0368. AQIDAH : NABI ADAM DAN BUAH KHULDI

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·9 NOVEMBER 2016

PERTANYAAN   
> Sefrita Nur Khabibah Pshm
Ass darek tanglet jh apakah kita itu harus menyalah kn nabi adam gara2 mkn buah kurma kt d trunkn d bumi?

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Siapa  yang mengatakan Nabi Adam telah melakukan dosa besar atau dosa kecil  karena telah melanggar perintah Allah dengan memakan buah khuldhy maka  ia telah kafir.
Kita semua tau dan wajib beri'tikad bahwa seorang Nabi dan Rosul yang telah Allah pilih menjadi utusannya atau kekasihnya terpelihara dari dosa (amanah) baik dosa besar maupun dosa kecil.
Apakah Nabi Adam memakan buah khuldy ia telah bermaksiat?

Secara  Zhohir (kasat mata) memang Nabi Adam telah melakukan maksiat karena  melanggar perintah Allah namun pada hakikatnya ia diperintah memakannya.  Ini berarti dilihat secara zhohir beliau dilarang memakannya tetapi  kalau dilihat secara bathin malah beliau diperintah memakannya.
Sekali lagi saya tegaskan bahwa hal ini merupakan Rahasia Takdir yang Allah tetap baginya (Nabi Adam As).

"BARANG  SIAPA YANG BERKATA "NABI ADAM TELAH MELAKUKAN DOSA BESAR ATAU DOSA  KECIL KARENA MELANGGAR PERINTAH ALLAH, MAKA IA KAFIR".

 و الحق ان يقال ان ذلك من سر القدر فهي منهي عنه ظاهرا لا باطنا فانه  بالباطن مأمور بالاولى من قصة الخضر مع موسى و اخوة يوسف معه على انه  انبياء فان الله قال للملائكة اني جاعل في الارض خليفة كان قبل خلقه و هذا  الامر مبرم يستحيل تخلفه فلما خلقه و اسكنه الجنة اعلمه بالنهي عن الشجرة  صورة فهذا النهي صوري و اكله من الشجرة جبري لعلمه ان المصلحة مترتبة علي  اكله و انما سمي معصية نظرا للنهي الظاهري فمن حيث الحقيقة لم يقع منه  عصيان و من حيث الشريعة وقعت منه المخالفة و من ذلك قول ابن العربي لو كنت  مكان ادم لاكلت الشجرة بتمامها لما ترتب علي اكله من الخير العظيم و ان لم  يكن من ذلك الا وجود سيدنا محمد صلى الله عليه وسلم لكفى
انه اجتهد فأخطأ فسمى الله خطأه معصية فلم يقع منه صغيرة ولا كبيرة انما هو من باب حسنات الابرار سيئات المقربين فلم يتعمد المخالفة
ومن نسب التعمد و العصيان له بمعنى فعل الكبيرة او الصغيرة فقد كفر و من نفى اسم العصيان عنه فقد كفر ايضا لنص الاية

Dan  yg benar bahwa dikatakan sesungguhnya itu adalah sirrul qodar(rahasia  taqdir), maka ia dilarang scr zhohir tp tidak scr batin. Krn Nabi Adam  as. Pd batinnya adalah diperintah terlebih utama dari kisahnya Nabi  Khidir serta Nabi Musa dan saudara Nabi Yusuf beserta Nabi Yusuf apalagi  mereka itu adalah para Nabi. Sesungguhnya Allah SWT saat berfirman kpd  para malaikat “seseungguhnya aku akan menjadikan di bumi seorang  kholifah” adalah sebelum menciptakan Nabi Adam. Dan perkara ini adalah  pasti n mustahil salah. Lalu saat Allah menciptakannya n menempatkannya  di surga, diberi tahu dgn larangan makan buah pd rupanya(zohirnya).  Larangan ini adalah larangan shury n makan buahnya adalah jabary dgn  sengaja, tau n sadar karena ia tau bahwa kemaslahatan ada didalam  memakannya. Dan itu disebut ma’siat krn memandang pd larangan yg zohir.  Dan dilihat dari sisi syari’at terjadi drpdnya suatu pelanggaran. Dan  diantara ma’na ini apa yg dikatakan oleh Ibnul ‘Aroby “jika aku di  tempat Nabi Adam maka aku akan makan buah itu dgn sempurna krn ada dlm  memakannya itu kebaikan yg banyak, n jika tak ada satu kebaikan pun  selain wujudnya Sayyidina Muhammad SAW niscaya cukup.
Bahwa  sesungguhnya Adam berijtihad lalu salah ijtihadnya, maka Allah memberi  nama kesalahannya itu dgn ma’siat padahal tak pernah terjadi dpdnya dosa  kecil maupun dosa besar. Sesungguhnya ini termasuk dalam bab “hasanatul  abror sayyiatul muqorrobin”(kebaikan orang abror adalah kejahatan orang  muqorrobin).

BARANGSIAPA YG MEMBANGSAKAN SENGAJA N DOSA  KPD NABI ADAM DG MA’NA IA MELAKUKAN DOSA BESAR ATAU DOSA KECIL MAKA IA  TELAH KAFIR, SEBAGAIMANA JUGA YG MENOLAK NAMA MA’SIYAT DARIPADANYA KRN  ADA NASH AYAT QUR’AN.
Tafsir as-Shoowy I/22

Wallahu A'lamu Bis Showaab

Komentari

Lebih baru Lebih lama