0330. HUKUM MENUNDA MANDI WAJIB

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·26 OKTOBER 2016

PERTANYAAN  
>Habib Cahyo
Assalamualaikum...
Bade tanglet ka sadaya.a,,, jka berhubungn suami istri di  pagi hari tp  mandi wajib.a di sore hri.a gmn hkum.a ? Ata0 mandi wajib.a esok hr.a  lg aph ttp sah? 

JAWABAN
> Kifayah Al Hadarun 
Wajib baginya mandi, meskipun tidak sampai keluar mani.”

Dalilnya adalah hadits Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu, bahwa Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda :

إذا جلس بين شعبها الأربع ثم جهدها فقد وجب الغسل

“Apabila  seseorang (laki-laki) telah duduk di atas empat cabang (wanita), lalu  dia bersungguh-sungguh (padanya), maka wajib baginya mandi.”
(HR Imam Al-Bukhori no. 291 dan Imam Muslim no. 348)

Kemudian dalam riwayat Imam Muslim ada tambahan :

وإن لم ينزل

“…..meskipun tidak sampai keluar air mani.”(HR Imam Muslim no. 348)
Catatan:  Tentang apa yang dimaksud dengan “empat cabang” (wanita), para ulama  berbeda-beda pendapat. Ada yang mengatakan : “kedua kaki dan kedua ujung  kemaluan”. Ada yang berpendapat : “kedua tangan dan kedua kakinya”. Ada  yang berpendapat : “kedua betis dan kedua paha”. Ada yang berpendapat :  “kedua paha dan kedua ujung kemaluan”……
(Fathul Bari Syarh Shohih Al-Bukhori, penjelasan hadits no. 291) Wallohu a’lam.
Dalam riwayat Abu Dawud (no. 216), 

>Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 

Seseorang  yang Junub baik disebabkan bersenggama atau sebab lainnya tidak  diharuskan untuk bersegera mandi kecuali telah sempitnya waktu untuk  sholat dan dibolehkan baginya melakukan aktivitasnya dan makruh baginya  tidur, makan sebelum ia membasuh kemaluannya  namun, dengan mandi sore hari ia maksiat krna meninggalkan sholat. Hal  ini berdasarkan hadits yang shahih bahwa pernah suatu ketika Abu  Hurairah berpapasan dengan Nabi sedangkan beliau dalam keadaan Junub  kemudian beliau menyelinap pergi kemudian mandi. Setalah beliau kembali  kepada Nabi, lalu Nabi bertanya kepada beliau "Kenapa eeh tadi ko'  ngilang aja?" maka Abu Hurairah menjawab: "Tadi saya sedang Junub wahai  Rasul". Kemudian Rasulullah SAW bERSABDA :

سبحان الله ، إن المسلم لا ينجس

“Subhaanallah, sesungguhnya seorang muslim tidak najis.”
(HR.Bukhari dan Muslim)

Ketika menjelaskan hadits ini, Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Baari menjelaskan :
وفيه جواز تأخير الاغتسال عن أول وقت وجوبه ، … وعلى جواز تصرف الجنب في حوائجه

“Hadis  ini dalil bolehnya mengakhirkan mandi junub dari awal waktunya,.. dan  bolehnya orang yang junub melakukan aktivitas untuk memenuhi  kebutuhannya.”

- Kitab Syarh An-Nawawi ala Shohih Muslim :

باب جواز نوم الجنب واستحباب الوضوء له وغسل الفرج إذا أراد أن يأكل أو يشرب أو ينام أو يجامع 
305  حدثنا يحيى بن يحيى التميمي ومحمد بن رمح قالا أخبرنا الليث ح وحدثنا  قتيبة بن سعيد حدثنا ليث عن ابن شهاب عن أبي سلمة بن عبد الرحمن عن عائشة  أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان إذا أراد أن ينام وهو جنب توضأ وضوءه  للصلاة قبل أن ينام
حاصل الأحاديث كلها أنه يجوز للجنب أن ينام ويأكل ويشرب ويجامع قبل الاغتسال ، وهذا مجمع عليه 
الي ان قال 
وفي  هذه الأحاديث المذكورة في الباب أن غسل الجنابة ليس على الفور ، وإنما  يتضيق على الإنسان عند القيام إلى الصلاة وهذا بإجماع المسلمين . 

Bab  boleh tidurnya orang junub dan anjuran wudhu dan membasuh farji baginya  ketika akan makan, minum, tidur atau jima' lagi. Dari aisyah bahwa  sesungguhnya Rasululloh shollallohu alaihi wasallam bila dalam keadaan  junub, lalu ingin tidur, beliau berwudhu’ sebagaimana wudhu’ ketika  hendak shalat sebelum tidur. (HR Muslim).
Dan masih banyak hadits serupa.
Kesimpulan  dari hadits semuanya adalah bolehnya orang junub utk tidur, makan,  minum dan jima' lagi sebelum mandi dan ini sudh menjadi ijma'. Dalam  hadits-hadits tsb bahwa mandi jinabat hukumnya tidak seketika itu juga  setelah senggama, hanya saja waktunya menjadi sempit baginya ketika akan  mendirikan sholat, dan ini sudah menjadi ijma' muslimin. 

- Kitab Hasyiyah al-Bajuri ala In Qosim (I/106) :

(وقوله  : يوجب الغسل) أي يترتب عليه وجوبه لكن على التراخي ويتضيق بإرادة نحو  الصلاة ولا يجب على الفور أصالة ولو على الزاني كما قاله الرملي خلافا لابن  العماد ولا نزر لكونه عاصيا بزناه لأن المعصية قد انقضت ويجب في خروج  المني ونحو الحيض بالخروج بشرط الإنقطاع

- Kitab Hasyiyah as-Syarqowi (I/78) :

ويعتبر في الموجب من هذه الثلاثة وخروج المني الانقطاع والقيام الى الصلاة أو نحوها.

- Kitab Al-Minhaj al-Qowiim (hal. 95) :

( ويكره للجنب الأكل والشرب والنوم والجماع قبل غسل الفرج والوضوء )
لما صح من الأمر به في الجماع وللاتباع في البقية إلا الشرب فمقيس على الأكل
( وكذا منقطعة الحيض والنفاس )
فيكره لها ذلك كالجنب بل أولى

Wallahu A'lamu Bis Showaab.

Komentari

Lebih baru Lebih lama