0583. FIQIH SHALAT : LUPA MELAKUKAN SUJUD SAHWI KARENA MENINGGALKAN TASYAHUD AWAL DAN TERINGAT SESUDAH SALAM SAHKAH SHALATNYA?

PERTANYAAN
> Azkiya Aish
Assalamu.alaikum
ketika sholat jka org lupa tdk tahiyat awal mka hrus d ganti dg sjud sahwi, akan tetapi trnyata org it jga lupa tdk sjud sahwi n baru ingat stelah salam(bhwa dri,a tdk melakukan tahiyat awal ug lupa tdk sjud sahwi).
Pertanyaan,a :
sahkah sholat,a?
Atau haruskah i'adah?
atas tanggapan,a matur nuwun.
Wassalam

JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Waalaikumussalam


Tetap sunah melakukan sujud sahwi dengan syarat jarak antara salam dan ingatnya tidak lama menurut kebiasaan.

الغرر البهية : (369/1)

(وَالذَّاكِرُ) لِلسَّهْوِ بَعْدَ سَلَامِهِ (عَنْ قُرْبِ الْأَمَدْ) مِنْهُ وَمَرْجِعُهُ الْعُرْفُ (يَسْجُدُ) لِلسَّهْوِ (إنْ أَرَادَ) السُّجُودَ لَهُ (ثُمَّ سَلَّمَا) ثَانِيًا لِخَبَرِ الصَّحِيحَيْنِ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ «أَنَّهُ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - صَلَّى الظُّهْرَ خَمْسًا، فَلَمَّا انْفَتَلَ قِيلَ لَهُ ذَلِكَ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ، ثُمَّ سَلَّمَ»
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Begini saja dalam menjawab persoalan diatas maka saya memberi kesimpulan:


Bila mengikuti madzhab Syafi'i meskipun meninggalkan tasyahud awal dan meninggalkan sujud sahwi maka shalatnya tetap sah karena Syafi'iyyah menghukumi tasyahud awal hukumnya sunah, jadi perkara sunah ditinggalkan tidak akan berakibat membatalkan shalat. Namun, kalau si penanya menganut Madzhab Hanbali (Imam Ahmad) maka shalatnya tidak sah, karena bagi mereka tasyahud awal hukumnya wajib.

Oleh karena itu, saya rpibadi menyerahkan pada si sail, mengenai sah atau tidaknya shalat karena meninggalkan tasyahud awal itu kembali madzhab mana si sail menganut, kalau madzhab Syafi'i, madzhab Maliki dan Madzhab Hanafi, tidak batal karena tasyahud awal hukumnya sunah, kalau mengikut madzhab Hanbali tidak sah. Wallahu A'lam

- Kitab Al-Majmuu' ala Syarh al-Muhadzdzab:

( فرع ) في مذاهب العلماء في حكم التشهد الأول ، والجلوس له . [ ص: 430 ] مذهبنا : أنهما سنة ، وبه قال أكثر العلماء ، منهم مالك والثوري والأوزاعي وأبو حنيفة ، قال الشيخ أبو حامد وغيره : وهو قول عامة العلماء وقال الليث وأحمد وأبو ثور وإسحاق وداود : هو واجب ، قال أحمد : إن ترك التشهد عمدا بطلت صلاته ، وإن تركه سهوا - سجد للسهو - وأجزأته صلاته .

Link Asal>>


Komentari

Lebih baru Lebih lama