ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·28 DESEMBER 2016
PERTANYAAN
السلام اليكم
Ajeng tanglet pak ustad.!
Apakah anak adopsi niku angsal ahli waris?.. kaleh anak adopsi (anak tiri) niku nopo angsal di akekohi?.. tolong penjelasane pak ustad / ustazah
والسلام اليكم.
[Fina Hidayatul Husna]
JAWABAN
Wa’alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokaatuh
Pada dasarnya anak yang diadopsi hukumnya sama dengan anak angkat, oleh sebab itu anak yang diadopsi tidak bisa dianggap sebagai anak sendiri dalam arti antara anak dan orang tua pengadopsi bukanlah mahrom, dari ketentuan ini juga si anak ttidak berhak akan warisan, haram ikhtilath dan sebagainya. Namun, anak yang diadopsi bisa menjadi mahrom bagi pengadopsi bila anak yang diadopsi diadopsi ketika masih kecil dan disusui oleh ibu pengadopsi sebelum berumur 2 tahun dan sudah mencapai 5 kali hisapan dan masuk dalam perut si anak. Oleh karena itu sebelum si anak dinyatakan mahrom sebagaimana dalam ketentuan diatas, maka tidak berhak bagi orang tua si anak pengadopsi memberikan warisan kepadanya, namun boleh memberikan sejumlah harta dengan ketentuan bukan sebagai warisan tapi sebagai hibah.
التبني بمعنى التربية والرعاية ذلك هو التبني الذي هو أبطله الإسلام هو الذي يضم فيه الرجل طفلا إلى نفسه يعلم أنه ولد غيره ومع هذا يلحقه بنسبه وأسرته ويثبت له كل أحكام النبوة وأثارها من إباحة إحتلاط وحرمة زواج واستحقاق ميراث، وهناك نوع يظنه الناس تبنيا وليس هو بالتبني الذي حرمه الإسلام وذلك أن يضم الرجل إليه طفلا يتيما أو لقيطا ويجعله كابنه في الحنو عليه والعناية به والتربية له فيحضنه ويطعمه ويكسوه ويعلمه ويعامله كأنه إبنه من صلبه ومع هذا لم ينسبه لنفسه ولم يثبت له أحكام النبوة المذكورة فهذا أمر محمود في دين الله يستحق صاحبه عليه المثوبة في الجنة.
Halal wa Harom Fi Islaam Hal. 218
.وإذا أرضعت المرأة بلبنها ولدا سواء شرب في حياتها أو بعد موتها وكان محلوبا في حياتها صار الرضيع ولدها بشرطين أحدهما أن يكون له دون الحولين بالأهلة____والشرط الثاني أن ترضعه أى المرضعة خمس رضعات متفرقة.
Hasyiyah al-Bajuuri II/181
والموانع أيضا أربعة كما قاله ابن الهائم في شرح كفايته الرق والقتل واختلاف الدين والدور الحكمي
وهو أن يلزم من توريث شخص عدم توريثه كأخ أقر بابن للميت فيثبت نسب الابن ولا يرث
Al-Iqnaa' Li Syarbiiny II/382
Wallahu A'lamu Bis Showab
Musyawirin : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi & Lainnya
https://www.facebook.com/notes/-kajian-kitab-salafiyah-tanya-jawab-/0225-apakah-anak-yang-diadopsi-berhak-mendapatkan-warisan/1371543462864367
PERTANYAAN
السلام اليكم
Ajeng tanglet pak ustad.!
Apakah anak adopsi niku angsal ahli waris?.. kaleh anak adopsi (anak tiri) niku nopo angsal di akekohi?.. tolong penjelasane pak ustad / ustazah
والسلام اليكم.
[Fina Hidayatul Husna]
JAWABAN
Wa’alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokaatuh
Pada dasarnya anak yang diadopsi hukumnya sama dengan anak angkat, oleh sebab itu anak yang diadopsi tidak bisa dianggap sebagai anak sendiri dalam arti antara anak dan orang tua pengadopsi bukanlah mahrom, dari ketentuan ini juga si anak ttidak berhak akan warisan, haram ikhtilath dan sebagainya. Namun, anak yang diadopsi bisa menjadi mahrom bagi pengadopsi bila anak yang diadopsi diadopsi ketika masih kecil dan disusui oleh ibu pengadopsi sebelum berumur 2 tahun dan sudah mencapai 5 kali hisapan dan masuk dalam perut si anak. Oleh karena itu sebelum si anak dinyatakan mahrom sebagaimana dalam ketentuan diatas, maka tidak berhak bagi orang tua si anak pengadopsi memberikan warisan kepadanya, namun boleh memberikan sejumlah harta dengan ketentuan bukan sebagai warisan tapi sebagai hibah.
التبني بمعنى التربية والرعاية ذلك هو التبني الذي هو أبطله الإسلام هو الذي يضم فيه الرجل طفلا إلى نفسه يعلم أنه ولد غيره ومع هذا يلحقه بنسبه وأسرته ويثبت له كل أحكام النبوة وأثارها من إباحة إحتلاط وحرمة زواج واستحقاق ميراث، وهناك نوع يظنه الناس تبنيا وليس هو بالتبني الذي حرمه الإسلام وذلك أن يضم الرجل إليه طفلا يتيما أو لقيطا ويجعله كابنه في الحنو عليه والعناية به والتربية له فيحضنه ويطعمه ويكسوه ويعلمه ويعامله كأنه إبنه من صلبه ومع هذا لم ينسبه لنفسه ولم يثبت له أحكام النبوة المذكورة فهذا أمر محمود في دين الله يستحق صاحبه عليه المثوبة في الجنة.
Halal wa Harom Fi Islaam Hal. 218
.وإذا أرضعت المرأة بلبنها ولدا سواء شرب في حياتها أو بعد موتها وكان محلوبا في حياتها صار الرضيع ولدها بشرطين أحدهما أن يكون له دون الحولين بالأهلة____والشرط الثاني أن ترضعه أى المرضعة خمس رضعات متفرقة.
Hasyiyah al-Bajuuri II/181
والموانع أيضا أربعة كما قاله ابن الهائم في شرح كفايته الرق والقتل واختلاف الدين والدور الحكمي
وهو أن يلزم من توريث شخص عدم توريثه كأخ أقر بابن للميت فيثبت نسب الابن ولا يرث
Al-Iqnaa' Li Syarbiiny II/382
Wallahu A'lamu Bis Showab
Musyawirin : Ismidar Abdurrahman As-Sanusi & Lainnya
https://www.facebook.com/notes/-kajian-kitab-salafiyah-tanya-jawab-/0225-apakah-anak-yang-diadopsi-berhak-mendapatkan-warisan/1371543462864367