043. ORANG YANG MENINGGALKAN SHALAT TERMASUK YANG TIDAK MUHTAROM


Pertanyaan:
Assalamu alaikum yai..izin bertanya dlm kitab safinnatunnajah di terangkan salah satu hewan yg tidak di muliakan adalah orang yg tinggal sholat..pertanyaanya apakah semua orang yg tinggal sholat di karegorikan seperti itu yai..?
[Embun Kinara Asyafa]

Jawaban:
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam kitab Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa memang begitu keterangannya Tanpa ada penjelasan lebih lanjut bahwa orang yang meninggalkan shalat termasuk dari hewan yang bukan Muhtarom. Ini artinya orang yang meninggalkan shalat boleh dibunuh dan dia kalau persediaan air sedikit dan orang yang memiliki air tetap menggunakan Air itu untuk berwudhu dan belum bisa tayammum. Sebab pengecualian bertayamum karena memberi minum hewan atau manusia hanyalah bagi keduanya muhtarom kalau tidak muhtarom tidak boleh. Keterangan ini sudah berlalu tempo hari pada terjemah kitab Kaasyifah as Sajaa Fii Syarh Safiinah an Najaa pasal Tayammum.

Nampaknya keterangan dari kitab Itu secara umum tanpa diberi penjelasan syarat orang yang meninggalkan shalat dikategorikan sebagai hewan/manusia bukan Muhtarom. Dari redaksi yang lain dapat diketahui bahwa orang yang meninggalkan shalat bukan Muhtarom disyaratkan:
• Meninggalkan shalat Tanpa ada udzur. Berbeda dengan ada udzur seperti karena lupa dan sebagainya 
• Mengeluarkan dari Waktu udzur meskipun dijamak dengan shalat yang sesudahnya.
• Diperintahkan shalat dan diperintahkan untuk bertobat dan ternyata tidak mau bertobat.

Itulah persyaratan orang yang meninggalkan shalat termasuk kategori bukan Muhtarom, bila semua persyaratan tersebut dimiliki seseorang ia termasuk kategori bukan Muhtarom. Maksud yang bukan muhtarom halal dibunuh dan yang Muhtarom tidak halal dibunuh. Wallahu A'lam

(Dijawab oleh: Ismidar Abdurrahman As-Sanusi)
Ibarot :

شرح المقدمة الحضرمية المسمى بشرى الكريم بشرح مسائل التعليم، صفحة ١٥١ المكتبة الشاملة
(حيوان) من آدمي وغيره وإن لم يكن له ولا معه؛ لأن هذه الأمور لا بدل لها، بخلاف الماء (محترم) وهو من حرم قتله كذمي وكلب غير عقور، بخلاف نحو مرتد وحربي وتارك صلاة -بشرطه الآتي- وزان محصن وكلب عقور، فلا يجوز لغير محترم شرب الماء، ويتيمم، ويحتمل خلافه؛ إذ لا يجوز له قتل نفسه، واستقربه في "الايعاب"، نعم إن كان إهداره يزول بتوبته كمرتد .. امتنع عليه شربه؛ لقدرته على التوبة المبيحة لترخصه، بخلاف نحو الزاني المحصن.

حاشية الشبراملشي على نهاية المحتاج ٢٧٤/١ المكتبة الشاملة
(قَوْلُهُ: وَتَارِكُ الصَّلَاةِ) أَيْ بَعْدَ أَمْرِهِ بِهَا وَامْتِنَاعِهِ مِنْهَا.
وَعِبَارَةُ حَجّ: وَمِنْهُ أَنْ يُؤْمَرَ بِهَا فِي الْوَقْتِ وَأَنْ يُسْتَتَابَ بَعْدَهُ فَلَا يَتُوبَ بِنَاءً عَلَى وُجُوبِ اسْتِتَابَتِهِ وَمِثْلُهُ فِي هَذَا كُلُّ مَنْ وَجَبَتْ اسْتِتَابَتُهُ، وَزَانٍ مُحْصَنٌ

حاشية الترمشي ١٩١/٢ دار المنهاج
وخرج بالمحترم وهو ما حرم قتله نحو المرتد والحربي والزاني المحصن وتارك الصلاة بشرطه والخنزير والكلب العقور لا الذي لا منفعة فيه ولا ضرر بل هو محترم.
قوله : (بشرطه) أي من كونه تركها من غير عذر من نحو نسيان وأن يخرجها عن وقت العذر إن كانت تجمع مع ما بعدها ، ومنه أن يؤمر بها وأن يستتاب بعده فلا يتوب؛ بناء على وجوب استتابته، ومثله في هذا كل من وجبت استتابته.

حاشية البجيرمي على الخطيب = تحفة الحبيب على شرح الخطيب، ٢٧٩/١ المكتبة الشاملة
قَوْلُهُ: (لِعَطَشِ حَيَوَانٍ مُحْتَرَمٍ) وَلَوْ ذِمِّيًّا أَوْ مُسْتَأْمَنًا أَوْ مُعَاهَدًا أَوْ بَهِيمَةً، فَخَرَجَ الْمُرْتَدُّ وَتَارِكُ الصَّلَاةِ وَالْحَرْبِيُّ وَالْخِنْزِيرُ فَلَا يَجُوزُ صَرْفُ الْمَاءِ إلَيْهِمْ. وَبَحَثَ بَعْضُهُمْ جَوَازَ صَرْفِهِ إلَى غَيْرِ الْمُحْتَرَمِ إنْ احْتَاجَ الْمُحْتَرَمُ إلَيْهِ كَأَنْ يَكُونَ خَادِمُهُ، وَلَمْ يَسْتَغْنِ عَنْهُ. وَقَوْلُهُ: مُحْتَرَمٌ الْمُرَادُ بِالْمُحْتَرَمِ مَا يَحْرُمُ قَتْلُهُ وَبِغَيْرِ الْمُحْتَرَمِ مَا لَا يَحْرُمُ قَتْلُهُ كَمُرْتَدٍّ وَزَانٍ مُحْصَنٍ وَتَارِكِ صَلَاةٍ.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama