PERTANYAAN
Assalamu alaikum.. mohon pendapatnya.. ini sebetulnya pertanyaan mendasar sekali.
saya termasuk org yg nafasnya pendek-pendek.. jadi klo baca fatihah pas lafadz انعمت عليهم berhenti dulu. ambil nafas...
Karena di situ ada tanda waqof لا maka ketika saya meneruskan bacaannya, saya mengulang lafadz sebelumnya.. saya mengulang lafadz انعمت عليهم
pertanyaan nya apa emang harus diulang ?? bagaimana klo langsung ke lafadz غير المغضوب ??
soalnya yg saya perhatikan kebanyakan orang seperti itu... berhenti di انعمت عليهم ambil nafas dan langsung ke غير المغضوب
JAWABAN
> Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh
Menurut Madzhab Syafi'i yang lebih utama tidak waqof pada lafadz انعمت عليهم , karena disitu bukan tempat waqof dan tidak pula ujung ayat; hanya saja kalau waqof disitu tidak batal shalatnya tapi tidak sunah mengulangi dari awal ayat (lafadz صراط) tapi lanjutkan setelah lafadz انعمت عليهم.
والاولى أن لا يقف على * (أنعمت عليهم) * لانه ليس بوقف ولا منتهى آية عندنا، فإن وقف على هذا لم تسن الاعادة من أول الآية.
قوله: فإن وقف على هذا) أي على * (أنعمت
عليهم) * (قوله: لم يسن الإعادة من أول الآية) أي من قوله: * (صراط الذين) * إلخ.
وعبارة ع ش: فلو وقف عليه لم يضر في صلاته، والأولى عدم إعادة ما وقف عليه والابتداء بما بعده.
“Yang lebih utama agar tidak waqof (berhenti) pada lafadz AL-AN'AMTA 'ALAIHIM karena lafadz Itu bukan tempat waqof dan tidak pula ujung ayat menurut kalangan kita, hanya saja bila waqof disitu tidak sunah mengulang dari awal ayat.
(Pernyataan "Bila waqof disitu") artinya pada lafadz AL-AN'AMTA 'ALAIHIM
(Pernyataan "Tidak Sunah mengulang dari awal ayat") artinya lafadz SHIROTHOL LADZIINA. Redaksi Syibromalisy: Bila waqof disitu tidak membahayakan shalatnya dan yang lebih utama tidak mengulang apa yang waqof padanya dan memulai dengan yang sesudahnya”
[I'aanah at Thoolibiin I/172]
قَالَ فِي الْمَجْمُوعِ وَيُسَنُّ وَصْلُ الْبَسْمَلَةِ بِالْحَمْدِ لِلْإِمَامِ وَغَيْرِهِ وَأَنْ لَا يَقِفَ عَلَى أَنْعَمْت عَلَيْهِمْ لِأَنَّهُ لَيْسَ بِوَقْفٍ وَلَا مُنْتَهَى آيَةٍ عِنْدَنَا اهـ. فَإِنْ وَقَفَ عَلَى هَذَا لَمْ تُسَنَّ لَهُ الْإِعَادَةُ مِنْ أَوَّلِ الْآيَةِ
“Dalam Kitab Al Majmuu' (Imam Nawawi) berkata: Disunahkan menyambung basmalah dengan Alhamdulillah bagi imam dan selainnya dan yang lebih utama tidak waqof pada lafadz AL-AN'AMTA 'ALAIHIM karena lafadz Itu bukan tempat waqof dan tidak pula ujung ayat menurut kalangan kita, hanya saja bila waqof disitu tidak sunah mengulang dari awal ayat”
[Tuhfah al Muhtaaj II/58]
وَالْأولَى أَن لَا يقف على أَنْعَمت عَلَيْهِم لِأَنَّهُ لَيْسَ بوقف تَامّ وَلَا مُنْتَهى آيَة عندنَا
[Nihaayah Az Zain Halaman 63]
Wallahu A'lamu Bis Showaab
Link Diskusi: