santri yang turun dari pondoknya ke tanah tanpa memakai alas kaki (sandal), mereka langsung naik dan tidak mencuci kakinya terlebih dahulu. Bahkan tidak sedikit dari mereka tanpa ragu-ragu melakukan aktifitas Ubudiyah dikamar mereka masing-masing.
Pertanyaan :
1. Bagaimana hukumnya kaki santri tersebut?
2. Kalau dianggap najis, dihukumi najis apa?
3. Jika santri tersebut melakukan aktifitas Ubudiyah sepeti sholat, bagaimana hukum sholatnya?
#mohon teman-teman kalau ada penulisan yang salah . Butuh komentar sekaligus kalau ada refrensi jawabannya.
Jawaban :
>Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokaatuh. 123 Hukumnya suci dan sholatnya sah selama tidak diyakini tanah yang ia injak ada najisnya dan bila diyakini tanah yang dipijak tsb ada najisnya dengan kuat kuat maka najis dan tidak boleh dibawa sholat.
Ibarot:
الشيء الذي لا يتيقن نجاسته ولا طهارته ، والغالب في مثله النجاسة ، فيه قولان ، لتعارض الأصل . والظاهر : أظهرهما : الطهارة ، عملا بالأصل ،
http://library.islamweb.net/newlibr...
فالوجه الأخذ بطهارته ، ولو أراد الإنسان طلب يقين الطهارة فلا حرج بشرط أن لا ينتهي إلى الوسواس الذي ينكد عيشه ويكدر عليه وظائف العبادات ، فإن المنتهى إلى ذلك خارج عن مسالك السلف الصالحين ، قال والوسوسة مصدرها الجهل بمسالك الشريعة أو نقصان في غريزة العقل .
( القسم الثاني ) : ما استوى في طهارته ونجاسته التقديران فيجوز الأخذ بطهارته ولو تركه الإنسان كان محتاطا .
( الثالث ) : ما يغلب على الظن نجاسته ففيه قولان للشافعي ( أحدهما ) طهارته ( والثاني ) نجاسته .
http://library.islamweb.net/newlibr...
تذكير الناس صــ44
وقرئت علي سيدي رضي الله عنه فائدة من كلام الحبيب عبد الرحمن بن عبد لاالله بلفقيه وهي قوله في بعض مكاتباته كل ما غلب تنجسه طاهر مالم يتحقق بالحس فمن حكم بنجاسة ذالك فقد افترى على
الله كذبا
- Asybah Wa An-Nazho'ir:
الثاني : ما يعفى عن قليله دون كثيره وهو : دم الأجنبي وطين الشارع المتيقن نجاسته
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Link Asal>>
https://m.facebook.com/groups/919484441432875?view=permalink&id=1233307750050541&refid=18&_ft_=qid.6385152203015917201%3Amf_story_key.1233307750050541%3Atop_level_post_id.1233307750050541%3Atl_objid.1233307750050541#footer_action_list
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0243-fiqih-shalat-hukum-shalat-menginjak-tanah-tanpa-mensucikannya-terlebih-dahu/1236510779730238/
Pertanyaan :
> Ali Dharojatul A'ala Fiyaumauni
Assalamu 'Alaikum Wr.Wb
"santri" merupakan kata-kata yang tak asing lagi di benak kita, karena untuk wilayah Madura kebanyakan masyarakatnya adalah lulusan pondok yang kental akan ilmu agamanya. Tapi terkadang ada juga kebiasaan sebagian santri yang kurang baik dan masih ditangguhkan hukumnya.
Seperti : ada sebagian santri yang turun dari pondoknya ke tanah tanpa memakai alas kaki (sandal), mereka langsung naik dan tidak mencuci kakinya terlebih dahulu. Bahkan tidak sedikit dari mereka tanpa ragu-ragu melakukan aktifitas Ubudiyah dikamar mereka masing-masing.
Pertanyaan :
1. Bagaimana hukumnya kaki santri tersebut?
2. Kalau dianggap najis, dihukumi najis apa?
3. Jika santri tersebut melakukan aktifitas Ubudiyah sepeti sholat, bagaimana hukum sholatnya?
#mohon teman-teman kalau ada penulisan yang salah . Butuh komentar sekaligus kalau ada refrensi jawabannya.
Jawaban :
>Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokaatuh. 123 Hukumnya suci dan sholatnya sah selama tidak diyakini tanah yang ia injak ada najisnya dan bila diyakini tanah yang dipijak tsb ada najisnya dengan kuat kuat maka najis dan tidak boleh dibawa sholat.
Ibarot:
الشيء الذي لا يتيقن نجاسته ولا طهارته ، والغالب في مثله النجاسة ، فيه قولان ، لتعارض الأصل . والظاهر : أظهرهما : الطهارة ، عملا بالأصل ،
http://library.islamweb.net/newlibr...
فالوجه الأخذ بطهارته ، ولو أراد الإنسان طلب يقين الطهارة فلا حرج بشرط أن لا ينتهي إلى الوسواس الذي ينكد عيشه ويكدر عليه وظائف العبادات ، فإن المنتهى إلى ذلك خارج عن مسالك السلف الصالحين ، قال والوسوسة مصدرها الجهل بمسالك الشريعة أو نقصان في غريزة العقل .
( القسم الثاني ) : ما استوى في طهارته ونجاسته التقديران فيجوز الأخذ بطهارته ولو تركه الإنسان كان محتاطا .
( الثالث ) : ما يغلب على الظن نجاسته ففيه قولان للشافعي ( أحدهما ) طهارته ( والثاني ) نجاسته .
http://library.islamweb.net/newlibr...
تذكير الناس صــ44
وقرئت علي سيدي رضي الله عنه فائدة من كلام الحبيب عبد الرحمن بن عبد لاالله بلفقيه وهي قوله في بعض مكاتباته كل ما غلب تنجسه طاهر مالم يتحقق بالحس فمن حكم بنجاسة ذالك فقد افترى على
الله كذبا
- Asybah Wa An-Nazho'ir:
الثاني : ما يعفى عن قليله دون كثيره وهو : دم الأجنبي وطين الشارع المتيقن نجاسته
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Link Asal>>
https://m.facebook.com/groups/919484441432875?view=permalink&id=1233307750050541&refid=18&_ft_=qid.6385152203015917201%3Amf_story_key.1233307750050541%3Atop_level_post_id.1233307750050541%3Atl_objid.1233307750050541#footer_action_list
Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0243-fiqih-shalat-hukum-shalat-menginjak-tanah-tanpa-mensucikannya-terlebih-dahu/1236510779730238/