0262. FIQIH PUASA : HUKUM MENGQODHO’ PUASA ATAS NAMA ORANG YANG MASIH HIDUP

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·1 APRIL 2017

PERTANYAAN  
> Ahmad Maulana
@1 April pukul 18:58@
 Assalamu'alaikum
Numpang tanya kyai, boleh mengqodhoi puasa orang yang masih hidup baik orang yang kita qodhoi puasanya mampu ataupun tidak, seperti suami yang mengqodhoi puasa istrinya?
Atas penjelasannya saya ucapkan terima kasih.

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Mengqodhoi puasa orang yang masih hidup tidak sah baik orang tersebut mampu atau tidak walaupun ada pesan sekalipun dan hal ini sudah menjadi ijma' (kesepakatan Ulama).

قال أصحابنا ولا يصح الصيام من أحد في حياته بلا خلاف سواء كان عاجزا أو غيره

Para pengikut Imam Syafi'i berkata "Tidak sah berpuasa dari seorang yang masih hidup dengan tiada perbedaan pendapat baik atas nama orang yang tidak mampu atau yang lain.
Roudhoh at-Thoolibiin II/3

(قَوْلُهُ وَلَا يَصِحُّ الصَّوْمُ عَنْ حَيٍّ) نُقِلَ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ أَنَّهُ إجْمَاعٌ وَقَالَ الْمَاوَرْدِيُّ لَا يَجُوزُ الْقَضَاءُ عَنْ الْحَيِّ إجْمَاعًا بِأَمْرٍ أَوْ غَيْرِهِ عَنْ قَادِرٍ أَوْ عَاجِزٍ.

(Keterangan "Tidak sah berpuasa dari orang yang hidup"), dikutif dari syarh Muslim bahwasanya (hal itu) adalah Ijma'.

Imam Al-Mawardi berkata "Tidak boleh mengganti (puasa) dari orang hidup baik dengan perintah (pesan) atau lainnya baik atas nama orang yang mampu ataupun tidak.
Asnaa al-Mathoolib Syarh Roudh at-Thooliib II/428

ولا يصح الصوم عن حيَّ ولو هرماً اتفاقاً، وحكى القفال عن بعض أصحابنا: أنه يطعم عن كل صلاة، أي: مداً، كما في "التهذيب".

Tidak sah berpuasa atas nama orang yang masih hidup walaupun telah pikun berdasar kesepakatan Ulama’. Imam al-Qaffal menceritakan dari sebagian sahabat-sahabat kami bahwa keharusan melaksanakan shalat bagi orang yang telah lanjut usia dapat diganti dengan memberi 1 mud makanan pokok untuk setiap shalat sebagaimana keterangan di dalam kitab “al-Tadzhib”. 
Busroo al-Kariim Hal. 577

Wallahu A'lamu Bis Showaab 

Link Mudzakaroh:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1281361728578476/

Dokumen FB:
https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/0262-fiqih-puasa-hukum-mengqodho-puasa-atas-nama-orang-yang-masih-hidup/1281545178560131/

Komentari

Lebih baru Lebih lama