0713. ADAKAH KESUNAHAN MANDI SEHABIS MELAYAT?

Pertanyaan:
Siti Aminah
Assalamualaikum wr.wb mau nanya asatidz/asatidzzah pertanyaannya begini disalah satu daerah saya jika ada orang yang meninggal terus aďa yang ngelayat orang meninggal tersebut...ketika yang ngelayat pulang kerumahnya maka yang ngelayat harus mandi....??kenapa begitu ust....??

Jawaban:
Ismidar Abdurrahman As-Sanusi
Walaikumsalam

Tidak ada anjuran bagi pelayat setelah pulang kerumah mandi sebab yang disunahkan mandi ialah orang yang sudah memandikan mayit, sedangkan tujuannya adalah Menghilangkan kelemahan badan orang yang memandikan karena ia telah mukholathoh/banyak bersentuhan dengan jasad yang sudah tak bernyawa. Adapun orang yang menggiring atau memikul jenazah sunah baginya wudhu sebab mubasyaroh dengan mayit akan berefek melemahkan badan dan wudhu akan kembali menyegarkannya.

Walllahu A'lamu Bis Showaab

حاشية البجيرامي على الخطيب ج ١ ص ٢٥٢
قَوْلُهُ: (مِنْ غُسْلِ الْمَيِّتِ) وَلَوْ عَصَى بِهِ كَأَنْ غَسَّلَ شَهِيدًا أَوْ امْرَأَةً أَجْنَبِيَّةً أَخْذًا بِإِطْلَاقِهِمْ.... -إلى أن قال - وَظَاهِرُهُ أَنَّهُ لَا فَرْقَ أَيْضًا بَيْنَ أَنْ يُبَاشِرَ كُلٌّ جَمِيعَ بَدَنِهِ أَوْ بَعْضَهُ كَيَدِهِ مَثَلًا، وَظَاهِرُهُ أَيْضًا أَنَّ الْحُكْمَ كَذَلِكَ، وَلَوْ لَمْ يَكُنْ الْمَوْجُودُ مِنْهُ إلَّا الْعُضْوَ الْمَذْكُورَ وَغَسَّلُوهُ وَهُوَ قَرِيبٌ كَمَا قَالَهُ ع ش عَلَى م ر. وَأَصْلُ طَلَبِهِ إزَالَةُ ضَعْفِ بَدَنِ الْغَاسِلِ بِمُخَالَطَةِ جَسَدٍ خَالٍ عَنْ الرُّوحِ.

نيل الأوطار
وأما الوضوء من حمل الجنازة فهو كذلك مستحب ولا يجب، قال الطحاوي رحمه الله تعالى: قيل الحكمة في ذلك أن مباشر الميت يحصل له فتور، والوضوء والغسل ينشطه. اهـ والله أعلم.

Abdul Aziz
Sebetulnya yang disunahkan Mandi adalah Bagi Yang orang yang habis Memandikan Jenazah Dan disunahkan Wudhu Bagi Pemikul Dan Pengiring Jenazah, tidak hanya sekedar membasuh kaki, tangan dan muka. Lihat Kitab Nailul Author :

باب الغسل من غسل الميت 1- عن أبي هريرة: (عن النبي صلى اللَّه عليه وآله وسلم قال: من غسل ميتًا فليغتسل ومن حمله فليتوضأ). رواه الخمسة ولم يذكر ابن ماجه الوضوء. وقال أبو داود: هذا منسوخ. وقال بعضهم: معناه من أراد حمله ومتابعته فليتوضأ من أجل الصلاة عليه).

Dari abi hurairoh,nabi SAW bersabda : Barangsiapa yang memandikan mayit maka ia harus mandi,dan barangsiapa yang memikul mayit maka ia harus berwudhu. Abu dawud : Hadits ini mansukh Ba'dhuhum berkata : ma'na hadits ini,barangsiapa yang akan memikul mayit dan mengiringnya, maka ia harus berwudhu karena akan ikut mensholati.

Link Diskusi:

Komentari

Lebih baru Lebih lama