0631. HUKUM BERMAKMUM PADA ORANG SHALAT SUNAH DAN SEBALIKNYA



PERTANYAAN:
Assalamu'alaikum
maaf pak kiyai mau tanya lg ni. Ceritanya gni "
Kan ada temen yg sholat sunat qobliyah .. terus tiba" ada org yg dateng dan orang itu mengira klo temen saya sedang sholat dzuhur lalu org itu bermakmum pada temen saya.
pertanyaan nya:
1. Apakah orang itu sah solat dzuhur nya?
2.Apa yg harus di lakukan temen sya ketika hal tersebut terulang lg?
Mhon di bantu jwaban nya pak kyai karena besar kemungkinan hal demikian bisa terjadi jg pada kita semua..
Terima kasih..!
Terima kasih.
(Abdullah Rasyid Zaelani)

JAWABAN:
Wa'alaikumussalam Wr.Wb

HUKUM BERMAKMUM PADA IMAM SHALAT SUNAH DAN SEBALIKNYA
Diperbolehkan orang yang shalat fardhu bermakmum dengan orang shalat sunah, seperti; Shalat Isya' dibelakang shalat tarawih, maka bila Imam salam makmum berdiri untuk menyempurnakan shalatnya.
Diperbolehkan juga shalat sunah bermakmun dengan orang shalat fardhu seperti seseorang berniat empat rokaat shalat sunah dibelakang shalat Isya', boleh juga orang yang shalat fardhu bermakmum dengan orang yang shalat fardhu yang lain seperti; orang yang shalat dzuhur dibelakang orang yang shalat ashar, begitulah seterusnya, inilah pegangan Madzhab Syafi'i, 'Atho', Thowus, Al_Auza'i, Ahmad dan Ishaq.

Menurut az_Zuhri, Robi'ah, Imam Malik dan Yahya Al_Anshory bila berbesada niat Imam dan makmum maka tidak sah bermakmum dengannya. Menurut pendapat ini bila shalat makmum dan Imam berbeda niat maka tidak sah, ambil saja contoh: Orang yang shalat Maghrib dengan orang shalat witir.

Menurut Imam Abu Hanifah dan para pengikutnya diperbolehkan orang yang shalat sunah shalat dibelakang orang yang shalat fardhu (jadi makmum) dan tidak diperbolehkan orang yang shalat fardhu shalat dibelakang orang yang shalat sunah, tidak diperbolehkan juga orang yang shalat fardhu shalat dibelakang orang yang shalat fardhu bila fardhu keduanya berbeda.

Dalil Madzhab Syafi'i adalah riwayat berikut:
روي: «أن معاذًا كان يصلي مع النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - العشاء، ثم يرجع إلى قومه في بني سلمة، فيصلي بهم العشاء، هي له تطوع، ولهم فريضة العشاء، فأخر النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - ذات ليلة العشاء، ثم رجع معاذ إلى قومه، فصلى بهم، واستفتح سورة البقرة، فتنحى رجل، وصلى فقال له قومه: نافقت، فأتى النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وقال: يا رسول الله، إن معاذًا يصلي معك العشاء، ثم يرجع إلينا فيصلي بنا، فأخرت العشاء، فصلى معك، ثم رجع إلينا وصلى بنا، وافتتح بسورة البقرة، فتنحيت، وصليت وحدي، وإنا أصحاب نواضح، نعمل بأيدينا، فقال النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: "أفتان أنت يا معاذ؟ أفتان أنت يا معاذ؟ "، وأمره أن يقرأ سورة كذا» ، وفي رواية أخرى: أمره أن يقرأ: {وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ} [الطارق: ١] [الطارق] ، و {سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى} [الأعلى: ١] [الأعلى] ، و {وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى} [الليل: ١] [الليل]
Dikarenakan Iqtida'terletak pada perbuatan yang zhohir dan yang demikian itu memungkinkan berbedanya niat.
Wallahu A'lamu Bis Showaab

Referensi:
Al_Bayan Fi Fiqh al_Imam as_Syafi'i II/410-411:

 فرع صلاة الفريضة خلف المتنفل]
] : يجوز للمفترض أن يأتم بالمتنفل، مثل: أن يصلي العشاء خلف من يصلي التراويح، فإذا سلم الإمام قام المأموم، فأتم صلاته.
ويجوز للمتنفل أن يأتم بالمفترض، كمن نوى أربع ركعات تطوعًا خلف من يصلي العشاء، ويجوز للمفترض أن يأتم بالمفترض في صلاة أخرى، كمن يصلي الظهر خلف من يصلي العصر، هذا مذهبنا، وبه قال عطاء، وطاوس، والأوزاعي، وأحمد، وإسحاق.
وقال الزهري، وربيع، ومالك، ويحيى الأنصاري: (إذا اختلفت نية الإمام والمأموم لم يصح أن يأتم به) .
وقال أبو حنيفة وأصحابه: (يجوز للمتنفل أن يصلي خلف المفترض، ولا يجوز للمفترض أن يصلي خلف المتنفل، ولا للمفترض أن يصلي خلف المفترض، إذا اختلف فرضاهما) .
دليلنا: ما روي: «أن معاذًا كان يصلي مع النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - العشاء، ثم يرجع إلى قومه في بني سلمة، فيصلي بهم العشاء، هي له تطوع، ولهم فريضة العشاء، فأخر النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - ذات ليلة العشاء، ثم رجع معاذ إلى قومه، فصلى بهم، واستفتح سورة البقرة، فتنحى رجل، وصلى فقال له قومه: نافقت، فأتى النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، وقال: يا رسول الله، إن معاذًا يصلي معك العشاء، ثم يرجع إلينا فيصلي بنا، فأخرت العشاء، فصلى معك، ثم رجع إلينا وصلى بنا، وافتتح بسورة البقرة، فتنحيت، وصليت وحدي، وإنا أصحاب نواضح، نعمل بأيدينا، فقال النبي - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: "أفتان أنت يا معاذ؟ أفتان أنت يا معاذ؟ "، وأمره أن يقرأ سورة كذا» ، وفي رواية أخرى: أمره أن يقرأ: {وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ} [الطارق: ١] [الطارق] ، و {سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى} [الأعلى: ١] [الأعلى] ، و {وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى} [الليل: ١] [الليل] .
ولأن الاقتداء يقع في الأفعال الظاهرة، وذلك ممكن مع اختلاف النية.

Mujawwib: Ismidar Abdurrahman as_Sanusi

Link Diskusi:
https://www.facebook.com/groups/asawaja/permalink/1457923420922305/

Komentari

Lebih baru Lebih lama