ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·16 OKTOBER 2016
PERTANYAAN
> Muhamad Jrumpul
mau tnya . . bagai mna hkum sholatnya orang yg suka minum khomer. sbab ktanya khomer itu najis mutlak. brarti dlam tbuh orang tersbt tlak kmsukan najis. mhon jwbn dri akhi wa ukhti. mtur suwun.
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Tidak diterima solatnya selama 40 hari
لايشرب الخمر رجل من أمّتي فيقبل الله منه صلاة أربعين يوما
“Seorang yang meminum khamar dari golonganku, tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh hari” (HR. An-Nasai).
Dalam Syarah Imam Suyuthi atas kitab Sunan An-Nasai
ذكر الرواية المبينة عن صلوات شارب الخمر
5664 أخبرنا علي بن حجر قال أنبأنا عثمان بن حصن بن علاق دمشقي قال حدثنا عروة بن رويم أن ابن الديلمي ركب يطلب عبد الله بن عمرو بن العاص قال ابن الديلمي فدخلت عليه فقلت هل سمعت يا عبد الله بن عمرو رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر شأن الخمر بشيء فقال نعم سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول لا يشرب الخمر رجل من أمتي فيقبل الله منه صلاة أربعين يوما
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php...
Hadits riwayat Tabrani
والّذي نفس محمّد بيده إنّ العبد ليقذف اللقمة الحرام في جوفه ما يتقبّل منه عمل أربعين يوما , وأيّما عبد نبت لحمه من سحت فالنار أولى ب
Artinya: Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggamannNya sesungguhnya seorang hamba yang memasukkan satu suapan yang haram kedalam perutnya maka amalnya sama sekali tidak diterima selama 40 hari. Dan siapa saja yang dagingnya tumbuh dari sesuatu yang haram maka nerakalah yang pantas untuknya”
- Hadits riwayat Muslim
من أتى عرافا فسأله عن شيء لم تقبل له صلاة أربعين ليلة
Artinya: Barang siapa mendatangi dukun dan bertanya sesuatu, tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh malam.
Hadits riwayat Baihaqi
من شرب الخمر لم تقبل له صلاة أربعين صباحا فإن تاب تاب الله عليه ، و إن عاد لم تقبل له صلاة أربعين صباحا ، فإن تاب تاب الله عليه
Artinya: Orang yang minum khamr, tidak diterima shalatnya 40 hari. Siapa yang bertaubat, maka Allah memberinya taubat untuknya.
Jadi, peminum khomr tidak diterima Allah sholatnya bahkan ini tidak hanya berlaku hanya pada sholat saja tetapi semua amal. Namun, apabila ia telah bertobat maka Allah menerima tobatnya, masalah diterima atau tidak sebelum lewat 40 hari ibadah tersebut itu menurut kehendak Allah.
Ibnu Rojab dalam kitab Jami'il 'Ulum wal Hikam mengatakan
ومن هاهنا يعلم أن ارتكاب بعض المحرمات التي ينقص بها الإيمان تكون مانعة من قبول بعض الطاعات ، ولو كان من بعض أركان الإسلام بهذا المعنى الذي ذكرناه ، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم : من شرب الخمر لم يقبل الله له صلاة أربعين يوما وقال : من أتى عرافا فصدقه بما يقول ، لم تقبل له صلاة أربعين يوما وقال : أيما عبد أبق من مواليه ، لم تقبل له صلاة .
https://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php...
Dalam kitab Zadul Masir dinyatakan:
والحكمة في تخصيص الأربعين يوما في هذا الحديث : أن أثر الخمر يبقى في جوف العبد وعروقه وأعضائه أربعين يوما
Adapun hikmah dalam menentukan empat puluh hari dalam hadits tsb di atas adalah: Bahwa Atsar atau bekas atau efek khomr akan membekas / tetap dalam tubuh manusia selama empat puluh hari,ia beredar bersama darah melalui urat-uratnya dan singgah di organ-organ dan anggota tubuh manusia peminumnya.
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php...
Wallahu A'lamu Bis Showaab
PERTANYAAN
> Muhamad Jrumpul
mau tnya . . bagai mna hkum sholatnya orang yg suka minum khomer. sbab ktanya khomer itu najis mutlak. brarti dlam tbuh orang tersbt tlak kmsukan najis. mhon jwbn dri akhi wa ukhti. mtur suwun.
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Tidak diterima solatnya selama 40 hari
لايشرب الخمر رجل من أمّتي فيقبل الله منه صلاة أربعين يوما
“Seorang yang meminum khamar dari golonganku, tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh hari” (HR. An-Nasai).
Dalam Syarah Imam Suyuthi atas kitab Sunan An-Nasai
ذكر الرواية المبينة عن صلوات شارب الخمر
5664 أخبرنا علي بن حجر قال أنبأنا عثمان بن حصن بن علاق دمشقي قال حدثنا عروة بن رويم أن ابن الديلمي ركب يطلب عبد الله بن عمرو بن العاص قال ابن الديلمي فدخلت عليه فقلت هل سمعت يا عبد الله بن عمرو رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر شأن الخمر بشيء فقال نعم سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول لا يشرب الخمر رجل من أمتي فيقبل الله منه صلاة أربعين يوما
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php...
Hadits riwayat Tabrani
والّذي نفس محمّد بيده إنّ العبد ليقذف اللقمة الحرام في جوفه ما يتقبّل منه عمل أربعين يوما , وأيّما عبد نبت لحمه من سحت فالنار أولى ب
Artinya: Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggamannNya sesungguhnya seorang hamba yang memasukkan satu suapan yang haram kedalam perutnya maka amalnya sama sekali tidak diterima selama 40 hari. Dan siapa saja yang dagingnya tumbuh dari sesuatu yang haram maka nerakalah yang pantas untuknya”
- Hadits riwayat Muslim
من أتى عرافا فسأله عن شيء لم تقبل له صلاة أربعين ليلة
Artinya: Barang siapa mendatangi dukun dan bertanya sesuatu, tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh malam.
Hadits riwayat Baihaqi
من شرب الخمر لم تقبل له صلاة أربعين صباحا فإن تاب تاب الله عليه ، و إن عاد لم تقبل له صلاة أربعين صباحا ، فإن تاب تاب الله عليه
Artinya: Orang yang minum khamr, tidak diterima shalatnya 40 hari. Siapa yang bertaubat, maka Allah memberinya taubat untuknya.
Jadi, peminum khomr tidak diterima Allah sholatnya bahkan ini tidak hanya berlaku hanya pada sholat saja tetapi semua amal. Namun, apabila ia telah bertobat maka Allah menerima tobatnya, masalah diterima atau tidak sebelum lewat 40 hari ibadah tersebut itu menurut kehendak Allah.
Ibnu Rojab dalam kitab Jami'il 'Ulum wal Hikam mengatakan
ومن هاهنا يعلم أن ارتكاب بعض المحرمات التي ينقص بها الإيمان تكون مانعة من قبول بعض الطاعات ، ولو كان من بعض أركان الإسلام بهذا المعنى الذي ذكرناه ، كما قال النبي صلى الله عليه وسلم : من شرب الخمر لم يقبل الله له صلاة أربعين يوما وقال : من أتى عرافا فصدقه بما يقول ، لم تقبل له صلاة أربعين يوما وقال : أيما عبد أبق من مواليه ، لم تقبل له صلاة .
https://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php...
Dalam kitab Zadul Masir dinyatakan:
والحكمة في تخصيص الأربعين يوما في هذا الحديث : أن أثر الخمر يبقى في جوف العبد وعروقه وأعضائه أربعين يوما
Adapun hikmah dalam menentukan empat puluh hari dalam hadits tsb di atas adalah: Bahwa Atsar atau bekas atau efek khomr akan membekas / tetap dalam tubuh manusia selama empat puluh hari,ia beredar bersama darah melalui urat-uratnya dan singgah di organ-organ dan anggota tubuh manusia peminumnya.
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php...
Wallahu A'lamu Bis Showaab