0329. MAKSUD “MAN AROFA NAFSAHU FAQOD AROFA ROBBAHU”

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·26 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
> Ichwan As-Seba
Assalamu alaikum sobat muslim wal muslimat mau numpang nanyak.maksutnya hadis " man roa nafsahu fakod roa robbahu"itu gimana???? 

JAWABAN
> El-saif Cah Assafinah Ppas 
Pada kitab jawahirttauhid dijelaskan :
man 'arofa nafsahu 'arofa robbahu, 
(ay) man 'arofa nafsahu bil huduusi wal faqiri   'arofa robbhu bilqodimi wal ghoniy,
barang siapa tau akan dirinya sendiri maka ia tau akan tuhan nya,
yaitu  barangsiapa tau akan dirinya sendiri bahwa dirinya adalah hudus (baru)  dan faqir (butuh) maka ia tau akan tuhan nya (ALLAH) itu qodim (dahulu  tanpa adanya permulaan) dan ghoniy (maha kaya)
wallahu a'lam

> Rofal Ajalah

فقد  كثر السؤال عن معنى الحديث الذى اشتهر على الألسنة" من عرف نفسه فقد عرف  ربّه"وربّما فهم منه معنى لا صحة له،وربّما نسب الى قوم أكابر،فرقمت فى هذه  الكراسة ما يبيّن الحال،ويزيل الإشكال.وفيه مقلات.المقال الأول: -انّ هذا  الحديث ليس بصحيح.وقد سئل عنه النووي فى  فتاويه،فقال:انّه ليس بثابت.وقال إبن تيمية:موضوع.وقال الزركشي فى الأحاديث  المشتهرة:ذكر إبن السمعاني انّه من كلام يحيى بن معاذ الرازى.
-المقال  الثانى فى معناه،قال النووى فى فتاويه معنه :من عرف نفسه بالضعف والافتقار  إلى الله والعبودية له،عرف ربّه بالقوّة والربوبية والكمال المطلق والصفات  العلي.
*وقال الشيخ تاج الدين بن عطاءالله في لطائف المتن: سمعت شيخنا اباالعبّاس المرسي يقول في هذاالحديث تاءويلان
-أحدهما أي من عرف نفسه بذلّها وعجزها وفقرها عرف الله بعزّه وقدرته وغناه.فتكون معرفة النفس اوّلا ثمّ معرفة الله من بعد.
-والثانى انّ من عرف نفسه فقد دلّ ذلك منه على أنه عرف الله من قبل.
"فالأول حال السالكين،والثانى حال المجذوبين" .....اهى فتاوي الصوفية للسيوطي ص ٢٨٨.
 والله أعلم

Di artikan dn di angen2 dewe ngeh

> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam
المقال  الأول: إن هذا الحديث ليس بصحيح وقد سئل عنه النووي في فتاويه فقال أنه  ليس بثابت وقال ابن تيمية وقال الزركشي ص في الأحاديث المشتهرة ذكر ابن  السمعاني أنه من كلام يحيى بن معاذ الرازي. 
المقال  الثاني في معناه: قال النووي في فتاويه: معناه من عرف نفسه بالضعف  والافتقار إلى الله والعبودية له عرف ربه بالقوة والربوبية والكمال المطلق  والصفات العلى. 

Maqalah yang pertama, ini bukanlah  hadits yang shahih, Imam Nawawi pernah ditanya, kemudian dijelaskan  dalam kitab fatawanya, itu bukanlah hadits yang kokoh kedudukannya, Ibnu  Taimiyah dan Imam Zarkasyi dalam kitab-kitab hadits yang terkenal yang  menyebutkan adalah Ibnu As-Sam'any, ini adalah maqolah Yahya bin Mu'adz  Ar-Razi.
Maqalah yang kedua tentang penjelasan tekstual diatas, Imam Nawawi menjelaskan dalam kitab Fatawanya.

"MAN 'ARAFA NAFSAHU"

Siapa  yang mengenali dirinya, dengan segala kekurangan dan sangat butuh  kepada Alloh dan menghamba kepada Alloh Swt, maka dia akan mempunyai  keimanan yang kokoh, mengetahui sifat-sifat ketuhanan dan kesempurnaan  sifat Alloh Swt Yang Maha Suci.
 (AL-HAWI FATAWA IMAM SUYUTHI)

http://www.al-eman.com/.../%20%D8%A...

Masih dalam kitab yang sama :
syeh tajuddin ibnu 'atoillah dlm kitab latoiful minan berkata :

" aku mendengar guruku abal abbas al mursy berkata: ' hadis ini mempunyai dua ta'wilan : 

أحدهما : أي من عرف نفسه بذلها وعجزها وفقرها عرف الله بعزه وقدرته وغناه ، فتكون معرفة النفس أولا ثم معرفة الله من بعد . 

والثاني : أن من عرف نفسه فقد دل ذلك منه على أنه عرف الله من قبل ، فالأول حال السالكين ، والثاني حال المجذوبين . 

1.  maksudnya barang siapa yg mengenal bahwa dirinya itu hina, lemah dan  butuh maka akan mengenal bahwa Allah itu maha agung, berkuasa dan kaya,  maka jadilah pengenalan ttg diri itu yg pertama kemudian pengenalan ttg  Allah setelahnya.

2. maksudnya bahwa  sesungguhnya orang yg mengenal dirinya sndiri maka ini menunjukkan bahwa  sesungguhnya dia telah mengenal Allah sebelumnya.

yg  pertama adalah keadaannya para salik (orang2 yg mengharapkan wushul ke  Allah) dan yg kedua adalah keadaan para majdzub (orang2 yg di tarik oleh  Allah dan sdh wushul ).

وقال أبو طالب  المكي في " قوت القلوب " : معناه إذا عرفت صفات نفسك في معاملة الخلق وأنك  تكره الاعتراض عليك في أفعالك وأن يعاب عليك ما تصنعه عرفت منها صفات  خالقك ، وأنه يكره ذلك فارض بقضائه وعامله بما تحب أن تعامل به . 

abu tolib al makki dlm kitab qutul qulub bekata :
"  maknanya jika engkau mengenal sifat2 nafsumu ketika berhubungan dengan  para makhluk yaitu engkau tdk suka para makhluk itu memprotes apa yg kau  kerjakan dan engkau tdk suka para makhluk mencela apa yg kau lakukan  maka dari situ engkau akan mengenal sifat2 penciptamu, DIA juga tdk suka  hal itu, maka ridholah dengan keputusanNYA dan berhubunganlah denganNYA  sebagaimana engkau sukai jk orang lain berhubungan denganmu."
 (Al-Hawiw lil Fatawi As-Suyuthi)

Wallahu A'lamu Bis Showaab. 



Komentari

Lebih baru Lebih lama