071. FIQIH SHALAT : MENGERASKAN DAN MEMELANKAN QUNUT




PERTANYAAN  
Assalamu'alaikum ustadz and ustadzah,Nun sewu ...kulo bade tanglet maleh?...
Mana yg benar ktka imam bca Qunut shlt shubuh?...

1.ada yg ngubah baca'an :..
-ALLAAHUMMAHDINII>mnjdi >ALLAAHUMMAHDINAA
-....WA'AAFINII>menjdi>WA'AAFINAA dst'a.

2.ketika nyampai bc'an...FAINNAKA TAQDHII s/d ASTAGHFIRUKA WA ATUUBU ILAIK,knpa d bca pelan(syir)?..
Dan bc'an WASHOLLALLAHU dst d bca kras(jahr)?
Syukron ats jwbn'a?

JAWABAN
Wa'alaikumussalam.

No. 1
https://m.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/59-qunut-subuh-berdasarkan-kitab-al-adzkar/1104409336273717/?refid=18

No. 2
Dalam berdo'a qunut di sunatkan bagi Imam dengan suara keras baik pada sholat jahriyyah maupun sirriyyah akan tetapi kerasnya kurang dari kerasnya bacaan fatihah dan surat pada sholat jahriyyah.

Bagi orang yang sholat sendirian berdo'a qunut dengan sirri (tidak keras) secara muthlak

Bagi makmum yang mendengar qunutnya imam cukup dengan meng-amin-i do'a qunutnya imam (meng-amin-inya dengan suara keras) , adapun pada tsana' (yaitu lafadz fa innaka taqdli walaa yuqdlo 'alaik dan seterusnya) makmum tidak mengamini tsana'nya imam tetapi ikut membacanya dengan suara lirih (tidak keras) atau membenarkannya dengan membaca Asyhadu atau Balaa wa ana 'alaa dzaalka minasy-syahidin atau dengan mendengarkannya saja (namun ikut membacanya lebih utama) kemudian setelah sampai pada bacaan sholawat makmum mengamini sholawatnya imam.

Bagi makmum yang tidak mendengar do'a qunutnya imam maka membaca do'a qunut sendiri dengan suara lirih (tidak keras)

Baca Minhaj al-qowim ibnu hajar a-Haitami (faslun fii sunan al-i'tidal)

"والجهر به للإمام" في الجهرية والسرية للاتباع ولكن الجهر به دون الجهر بالقراءة، وأما المنفرد فيسر به مطلقًا. "وتأمين المأموم" جهرًا إذا سمع قنوت إمامه "للدعاء" منه ومن الدعاء الصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيؤمن لها. "ويشاركه في الثناء" سرًا وهو: فإنك تقضي ولا يقضى عليك ... إلخ, فيقوله سرًا أو يقول: أشهد أو بلى وأنا على ذلك من الشاهدين أو نحو ذلك أو يستمع والأول أولى. "و" يسن "قنوته" سرًا "إن لم يسمع قنوت إمامه" كبقية الأذكار والدعوات التي لا يسمعها "ويقنت" ندبًا "في" اعتدال الركعة الأخيرة من "سائر" أي باقي "المكتوبات للنازلة" إذا نزلت بالمسلمين أو بعضهم إن عاد نفعه عليهم كالعالم والشجاع1 والخوف من نحو عدو ولو من المسلمين والقحط والجراد والوباء والطاعون ونحوها لما صح أنه صلى الله عليه وسلم فعل ذلك شهرًا2 لدفع ضرر عدوه عن المسلمين، وخرج بالمكتوبة النفل والمنذورة وصلاة الجنازة فلا يسن فيها

Mujawwib: [Ismidar Abdurrahman As-Sanusi]
LINK ASAL:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1107387862642531/
Libk Dokumen: https://www.facebook.com/notes/diskusi-hukum-fiqih-berdasarkan-empat-madzhab/071-fiqih-shalat-mengeraskan-dan-memelankan-qunut/1111582932223024/

Komentari

Lebih baru Lebih lama