PERTANYAAN
* An-Nur Al-Khutamy
Assalamu'alaikum..
Mohon d tanggapi.
Misalkan seseorg menjual brang yg kmudian d beli oleh pencuri atau penjudi yg jelas uang.a d peroleh dg jalan yg tdk sesuai syariat, dan si penjual tahu kalo pmbeli.a adalah pnjudi atopun pencuri.
Pertaxaan.a: bgaimana hkum.a si pnjual it menggunakan uang yg dri pencuri ato penjudi tersebut?
Mohon tanggapan.a.
JAWABAN
* Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warohmatullohi Wabarokaatuh
Hukum menerima uang dari penjudi bagi pedagang dan menggunakannya ditafsil sebagai berikut:
* Makruh hukumnya mengambil sesuatu yang dihasilkan dari pekerjaan yang haram dan halal dengan syarat tidak diyakini harta tersebut murni dari yang haram.
* Bila diyakini dan pedagang tersebut tahu bahwauang itu didapat dari penghasilan yang HARAM Maka hukumnya HARAM dan bahkan jual belinya tidak sah kecuali apabila si pedagang tersebut merelakannya maka jual-belinya sah akan tetapi uang tersebut tetap haram bagi pedagang/penjual.
Referensi:
إعانة الطالبين ج 3 ص 9
ولو اشترى طعاما في الذمة وقضى من حرام فإن أقبضه له البائع برضاه قبل توفية الثمن حل له أكله أو بعدها مع علمه أنه حرام حل أيضا .وإلا حرم أى .وإن لم يعلم البائع أن الثمن الذي وفاه المشتري حرام حرم على المشتري أكل ذلك الطعام إلى أن يبرئه أو يوفيه من حل قاله شيخنا
إعانة الطالبين ج 3 ص 24
ويكره بيع ماذكر ممن توهم منه ذلك___ومعاملة من بيده حلال وحرام وإن غلب الحرام الحلال نعم إن علم تحريم ما عقد به حرم و بطل
*********************************
(فـائدة) قال فـي الـمـجموع: يكره الأخذ مـمن بـيده حلال وحرام. كالسلطان الـجائر وتـختلف الكراهة بقلة الشبهة وكثرتها، ولا يحرم إلا أن تـيقن أن هذا من الـحرام. وقول
الغزالـي : يحرم الأخذ مـمن أكثر ماله حرام، وكذا معاملته شاذّ. اهــــ
FAIDAH
Pengarang kitab berkata dalam kitab Al-Majmuu' "Makruh mengambil sesuatu dari orang yang berpenghasilan halal dan haram, seperti halnya raja yang lalim.Kemakruhannya berbeda beda menurut banyak / sedikitnya barang syubhat yang mencampurinya, walaupun makruh namun tidak sampai haram.Terkecuali bila diyakini berasal dari penghasilan haram maka haram hukumnya.Sedangkan perkataan Al-Ghozali “haram mengambil sesuatu serta bermuamalah dengan orang yang kebanyakan hartanya berasal dari barang haram” adalah pendapat yang syadz.
I'aanah at-Thoolibiin II/214
Wallahu A'lamu Bis Showaab
LINK ASAL: