0548. FIQIH SHALAT : SEDEKAP TANGAN AGAK MIRING KESAMPING KIRI

ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·6 MEI 2017

PERTANYAAN
> Ilalang Berkabut
Assalamu'alaikum..
Q pernah mendapati seorang perempuan sedang sholat..ktika takbiratul ikhram tgn nya tdk pada perut/d atas pusar tp agak kesebelah sisi kiri perut..
Yg mw q tnyakan,apakah sah/di bolehkan,ataw akn mempengaruhi rukun shalat..

JAWABAN
> Abdimah Jalmi Alit Af 
Wa'alaikumussalaam

Disunahkan meletakkan dua telapak tangan di bawah dada,diatas pusar. condong ke arah kiri karena hati berada disana.
Adapun hikmah meletakkan tangan di daerah tersebut (tempat hati) karena hati adalah anggota tubuh yang paling mulia,(dengan maksud menjaga iman dalam hati.
maka sesungguhnya seseorang bila menjaga sesuatu maka ia akan meletakkan tangannya disana.
Dalilnya karena Itba' kepada nabi SAW,yaitu hadits yang diriwayatkan ibnu huzaimah dari wail bin hajar,beliau (wail bin hajar) berkata : Aku sholat beserta Nabi SAW maka rosul meletakkan tangan kanannya diatas tangan kirinya dibawah dada beliau.
I'aanatu ththoolibiin 1:135
Walloohu a'lam 

Link Ibaroh bergambar:
https://www.facebook.com/photo.php?...

> Al Madad 
waalaikum salaam,,,dari 14 rkun solat salah satunya adlah tkbirotul ihrom,,,,jdi mnaruh tngan hkumnya sunnah,tpi wlaupun sunnah kita harus tau tata caranya supaya mndpatkan kesunahan tersebut, ,,jdi hukum solatnya sah,lebih bgusnya mnaruh tngan di atas puser/wudel dibawah dada 

> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam Wr.Wb 
Semoga membantu:

0145. FIQIH SHALAT : SEDEKAP DENGAN TANGAN SEDIKIT MIRING KE KIRI
ISMIDAR ABDURRAHMAN AS-SANUSI·31 OKTOBER 2016

PERTANYAAN
> Abdullah Al-Jamal
Assalamu'alaikum
Numpang tanya kyai; saya sudah membaca dokumen gruf ini masalah sedekap tepatnya pada dokumen ke 010, disana dijelaskan sedekap dengan meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri dan dilletakkan dibawah dada.

Namun, ada yang sedikit berbeda dari penuturan ustadz saya dan kebanyakan yang dilakukan orang Aswaja dimana, memang begitu caranya hanya saja tangan tidak terlalu dibawah dada tetapi agak di miringkan ke kiri. Pertanyaan saya:
Apa hukum tangan agak miring ke kiri dalam bersedekap dan adakah dasarnya?
Terima kasih atas jawabannya.
Wassalamu'alaikum

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi 
Wa'alaikumussalam

Ketika bersedekap tangan agak miring kekiri hukumnya sunah dan hal tersebut juga ada dasarnya.

فَالْمُرَادُ بِالْمُحَاذَاةِ التَّقْرِيبِيَّةُ لَا الْحَقِيقِيَّةُ خِلَافًا لِمَا يَفْعَلُهُ بَعْضُ الطَّلَبَةِ مِنْ جَعْلِ الْكَفَّيْنِ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ مُحَاذِيَتَيْنِ لِلْقَلْبِ حَقِيقَةً فَإِنَّهُ مَعَ مَا فِيهِ مِنْ الْحَرَجِ يُخَالِفُ قَوْلَهُمْ وَجَعْلُ يَدَيْهِ تَحْتَ صَدْرِهِ فَإِنَّ الْيُسْرَى حِينَئِذٍ يُجْعَلُ جَمِيعُهَا تَحْتَ الثَّدْيِ الْأَيْسَرِ بَلْ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ لَا تَحْتَ الصَّدْرِ

Tuhfah al-Muhtaaj VI/205-206

قوله: (يحاذيه) أي القلب فإنه تحت الصدر مما يلي جانب الايسر نهاية، أي فالمراد بالمحاذاة التقريبية لا الحقيقية خلافا لما يفعله بعض الطلبة من جعل الكفين في الجنب الايسر محاذيتين للقلب حقيقة فإنه مع ما فيه من الحرج يخالف قولهم: وجعل يديه تحت صدره فإن اليسرى حينئذ يجعل جميعها تحت الثدي الايسر بل في الجنب الايسر لا تحت الصدر،.

Hawaasyi as-Syarwaany II/203

وعن الشافعي : لإذهاب الوسواس سواء كان في وضوء أو غيره أن يضع الشخص يده اليمنى على صدره من جهة اليسار الذي فيه القلب ويقول : سبحان الملك القدوس الخلاق الفعال سبع مرات ثم يقول : ) إن يشأ يذهبكم ويأت بخلق جديد وما ذلك على الله بعزيز } ) إبراهيم : 19 )

Tuhfah al-Habiib ala Syarh al-Khothiib I/230

وَيُسَنُّ أَنْ تَكُونَا إلَى جِهَةِ الْيَسَارِ أَمْيَلَ لِمَا ذُكِرَ إذْ هِيَ مَحَلُّهُ لِأَنَّ مَنْ احْتَفَظَ عَلَى شَيْءٍ جَعَلَ يَدَيْهِ عَلَيْهِ

Hasyiyah Bujairomi ala al-Khothiib IV/347

( ووضعهما ) أي الكفين ( تحت صدره آخذا بيمينه يساره ) أي قابضا كوع يساره بكفه اليمنى ويجعلهما تحت صدره وفوق سرته مائلتين إلى جهة يساره قليلا لخبر مسلم عن وائل أنه صلى الله عليه وسلم رفع يديه حين دخل في الصلاة ثم وضع يده اليمنى على اليسرى

Nihaayah az-Zain I/58

ويسن أن تكونا إلى جهة اليسار أميل لما ذكر إذ هي محله لأن من احتفظ على شيء جعل يديه عليه

Tuhfah al-Habiib ala Syarh al-Khothiib II/212

وله تحت صدره وفوق سرته ) أي مائلا إلى جهة يساره لأن القلب فيها

I'aanah at-Thoolibiin I/135

لمستحب عند الشافعية: أن يجعلهما تحت الصدر فوق السرة، مائلاً إلى جهة اليسار؛ لأن القلب فيها، فتكونان على أشرف الأعضاء، وعملاً بحديث وائل بن حجر السابق: « رأيت رسول الله صلّى الله عليه وسلم يصلي، فوضع يديه على صدره، إحداهما على الأخرى » ويؤيده حديث آخر عند ابن خزيمة في وضع اليدين على هذه الكيفية.

Al-Fiqh al-Islaam II/62

Wallahu A'lamu Bis Showaab 


Link Mudzakaroh:

Komentari

Lebih baru Lebih lama