ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·26 OKTOBER 2016
PERTANYAAN
> Achmad Abu Hudzaiffaee
Assalaamu'alaikum wr.wb
dlam islam di haramkan bagi laki" memakai emas. Apakah sbabnya,,,?
#butuh_jawaban
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
yANG INI TIDAK MENJELASKAN SEBABNYA, HANYA MENGENAI HARAMNYA.
وكذلك أنهاهم عن لبس الذهب خواتيم وغير خواتيم ولو لبسوه فصلوا فيه كانوا مسيئين باللبس عاصين إن كانوا علموا بالنهي ولم يكن عليهم إعادة صلاة ; لأنه ليس من الأنجاس ألا ترى أن الأنجاس على الرجال والنساء سواء والنساء يصلين في الذهب .
Begitu juga Nabi melarang umat Islam laki-laki memakai emas baik dalam bentuk cincin atau lainnya. Apabila muslim memakai emas lalu shalat maka mereka berbuat buruk dan maksiat apabila mereka tahu atas larangan itu tapi tidak perlu mengulangi shalatnya karena emas tidaklah najis. Tidakkah anda tahu bahwa najis bagi laki-laki dan perempuan itu sama sedangkan wanita shalat dengan memakai emas.
Al-Umm I/111
{قوله وقليل الذهب وكثيره}
هذا تعميم بعد تخصيص ، فإن قوله ؛ والتختم بالذهب ، خاص ، وهذا عام وقوله ؛ أي استعمالهما ، احتاج لتقدير ذلك لأن التحريم لا يتعلق بالذوات وإنما يتعلق بالأفعال ، وقوله ؛ في التحريم سواء ، أي مستويان في التحريم على الرجال إلا أنفا وأنملة وسنا كما مر ، ومحل في الأنملة ما لم تكن أنملة إبهام ، وخرج بالأنملة الأنملتان من أصبع واحدة بخلاف الأنملة الواحدة ولو من الأصابع الأربعة من كل يد وعلى النساء الإحليا على العادة ، والفضة كالذهب إلا خاتما ولو لرجل على العادة بخلاف الختم كما مر
Hasyiyah al-Bajuuri I/241-242
Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah Al- Kuwaitiyyah, Juz : 21 Hal : 280
أجمع الفقهاء على تحريم استعمال حلي الذهب على الرجال لقوله صلى الله عليه وسلم: أحل الذهب والحرير لإناث أمتي، وحرم على ذكورها
Syarah Shohih Muslim Lin- Nawawi, Juz : 14 Hal : 31-32
حدثنا يحيى بن يحيى التميمي، أخبرنا أبو خيثمة، عن أشعث بن أبي الشعثاء، ح وحدثنا أحمد بن عبد الله بن يونس، حدثنا زهير، حدثنا أشعث، حدثني معاوية بن سويد بن مقرن، قال: دخلت على البراء بن عازب، فسمعته يقول: أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بسبع، ونهانا عن سبع: أمرنا بعيادة المريض، واتباع الجنازة، وتشميت العاطس، وإبرار القسم، أو المقسم، ونصر المظلوم، وإجابة الداعي، وإفشاء السلام، ونهانا عن خواتيم - أو عن تختم - بالذهب، وعن شرب بالفضة، وعن المياثر، وعن القسي، وعن لبس الحرير والإستبرق والديباج ........................................................ وأما خاتم الذهب فهو حرام على الرجل بالإجماع وكذا لو كان بعضه ذهبا وبعضه فضة حتى قالا أصحابنا لو كانت سن الخاتم ذهبا أو كان مموها بذهب يسير فهو حرام لعموم الحديث الآخر في الحرير والذهب إن هذين حرام على ذكور أمتي حل لإناثها
Subulus Salam, Juz : 1 Hal : 460
وعن أبي موسى - رضي الله عنه - أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: «أحل الذهب والحرير لإناث أمتي، وحرم على ذكورها» رواه أحمد والنسائي والترمذي وصححه .................................... [سبل السلام] وعن أبي موسى أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: " أحل الذهب والحرير) أي لبسهما (لإناث أمتي وحرم) أي لبسهما وفراش الحرير كما سلف (على ذكورها " رواه أحمد والنسائي وصححه) إلا أنه أخرجه الترمذي من حديث سعيد بن أبي هند عن أبي موسى، وأعله أبو حاتم بأنه لم يلقه وكذا قال ابن حبان في صحيحه: سعيد بن أبي هند عن أبي موسى معلول لا يصح، وأما ابن خزيمة فصححه، وقد روي من ثمان طرق غير هذه الطريق عن ثمانية من الصحابة، وكلها لا تخلو عن مقال ولكنه يشد بعضها بعضا. وفيه دليل على تحريم لبس الرجال الذهب والحرير، وجواز لبسهما للنساء
____________________________
hadits Nabi ;
أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ، وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ: أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ، وَاتِّبَاعِ الْجَنَازَةِ، وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ، وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ، أَوِ الْمُقْسِمِ، وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ، وَإِجَابَةِ الدَّاعِي، وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ، وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمَ - أَوْ عَنْ تَخَتُّمٍ - بِالذَّهَبِ، وَعَنْ شُرْبٍ بِالْفِضَّةِ، وَعَنِ الْمَيَاثِرِ، وَعَنِ الْقَسِّيِّ، وَعَنْ لُبْسِ الْحَرِيرِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالدِّيبَاجِ
"Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam memerintahkan kami untuk melakukan tujuh perkara dan melarang kami dari tujuh perkara. Beliau memerintahkan kami untuk menengok orang sakit, mengiringi jenazah, menjawab orang bersin, memenuhi sumpah, menolong orang teraniaya, mendatangi undangan, dan menyebarkan salam. Beliau melarang kami dari memakai cincin emas, minum dengan bejana emas, memekai mayatsir (alas duduk kendaraan dari sutra), memakai sutra dari al Qassu (daerah di Mesir), memakai sutra halus, memakai sutra tebal, dan memakai sutra yang kasar." (ShohihMuslim, no.2066)
أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي، وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا
"Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari umatku dan diharamkan bagi para lelakinya." (Sunan Nasa'i, no.5148 , Musnad Ahmad, no. 19503 dan Sunan Kubro Lil-Baihaqi, no.6112)
"Barangsiapa dari umatku mengenakan emas kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya emas di surga.Dan barangsiapa Dari umatku yang mengenakan sutera kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya sutera di surga." (HR. Ahmad)
_________________
apa alasannya atau apa logikanya laki2 tidak boleh memakai emas???
Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia,dan jika kita (para pria) mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas (peristiwa ini juga dikenal dengan sebutan "migrasi emas") Dan apabila hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer,
Zheimer adalah suatu penyakit di mana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental & fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Zheimer bukan penuaan normal,tetapi merupakan penuaan paksaan atau terpaksa.
Dan mengapa islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas?
Karena perlu dicatat bahwa wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan,partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui haid (datang bulan).
Wallahu A'lamu Bis Showaab
> Rèzä Pütrá Mádrìd
Sebab nya yaitu, dari segi kesehatan zat kandungan emas itu bisa meresap ke kulit yg bisa menimbul kan penyakit, nah knpa laki gk boleh karna org lk2 tidak mengalami menstruasi yg mana kandungan zat emas tdi bisa di keluarkan melalui darah mens tdi.
PERTANYAAN
> Achmad Abu Hudzaiffaee
Assalaamu'alaikum wr.wb
dlam islam di haramkan bagi laki" memakai emas. Apakah sbabnya,,,?
#butuh_jawaban
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam
yANG INI TIDAK MENJELASKAN SEBABNYA, HANYA MENGENAI HARAMNYA.
وكذلك أنهاهم عن لبس الذهب خواتيم وغير خواتيم ولو لبسوه فصلوا فيه كانوا مسيئين باللبس عاصين إن كانوا علموا بالنهي ولم يكن عليهم إعادة صلاة ; لأنه ليس من الأنجاس ألا ترى أن الأنجاس على الرجال والنساء سواء والنساء يصلين في الذهب .
Begitu juga Nabi melarang umat Islam laki-laki memakai emas baik dalam bentuk cincin atau lainnya. Apabila muslim memakai emas lalu shalat maka mereka berbuat buruk dan maksiat apabila mereka tahu atas larangan itu tapi tidak perlu mengulangi shalatnya karena emas tidaklah najis. Tidakkah anda tahu bahwa najis bagi laki-laki dan perempuan itu sama sedangkan wanita shalat dengan memakai emas.
Al-Umm I/111
{قوله وقليل الذهب وكثيره}
هذا تعميم بعد تخصيص ، فإن قوله ؛ والتختم بالذهب ، خاص ، وهذا عام وقوله ؛ أي استعمالهما ، احتاج لتقدير ذلك لأن التحريم لا يتعلق بالذوات وإنما يتعلق بالأفعال ، وقوله ؛ في التحريم سواء ، أي مستويان في التحريم على الرجال إلا أنفا وأنملة وسنا كما مر ، ومحل في الأنملة ما لم تكن أنملة إبهام ، وخرج بالأنملة الأنملتان من أصبع واحدة بخلاف الأنملة الواحدة ولو من الأصابع الأربعة من كل يد وعلى النساء الإحليا على العادة ، والفضة كالذهب إلا خاتما ولو لرجل على العادة بخلاف الختم كما مر
Hasyiyah al-Bajuuri I/241-242
Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah Al- Kuwaitiyyah, Juz : 21 Hal : 280
أجمع الفقهاء على تحريم استعمال حلي الذهب على الرجال لقوله صلى الله عليه وسلم: أحل الذهب والحرير لإناث أمتي، وحرم على ذكورها
Syarah Shohih Muslim Lin- Nawawi, Juz : 14 Hal : 31-32
حدثنا يحيى بن يحيى التميمي، أخبرنا أبو خيثمة، عن أشعث بن أبي الشعثاء، ح وحدثنا أحمد بن عبد الله بن يونس، حدثنا زهير، حدثنا أشعث، حدثني معاوية بن سويد بن مقرن، قال: دخلت على البراء بن عازب، فسمعته يقول: أمرنا رسول الله صلى الله عليه وسلم بسبع، ونهانا عن سبع: أمرنا بعيادة المريض، واتباع الجنازة، وتشميت العاطس، وإبرار القسم، أو المقسم، ونصر المظلوم، وإجابة الداعي، وإفشاء السلام، ونهانا عن خواتيم - أو عن تختم - بالذهب، وعن شرب بالفضة، وعن المياثر، وعن القسي، وعن لبس الحرير والإستبرق والديباج ........................................................ وأما خاتم الذهب فهو حرام على الرجل بالإجماع وكذا لو كان بعضه ذهبا وبعضه فضة حتى قالا أصحابنا لو كانت سن الخاتم ذهبا أو كان مموها بذهب يسير فهو حرام لعموم الحديث الآخر في الحرير والذهب إن هذين حرام على ذكور أمتي حل لإناثها
Subulus Salam, Juz : 1 Hal : 460
وعن أبي موسى - رضي الله عنه - أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: «أحل الذهب والحرير لإناث أمتي، وحرم على ذكورها» رواه أحمد والنسائي والترمذي وصححه .................................... [سبل السلام] وعن أبي موسى أن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - قال: " أحل الذهب والحرير) أي لبسهما (لإناث أمتي وحرم) أي لبسهما وفراش الحرير كما سلف (على ذكورها " رواه أحمد والنسائي وصححه) إلا أنه أخرجه الترمذي من حديث سعيد بن أبي هند عن أبي موسى، وأعله أبو حاتم بأنه لم يلقه وكذا قال ابن حبان في صحيحه: سعيد بن أبي هند عن أبي موسى معلول لا يصح، وأما ابن خزيمة فصححه، وقد روي من ثمان طرق غير هذه الطريق عن ثمانية من الصحابة، وكلها لا تخلو عن مقال ولكنه يشد بعضها بعضا. وفيه دليل على تحريم لبس الرجال الذهب والحرير، وجواز لبسهما للنساء
____________________________
hadits Nabi ;
أَمَرَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِسَبْعٍ، وَنَهَانَا عَنْ سَبْعٍ: أَمَرَنَا بِعِيَادَةِ الْمَرِيضِ، وَاتِّبَاعِ الْجَنَازَةِ، وَتَشْمِيتِ الْعَاطِسِ، وَإِبْرَارِ الْقَسَمِ، أَوِ الْمُقْسِمِ، وَنَصْرِ الْمَظْلُومِ، وَإِجَابَةِ الدَّاعِي، وَإِفْشَاءِ السَّلَامِ، وَنَهَانَا عَنْ خَوَاتِيمَ - أَوْ عَنْ تَخَتُّمٍ - بِالذَّهَبِ، وَعَنْ شُرْبٍ بِالْفِضَّةِ، وَعَنِ الْمَيَاثِرِ، وَعَنِ الْقَسِّيِّ، وَعَنْ لُبْسِ الْحَرِيرِ وَالْإِسْتَبْرَقِ وَالدِّيبَاجِ
"Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam memerintahkan kami untuk melakukan tujuh perkara dan melarang kami dari tujuh perkara. Beliau memerintahkan kami untuk menengok orang sakit, mengiringi jenazah, menjawab orang bersin, memenuhi sumpah, menolong orang teraniaya, mendatangi undangan, dan menyebarkan salam. Beliau melarang kami dari memakai cincin emas, minum dengan bejana emas, memekai mayatsir (alas duduk kendaraan dari sutra), memakai sutra dari al Qassu (daerah di Mesir), memakai sutra halus, memakai sutra tebal, dan memakai sutra yang kasar." (ShohihMuslim, no.2066)
أُحِلَّ الذَّهَبُ وَالْحَرِيرُ لِإِنَاثِ أُمَّتِي، وَحُرِّمَ عَلَى ذُكُورِهَا
"Emas dan sutra dihalalkan bagi para wanita dari umatku dan diharamkan bagi para lelakinya." (Sunan Nasa'i, no.5148 , Musnad Ahmad, no. 19503 dan Sunan Kubro Lil-Baihaqi, no.6112)
"Barangsiapa dari umatku mengenakan emas kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya emas di surga.Dan barangsiapa Dari umatku yang mengenakan sutera kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya sutera di surga." (HR. Ahmad)
_________________
apa alasannya atau apa logikanya laki2 tidak boleh memakai emas???
Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia,dan jika kita (para pria) mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas (peristiwa ini juga dikenal dengan sebutan "migrasi emas") Dan apabila hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer,
Zheimer adalah suatu penyakit di mana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental & fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil. Zheimer bukan penuaan normal,tetapi merupakan penuaan paksaan atau terpaksa.
Dan mengapa islam membolehkan wanita untuk mengenakan emas?
Karena perlu dicatat bahwa wanita tidak menderita masalah ini karena setiap bulan,partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh wanita melalui haid (datang bulan).
Wallahu A'lamu Bis Showaab
> Rèzä Pütrá Mádrìd
Sebab nya yaitu, dari segi kesehatan zat kandungan emas itu bisa meresap ke kulit yg bisa menimbul kan penyakit, nah knpa laki gk boleh karna org lk2 tidak mengalami menstruasi yg mana kandungan zat emas tdi bisa di keluarkan melalui darah mens tdi.