0416. WAKAF : MERUBAH STATUS WAKAF

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·10 DESEMBER 2016

PERTANYAAN  
M'f mw nmpang t? Sdkit soal tnah waqaf, jika adh orng yng m'waqaf kn tnah untk msjid tp tnah i2 plh d drikan PAUD olh yg m'waqaf kn tanah i2 sndri, i2 hkum a gmn ea???? [Aliyyudin Al Asnaa]

JAWABAN
Apabila orang yang mewakafkan (wakif) telah mensyaratkan barang wakaf yang ia wakafkan dengan syarat tertentu seperti wakif mewakafkan tanah untuk dibangun masjid atau ia mensyaratkan barang wakafan khusus untuk seseorang maka persyaratan termasuk wajib dijalani bagi penerima wakaf dan tidak boleh menyelisihi persyaratan wakaf tersebut. Akan tetapi, bila tidak menyelisihi tujuan wakif maka boleh atau sudah menjadi adat daerah setempat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa orang yang menerima wakaf mendirikan PAUD/Sekolah hukumnya tidak boleh bila si wakif mensyaratkan barang wakafan tersebut untuk dibangun masjid. Namun, Bila wakif tidak ada mensyaratkan akan itu semua atau tidak menyelisih tujuan wakif maka boleh, atau pihak pendiri paud mempunyai perjanjian untuk membayar konterak tanah. Dan uang konterak itu di serahkan kepada masjid tersebut.  dan juga dibolehkan bila sudah berlaku adat setempat.

(وَلَوْ شَرَطَ) الوَاقِفُ (شَيْئًا) يُقْصَدُ كَشَرْطِ أَنْ لاَ يُؤَجِّرَ أَوْ أَنْ يُفَضِّلَ أَحَدًا أَوْ يُسَوِّيَ أَوْ اِخْتِصَاصِ نَحْوِ مَسْجِدٍ كَمَدْرَسَةٍ وَرِبَاطٍ بِطَائِفَةٍ كَشَافِعِيَّةٍ (أُتُّبِعَ) شَرْطُهُ رِعَايَةً لِغَرَضِهِ وَعَمَلاً بِشَرْطِهِ.

Jika wakif mensyaratkan sesuatu tentang peruntukkan wakaf, seperti mensyaratkan untuk tidak menyewakan, atau mengutamakan seseorang atau mempersamakannya atau untuk peruntukkan khusus, seperti masjid, sekolah dan pesantren madzhab Syafi’i maka persyaratannya itu wajib diikuti karena untuk memenuhi tujuan wakafnya dan melaksankan syaratnya.
Fath al-Wahhaab I/442

(تَنْبِيْهٌ) حَيْثُ أَجْمَلَ الْوَاقِفُ شَرْطَهُ أُتُّبِعَ فِيْهِ الْعُرْفُ المُطَََّرِدُ فِى زَمَنِهِ لأَنَّهُ بِمَنْزِلَةِ شَرْطِهِ.

PERINGATAN
Seandainya Wakif menentukan persyaratan wakafnya secara mujmal maka ketentuan umum yang berlaku pada masa itu harus diikuti, karena wakaf itu terikat oleh syaratnya.
Tuhfah al-Muhtaaj VI/298

Wallahu A'lamu Bis Showaab 

Musyawirin: Ustadz Nurman Nuri dan Ustadz Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 

Link Diskusi :>> https://www.facebook.com/groups/KajianKitabSalafiyah.TanyaJawab/permalink/1352993624719351/

Komentari

Lebih baru Lebih lama